top of page

From Finest Creature: Bergaya Tanpa Bahaya dengan Sepatu dari Bahan Daur Ulang


Kira-kira, kalau mendengar bahwa ada produk yang terbuat dari plastik daur ulang, apa yang terbayang di pikiranmu? Tote bag yang terbuat dari gabungan sachet kopi atau sabun cuci, mungkin? Beberapa tahun belakangan, mulai ada lho inovasi pembuatan produk-produk baru yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang tanpa memperlihatkan bentuk asli material yang dipakai. Kemungkinan besar, kamu nggak akan sadar kalau produk-produk tersebut dibuat dari bahan daur ulang karena kualitasnya yang nggak kalah sama barang baru!


Brand-brand fashion global sudah mulai membuat pakaian hingga sepatu dari bahan daur ulang, begitu pula Indonesia yang juga punya From Finest Creature, brand sepatu asal Jakarta ini punya visi untuk memberdayakan perempuan melalui sepatu yang nyaman, sustainable, dan dibuat secara etis.



Kalau kamu lihat desain sandal dan sepatu buatan From Finest Creatures, siapa sih yang menyangka kalau material dasarnya itu benang yang terbuat dari plastik daur ulang? Artinya, produk-produk yang terbuat dari bahan daur ulang pun tetap bisa terlihat stylish!


Mayoritas sepatu dan sandal dari From Finest Creatures juga dibuat dari material yang di-upcycle. Dengan kata lain, material yang dipakai From Finest Creatures adalah material yang tak terpakai dan biasanya akan dibuang, namun dibersihkan, di inspeksi, dan dipergunakan kembali dalam bentuk yang lain oleh From Finest Creatures.


Filosofi desain menggunakan material daur ulang ini tercetus karena Barbara, co-founder dan marketing From Finest Creature, dibekali pengalaman kerjanya sebagai global footwear designer di Amerika Serikat. Pekerjaan Barbara membawanya melihat proses pengerjaan brand-brand sportswear ternama yang membukakan matanya bahwa industri fashion menghasilkan banyak sekali limbah, dan seringkali cuma karena defect kecil yang tidak mengurangi nilai fungsinya. 



Dengan mengakar pada prinsip Mindfulness, Design, dan Transparency, produk-produk From Finest Creatures dibuat dengan tampilan yang tidak lekang oleh waktu sehingga harapannya, sepatu-sepatu ini tidak akan diabaikan pemiliknya hanya karena sudah ketinggalan tren.


Selain membuat produk dari plastik daur ulang, From Finest Creatures juga memastikan produknya dibuat secara etis. Mereka pergi secara langsung ke mitra pabrik untuk memastikan para pengrajin di balik sepatu yang mereka jual diperlakukan dengan adil, dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya bagi mereka atau lingkungan. Bagaimanapun, mau gaya nggak harus menimbulkan bahaya, siapa setuju?



From Finest Creatures juga muncul ketika Barbara menyadari ketidaksetaraan yang harus dialami perempuan Indonesia setiap hari. Ia bersama co-founder lainnya menyadari bahwa mereka dapat berada di sini, hari ini, karena peranan para wanita dalam hidupnya. Sehingga sudah menjadi hal yang sewajarnya jika kita ingin mengembalikan apa yang sudah kita dapat, untuk diberikan kembali kepada para wanita yang akan menciptakan dan mendidik generasi berikutnya.


Dengan tujuan ini dan mengetahui fakta bahwa ketidaksetaraan gender masih ada di Indonesia, sebagai sebuah brand From Finest Creatures ingin menyediakan alat untuk membantu wanita mengekspresikan diri mereka secara bebas. Tidak dibatasi oleh ekspektasi dan standar tertentu yang selama ini selalu mengekang wanita-wanita Indonesia.


Kalau kamu sepakat bahwa bumi beserta orang-orangnya tidak selayaknya berkorban atas nama gaya, yuk dukung misi From Finest Creatures dengan membeli sepatu dan sandal mereka dari platform marketplace favoritmu, seperti Tokopedia dan Shopee. Koleksi lengkap dan produk terbaru mereka bisa kamu cek di Instagram @fromfinestcreatures ya!

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page