• Cleanomic

Memulai bisnis #CuanLestari di tengah pandemi


Note from Editor: Beberapa hari yang lalu, kami posting reel di instagram dan mengajak temen-temen yang punya bisnis #CuanLestari untuk berbagi cerita di platform Cleanomic (for free!). Seneng banget dapat submission dari Erawax yang mau berbagi cerita perjuangannya!


Awal mula perjalanan kami dalam memulai bisnis #cuanlestari dimulai dari masa sulit selama pandemic ini, Ibu saya kebetulan salah satu pengusaha salon kecantikan yang terkena dampak serius selama masa pandemi ini. salon keluarga kami terpaksa harus tutup selama berbulan bulan karena resiko penularan yang terlalu tinggi dapat membahayakan kesehatan kami maupun pekerja kami.


Sebagai seorang anak yang melihat bisnis keluarganya sedang dalam kesulitan, saya yang memiliki latar belakang pekerjaan sebagai sustainable tourism consultant berinisiatif untuk membantu ibu saya me-rebranding salah satu jasa salon kami yang biasa dilakukan on the spot menjadi lebih flexible dan ramah lingkungan yaitu “Waxing”. Tetapi tidak hanya sekedar waxing kit seperti yang sudah biasa kita temui di pasaran, kami ingin usaha kami dapat memberikan sebuah perubahan kecil bagi bumi sambil mendatangkan manfaat ekonomi untuk membantu para pekerja kami agar dapat survive selama pandemic. #Cuanlestari

Produk kami bernama “Erawax” yang diadopsi dari nama salon keluarga kami “Erabrow”, dan kebetulan kami hanya menjual satu jenis produk yaitu all in one waxing kit dengan 2 pilihan ukuran yaitu 250ml & 400ml.


Honey wax yang kami jual dibuat homemade menggunakan resep klasik salon ibu kami yang sudah ada sejak tahun 2010 dan telah melayani lebih dari ribuan pelanggan setiap tahunnya. Kami menjamin seluruh ingredients yang kami pilih berasal dari 100% bahan bahan alami dan mendukung produk lokal.


Selain itu, hampir seluruh packaging dari product erawax juga sengaja memilih menggunakan material yang ramah lingkungan, dimana kami sebisa mungkin mensubtitusi penggunaan plastik / bahan sekali pakai ke bahan yang lebih ramah lingkungan. Kami bener-bener niat dan menggunakan bahan-bahan berikut untuk produk kami:

  • Jar kaca honey wax untuk menggantikan Jar Plastik

  • Botol Kaca bedak tabur untuk menggantikan botol plastik

  • Reusable wooden spatula untuk menggantikan plastik spatula

  • Extra durable waxing strip untuk menggantikan waxing strip tipis yang kurang nyaman jika dipakai berulang

  • Carton Pillow Bag untuk menggantikan plastik ziplock

  • Honeycomb wrap & shredded paper untuk menggantikan bubble wrap

  • Eco friendly box untuk menggantikan printed box

  • Gummed tape untuk menggantikan plastic based duct tape

  • Oxium polymailer untuk menggantikan plastic polymailer *hopefully kami bisa mengganti oxium polymailer menjadi cassava based polymailer di masa yang akan datang :)

Selain itu kami juga memiliki sebuah project recycle bertajuk “Eracycle” dengan slogan “Stay Gorgeous while saving planet” dimana hal ini merupakan komitmen kami untuk turut memerangi penggunaan sampah plastik sekali di dalam dunia kosmetik / kecantikan. Kami meluncurkan 2 program Eracycle dimana customer kami bisa berkontribusi untuk membawa perubahan kecil bagi bumi kita sambil mendapatkan rewards atau “Cuan lestari”


1. Return Project


Customer kami dapat mengembalikan Honey jar bekas sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan kemudian sebagai rewards kami akan memberikan 1 buah waxing kit secara free (sesuai dengan syarat yang berlaku)


2. Refill Project


Customer kami dapat mengembalikan Honey jar bekas sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan kemudian sebagai rewards kami akan memberikan kesempatan 1x refill honey wax secara free di refill station yang telah kami tentukan (sesuai dengan syarat yang berlaku).


Kami berharap melalui produk erawax, kami dapat memudahkan customer untuk tetap terlihat cantik sambil membawa perubahan gaya hidup yang lebih hijau dan tentunya dengan harga yang terjangkau sehingga product kami dapat dengan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan ekonomi wanita Indonesia.


Misi kami di waktu yang akan datang adalah, kami berharap kami dapat terus menambah program progam hijau melalui eracycle, dan bekerja sama dengan berbagai UMKM kecantikan lokal serta beberapa bulk store di berbagai daerah untuk mengembangkan program refill station kami.

Note from editor (again!): aku adalah orang yang cukup rutin untuk pergi ke salon waxing sebelum pandemi dan berasa banget nih setahun ga waxingan - uhuks. Walaupun sudah belajar untuk menerima keadaan, tapi aku jujur ga sabar banget sih nyobain produk ini. Waxing kit ada produk yang aku sama sekali ga kepikiran bisa jadi produk #CuanLestari, tapi ternyata bisa yah, there is a lot of aspect and component of a business, yang bisa banget salah satu atau salah banyaknya kita improve untuk menjadi lebih lestari. Thank you Erawax for inspiring us!

33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua