• Cleanomic

Koinpack: Alternatif untuk kemasan sekali pakai



Note from editor: #shareyourstories kali ini datang dari Bintang, founder dari sebuah startup yang namanya Koinpack! Waktu Bintang menjelaskan bahwa sistem Koinpack ini sebenernya simpel, mirip kaya langganan air galon, kita beli diantar, kalau udah habis kemasannya diambil lagi untuk diganti dengan yang sudah diisi ulang. Tapi bedanya, produk yang dijual bisa beragam segala kebutuhan pembersih rumah tangga! Dengan sistem ini, diharapkan kemasan-kemasan yang datang bersama dengan produk tersebut bisa terus menerus dipakai ulang selama masih bisa dipakai!


Setelah menyelesaikan studi master saya di bidang energi terbarukan dan lingkungan di University of Leeds, Inggris, sekembalinya ke Indonesia saya bergabung dengan Enviu karena saya merasa memiliki visi yang sama dengan program Zero Waste Living Lab Enviu. Enviu adalah sebuah studio ventura sosial yang bermarkas di Rotterdam, Belanda dan sudah beroperasi sejak tahun 2004. Enviu tidak hanya beroperasi di Belanda, namun juga di India, Chile, Afrika, Indonesia dan yang terbaru di Malaysia. Di Indonesia, Enviu mendirikan ventura-venturanya melalui sebuah program bernama Zero Waste Living Lab yang berfokus pada solusi reuse untuk pencegahan kemasan plastik sekali pakai. Setelah saya bergabung dengan Enviu, saya ditunjuk menjadi founder Koinpack dan mulai membangun Koinpack dari 0.


Apa motivasi Koinpack?


Kami mendirikan Koinpack karena adanya fakta bahwa jenis sampah plastik yang sangat sulit didaur ulang secara ekonomis seperti sachet dan pouch beredar sangat luas di masyarakat sedangkan tingkat daur ulang di Indonesia hanya 10%. Limbah yang tidak terdaur ulang ini banyak mencemari perairan dan wilayah pesisir. Selain itu, sachet tidak memilik nilai di pasar daur ulang dan memakan waktu lama untuk dikumpulkan. Misalnya, sachet memiliki harga pasar yang sangat rendah untuk pendaur ulang (kurang dari Rp700,000 per ton di beberapa lokasi jika ada permintaan) dan dibutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan 1 ton (NPAP,2020). Sebagai konsekuensi, sistem pengumpulan informal/swasta dan industri daur ulang tidak berminat dan plastik jenis ini kemungkinan bocor ke lingkungan.

Bagaimana cara kerja Koinpack?


Di Koinpack, kami menyediakan produk-produk harian rumah tangga seperti sabun, sampo, deterjen, cairan pencuci piring, beras, dan minyak goreng dari brand-brand yang sudah familiar di masyarakat dalam kemasan yang bisa dikembalikan (returnable) dan digunakan ulang (reuse).


Cara kerjanya cukup sederhana:

  1. Pelanggan membeli produk-produk Koinpack di mitra penjualan Koinpack atau langsung ke Koinpack melalui WA

  2. Jika membeli melalui mitra Koinpack, botol produk akan discan oleh mitra Koinpack menggunakan aplikasi Koinpack agar tetap terlacak

  3. Pelanggan menghabiskan produknya

  4. Pelanggan mengembalikan kemasannya ke mitra Koinpack yang sama pada saat mereka membeli, atau bisa dijemput oleh tim Koinpack jika mereka membeli langsung ke Koinpack

  5. Pelanggan akan mendapatkan cashback/potongan harga untuk pembelian selanjutnya setelah mereka mengembalikan kemasan

Mirip kaya langganan air galon lah kurang lebihnya. Dengan begini, kita bisa bersama-sama mencegah sampah kemasan sekali pakai langsung dari sumbernya. Saat ini, mitra penjualan Koinpack ada sebanyak 16 titik yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya (selengkapnya bisa dicek di www.koinpack.id). Jenis-jenis mitra Koinpack sangat beragam mulai dari warung, bank sampah, komunitas PKK bahkan hingga agen-agen individu. Selain ingin berkontribusi pada penyelamatan lingkungan, kami ingin Koinpack juga mempunyai dampak sosial. Dengan mengajak bank sampah, komunitas PKK, dan agen-agen individu yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga, Koinpack berharap bisa membantu mereka untuk mendapatkan manfaat ekonomi yang lebih.

Tantangan dan apresiasi


Membangun Koinpack tidaklah mudah karena kita berusaha untuk mengubah habit masyarakat. Yang tadinya mereka terbiasa membuang kemasan setelah menghabiskan produknya, sekarang mereka diajak untuk mengembalikan kemasannya agar bisa ditukar dengan cashback dan bisa digunakan ulang oleh Koinpack. Untuk itu, Koinpack terus melatih para mitra Koinpack agar juga bisa menjadi pendidik yang mumpuni bagi pelanggan-pelanggan mereka. Berkat pelatihan terhadap mitra dan aktivitas edukasi untuk pelanggan yang konsisten di media social, kami terus tumbuh secara bisnis dan impact serta semakin banyak mendapatkan perhatian di masyarakat. Salah satu momen berharga kami adalah Koinpack memenangkan beberapa penghargaan lho seperti The Best Startup of AIS Innovation Challenge 2020, The Best Startup of Responsible Product Packaging and Fulfillment Models Challenge from P&G dan finalis Circular Jumpstart 2021.


Kami juga melihat sambutan yang sangat baik dari para pemilik brand terhadap inovasi bisnis yang dilakukan oleh Koinpack. Sebagai contoh, kami telah meluncurkan sebuah pilot project untuk salah satu brand sampo ternama di Indonesia dari P&G yaitu Pantene. Selain membantu perusahaan FMCG seperti P&G untuk mempercepat pencapaian ambisi sustainability mereka, kami juga bisa membuktikan bahwa model bisnis yang baru ini juga feasible. Kami berharap semakin banyak brand-brand besar yang mengikuti jejak P&G untuk mengadopsi inovasi bisnis yang dibawa oleh Koinpack. Ke depannya, kami juga terus melakukan pengembangan terhadap portfolio kemasan guna ulang kami agar semakin banyak jenis produk yang bisa dijual dengan system Koinpack.


Ambisi ke depan


Hingga saat ini, Koinpack telah berhasil mencegah lebih dari 40,000 kemasan sekali pakai setara sachet dengan skala pilot yang relatif kecil. Koinpack sekarang bertujuan untuk memperbanyak titik penjualannya di wilayah Jabodetabek hingga 300 titik penjualan pada akhir tahun 2022, dengan begitu, Koinpack berpotensi mengurangi hingga 10 juta limbah setara sachet di Jabodetabek pada akhir tahun 2022. Selain itu, dengan memperbanyak mitra penjualan, itu artinya akan semakin banyak juga pengusaha mikro baru yang lahir dan merasakan manfaat ekonomi (diperkirakan mereka bisa dapat tambahan penghasilan sekitar 15% per bulan) dari keberadaan Koinpack.


Kalau dari kalian ada yang berminat menjadi mitra kami, bisa hubungi kami lebih melalui kontak berikut ini yah:

Find us on Instagram: @koinpack

Contact us: bintang@enviu.org

Website: www.koinpack.id

Source: https://globalplasticaction.org/wp-content/uploads/NPAP-Indonesia-Multistakeholder-Action-Plan_April-2020.pdf


41 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua