top of page

Tempeman : Bisnis Tempe Ramah Lingkungan


Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai. Tempe memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga banyak digemari oleh masyarakat. Selain itu, tempe juga merupakan sumber protein nabati yang baik, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak mengonsumsi daging.


Proses pembuatan tempe menghasilkan limbah, seperti limbah cair dan limbah padat. Limbah cair tempe biasanya mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Limbah ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau pupuk organik. Sementara itu, limbah padat tempe biasanya berupa kulit kedelai dan ampas tempe. Limbah ini dapat dimanfaatkan sebagai kompos atau pakan ternak.


Pada masa sekarang, kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan semakin meningkat. Hal ini mendorong munculnya berbagai usaha untuk mengurangi sampah, termasuk dalam industri tempe. Salah satu usaha tersebut adalah bisnis tempe minim sampah dari Tempeman.


Tempeman punya inovasi keren dengan jualan tempe yang produksinya minim sampah, kedelai dari petani lokal, dan kreasi aneka ragam produk. Mengingat kenangan masa kecilnya di rumah, Benny Santoso founder dari Tempeman biasa menikmati “tempe goreng” yang sederhana dan sederhana sebagai santapannya.




Ia bertanya pada dirinya sendiri, mengapa tempe tidak populer di luar negeri? Dengan menggunakan imajinasi dan rasa penasarannya, ia memberikan nilai tambah pada tempe dengan melakukan inovasi tempe.


Pada tahun 2016, Benny telah menciptakan iniTempe Bali yang saat ini menjadi Tempeman. Sebuah perusahaan teknologi pangan progresif yang berbasis di Bali dengan memberdayakan petani kedelai non-transgenik dan komunitas perempuan di Bali dan Jawa.


Tempeman memproduksi tempe menggunakan bahan baku kedelai lokal yang berasal dari petani Bali dan Jawa Timur. Limbah yang mereka hasilkan tidak dibuang begitu saja melainkan limbah hasil pembuatan tempe mereka berikan kepada peternakan kambing untuk diolah kembali menjadi pakan ternak.


Produk yang mereka hasilkan beragam tidak hanya tempe saja namun ada juga cokelat tempe, cookies tempe, keripik tempe maupun produk unik lainnya melalui kolaborasi project kolaborasi.

Tempeman berkolaborasi bareng Gelato Secret untuk membuat vegan gelato rasa daun jeruk dengan toping coklat tempe.



Tidak hanya project kolaborasi saja, Tempeman juga membuka kelas yang diberi nama Tempe Class. disana kamu dapet pengetahuan tentang tempe, cara membuat tempe hingga mencicipi tempe. Tempe Class ini sudah banyak diikuti oleh orang-orang dari mancanegara loh!


Produk Tempeman bisa kalian order melalui Tokopedia dan WhatsApp ya!



3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page