• Cleanomic

Design kebun pangan bareng Kebun Kumara

Sejak pindahan ke #MinisponsibleHouse, proyek yang kami ingin lakukan berikutnya adalah memaksimalkan area yang ada untuk kebun pangan. Sebenernya dulu design awalnya @MinisponsibleHouse itu mau sampai lantai 4 buat rooftop yang buat full garden, tapi karena budgetnya kemahalan, akhirnya ga jadi dan kita mengkompromikannya dengan membuat space-space khusus di balkon yang bisa dibuat jadi area menananam.

So far, sebenernya di area rumah kami dan rumah orang tua kami sudah banyak tanamana, tapi kebanyakan masih tanaman hias. Udah mulai nyoba bikin bedeng sederhana untuk nanem beberapa tanaman tapi kayanya sih belum maksimal juga yah, mungkin kurang sinar matahari atau gimana. Sebelumnya udah sempet coba-coba menyemai benih sayuran juga, tapi sebenernya belom ada yang berhasil kaya kebunnya mba sita pujianto gitu lho.

Sejak tahun lalu, aku udah niatin banget nih ikutan kelas garden design workshopnya kebun kumara. Pas banget mereka punya program yang bisa khusus membantu mendesign landscape kebun, tapi khusus kebun pangan. Waktu lagi browsing instagram, eh jodoh banget liat Sandra (co-foundernya kebun kumara) posting kalau mereka punya satu slot untuk kelas ini. Langsung deh buru-buru booking dan akhirnya kami berkolaborasi untuk bikin video series yang mendokumentasikan proses ini.

Untuk episode pertama ini, mostly membahas tahap awal dari proses ini. Kami mengisi form dan membuat video untuk briefing awal situasi rumah kami. Lalu kami mengadakan diskusi online dengan Tim Kebun Kumara yang menjelaskan scope dari gardening design ini seperti apa, berikut buku panduan GWD nya kebun kumara yah:

Buku Panduan GDW (1)
.pdf
PDF • 9.96MB

Selanjutnya, kami tinggal menjadwalkan hari untuk pelaksanaan GWD tersebut.

Caaan't wait to share it with you the progress!

Jangan lupa subscribe youtube channelnya Cleanomic dan Kebun Kumara yah!


17 tampilan0 komentar