top of page

Charcy: Aksesoris Cantik dari Sampah Botol Plastik


Perubahan kecil dan kebiasaan yang tidak sempurna mungkin tidak berdampak besar, namun yang kita perlukan adalah banyak orang yang berubah secara tidak sempurna, dibandingkan hanya satu orang yang melakukan perubahan dengan sempurna. Perubahan kecil yang kita lakukan ini seperti gelombang kecil, yang pada akhirnya akan menimbulkan gerakan besar di lautan.



Konsep ini diterapkan oleh Charcy, sebuah inisiatif daur ulang sampah botol plastik yang berdiri pada tahun 2020. Charcy mengubah botol plastik bekas menjadi karya seni yang dapat dipakai dan menamai masing-masing produknya dengan nama yang mempunyai makna yang terkait erat dengan ombak dan lautan. 


Seperti yang kita semua tau kalau sampah plastik yang tidak terdaur ulang banyak bermuara di lautan, terombang ambing bersama ombak. Inisiatif yang dilakukan Charcy ini diharapkan dapat menjaga keindahan ombak tanpa ada sampah botol plastik yang mengiringinya.



Charcy didirikan oleh Hazell Charman, seorang perempuan muda lulusan Istituto di Moda Burgo Indonesia dengan jurusan Diploma in Dressmaking. Dengan pengalaman mengikuti workshop pembuatan aksesoris dari botol plastik, ia mulai mengisi waktu kosongnya ketika pandemi dengan mencoba membuat aksesoris dari bahan daur ulang. Yang ternyata, ide ini mendapat sambutan positif dari banyak orang disekitarnya.


Hazell tidak hanya melihat ini sebagai peluang bisnis. Ia menganggap ini sebagai sebuah panggilan alam, dari aksesoris daur ulang, ia menciptakan brand yang tidak hanya menghadirkan keindahan, tetapi juga harapan untuk mengatasi masalah sampah plastik yang ada di bumi yang kita tinggali ini. 


Charcy ingin meningkatkan kesadaran mengenai polusi plastik yang mengkhawatirkan dan berbahaya. Membuat perubahan kecil dalam kehidupan kita sehari-hari dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. 



Aksesoris cantik Charcy diproduksi dengan slow made with small batch. Sejauh ini, mereka telah membuat beragam anting cantik, kalung dan headband yang bisa kamu pesan melalui Tokopedia dan Shopee.


Charcy juga berkolaborasi dengan Alun Alun Indonesia dan Kalëa Space di Bandung, jadi kamu juga bisa beli secara online disana yaaa. Nah kalau kamu yang tinggal di Bandung atau kebetulan sedang jalan-jalan ke Bandung, datang saja langsung ke toko offlinenya Kalëa Space! 


Saking cantiknya, banyak reaksi orang yang kaget dan tidak percaya ketika tau kalau aksesoris Charcy terbuat dari botol plastik bekas. Charcy seneng banget loh dengan respon, saran dan masukan yang datang, jadi dukung Charcy dengan follow Instagramnya yaa!

23 tampilan0 komentar
bottom of page