• Cleanomic

#Minisponsiblehouse Q&A Part 2


Kami seneng banget ternyata banyak temen-temen yang tertarik dengan konsep rumah ramah lingkungan kami yang disebut #MinisponsibleHouse. Kalau lihat di kolom komennya juga banyak yang nanya-nanya terkait proses teknis pembangunan ataupun jenis bahan bangunannya. Nah, biar ga penasaran, kami langsung tanya ahlinya nih alias Mas Kibo, arsitek yang memang membantu kami untuk mendesign sekaligus membangun rumah ini.


Sejak awal kami mencari arsitek untuk projek rumah ini, kami memang secara khusus mencari arsitek yang punya design portfolio dengan konsep ramah lingkungan ataupun skinny houses. Pas banget, Mas Kibo punya movement khusus #Reduhouse yang memang ciri khas dari hasil karya-nya. #MinisponsibleHouse juga dibuat dengan basis #ReduHouse yang kemudian ditambahkan fitur pengelolaan air dan solar panel.

Semoga video ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman yah, pertanyaan yang di bahas dalam video ini adalah sebagai berikut:

  1. Barang recycle beli dimana?

  2. kayu recycled ini apakah harganya lebih mahal atau lebih murah ya dibandingkan yang biasa ?

  3. Kayu bekas finishingnya paka apa?

  4. Kayu recyclenya ini bakal rentan rayap ga sih?

  5. Rumah ramah linkungan kok pake ac?

  6. Kaca yang aman berapa milimeter?

  7. Rumah full kaca sebesar itu apakah lebih murah dibanding pakai bata?

  8. Pintu kaca lebar dg tinggi 2,5m pesan di mana? Kok di Bekasi paling mentok cuma 2,1m yah.

  9. Pagar dan fasad yang lobang-lobang di depan itu pakai apa? Cara perawatan kena hujan badai di luar gimana nih?

  10. Aluminium frame nya finished good yah? Kita pake alumunium ga sih?

  11. kenapa memilih rangka baja dibanding cor2an biasanya?

  12. itu tembok yang semen ekspos, pake panel GRC atau bata ringan yah

  13. dinding semen exposenya dilapisi coating ga?

  14. Cara perawaratannya tembok semen expose gimana?

  15. rangka skeletonnya pakai baja yah, untuk pintu kaca framenya pakai alumunium atau baja juga yah

  16. Lantai 2 nya dari apa ya? Apa seperti pada umumnya yang menggunakan cor beton?

  17. Apa kendala yang dihadapi waktu membangun?

  18. tips nyari tukang yang bagus

  19. Tips bekerja dengan arsitek

  20. sebagai arsitek, apa yang pelajaran yang di dapet dari minisponsiblehouse dan kalau budget kami tidak terbatas, apa fitur yang mau ditambahin?

Pertanyaan yang belum kejawab disini bisa cek di video sebelumnya yang ini di playlist #MinisponsibleHouse yah!


78 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua