top of page

EcoTouch: Memberikan Kehidupan Berkelanjutan Bagi Pakaian


Hidup di perkotaan pasti ada aja strugglenya. Suara bising tetangga atau kendaraan yang mengganggu, suhu panas yang mengharuskan memasang kipas angin atau AC, juga gambaran polusi udara, tumpukan sampah dan banjir yang bisa terjadi kapan saja. Ketiga aspek tersebut sering mengganggu kenyamanan saat beristirahat di rumah.


Produk peredam suara dan insulator dari EcoTouch mungkin bisa jadi alternatif kamu untuk mengatasi ketidaknyamanan itu. Peredam suara EcoTouch, selain dapat mengurangi kebisingan juga berfungsi sebagai insulator yang bisa menstabilkan suhu dirumah dengan cara ramah lingkungan. 


EcoTouch didirikan pada tahun 2021 di bawah naungan PT Superbtex. Menurut Christina dan Heidy, co-founder dari EcoTouch, berdirinya EcoTouch berawal dari kekhawatiran mereka terhadap banyaknya sampah kain tidak layak pakai yang dibuang begitu saja dan memperburuk kualitas lingkungan. 


Karena itu EcoTouch bertekad mengembangkan produk peredam inovatif dan mendukung industri green building dalam memitigasi masalah kesehatan pengguna dan mengatasi permasalahan limbah tekstil yang tidak dikelola dengan baik di Indonesia.


Produknya yang terbuat dari daur ulang limbah tekstil bisa jadi berkontribusi juga pada pengurangan polusi, khususnya limbah fashion. Dimana menurut Unenvironment.org, tren fashion dunia berkontribusi sebanyak 92 juta ton sampah solid di TPA tiap tahunnya. Istilahnya sekali jalan dua tiga masalah terlampaui dengan EcoTouch!


Seperti yang kita tau kalau penggunaan AC itu juga jadi salah satu penyebab pemanasan global, karena penggunaan zat CFC (salah satu gas rumah kaca) yang dapat merusak lapisan ozon. Menggunakan peredam kamu bisa sekaligus menghemat energi, menghasilkan penghematan besar dalam tagihan listrik, juga memberi kesenangan dan membuat rumah ramah lingkungan dengan sedikit jejak karbon.


Pakaian-pakaian tidak layak pakai yang mereka kumpulkan dari masyarakat didaur ulang menjadi produk baru yang berkelanjutan, seperti peredam bangunan (insulation felt) dan benang daur ulang yang dapat kembali dijadikan pakaian. Sedangkan kancing atau aksesoris baju yang tidak bisa didaur ulang mereka buatkan program 𝗕𝗮𝗿𝘁𝗲𝗿 𝗳𝗼𝗿 𝗕𝗲𝘁𝘁𝗲𝗿 untuk crafter dan penggiat jahit. Mereka bisa menukarkan pakaian bekasnya dengan bahan dan aksesoris jahit yang layak pakai.



Peredam/insulator EcoTouch selain dapat mengurangi panas dan meredam suara pada ruangan, juga dapat menghambat penyebaran api kelas A karena EcoTouch menggunakan serat kain yang tidak mengandung plastik. EcoTouch sangat mudah diinstal dan aman dipegang dengan tangan, aman untuk bayi & hewan peliharaan karena tidak mengandung zat karsinogenik sehingga bebas alergi dan iritasi, serta dapat bertahan lama lebih dari 10 tahun pada kondisi yang memadai.


Peredam EcoTouch cocok digunakan pada kantor, pabrik, ruangan podcast, rumah dll karena produknya tersedia untuk beragam keperluan. Ada wall insulation, roof insulation, juga interior insulation seperti acoustic panell. Produk lengkapnya bisa kamu beli lewat Tokopedia!


Sejak September 2021 hingga September 2022 EcoTouch telah menyelamatkan TPA dari 3.681,66 kg limbah pakaian tidak layak pakai. EcoTouch juga telah bekerjasama dengan brand-brand ternama seperti Sejauh Mata Memandang dan Moimom loh! 


Segera pilah pakaian tidak layak pakai mu seperti kain perca, kemeja seragam, denim, celana, rok, sarung dan sprei, kumpulkan dan kirim ke tempat donasi EcoTouch yang ada di Jakarta atau Bandung. Alamat lengkapnya kamu bisa lihat di Website atau Instagram EcoTouch ya. Yuk melangkah bersama EcoTouch, dengan memberikan kehidupan yang berkelanjutan bagi pakaian!


54 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page