top of page

Node Organic: Bio Sneakers dari Limbah Tani


Kamu yang suka koleksi sneakers keren dan unik sepertinya sudah saatnya beralih ke brand yang satu ini. Pernah terbayang nggak kalo kamu pakai sepatu terbuat dari limbah pertanian? Yappp, penasaran kan, kita kenalan dulu yaaaa! Nama brandnya Node Organic!


NODE merupakan kependekan dari NO DEforestation, sebuah jenama sustainable shoes dan bio component yang memiliki fokus dalam pemanfaatan limbah pertanian. Sesuai namanya, Node mengharapkan industri fashion dapat merambah ke industri yang sustainable, tanpa perlu merusak hutan dengan memaksimalkan pemanfaatan semua komponen terbuang dari industri pertanian.


Node Organic didirikan oleh David, seorang konsultan desainer yang kemudian di tahun 2008 mendirikan sebuah pabrik karet tahan api untuk supply salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Berjalannya waktu, di tahun 2017, berbekal pengetahuan yang tak sengaja ia dapatkan di salah satu event BP Pasca Panen, ia terinspirasi untuk membuat biosilica dari limbah sekam padi yang ditujukan sebagai bahan pengisi yang berfungsi memperkuat ikatan pada produk karet yang ia produksi. Akhirnya di tahun 2018 David menggandeng rekannya untuk bersama-sama membuat dan mengembangkan potensi composite alam dari sekam padi. 


Di tahun yang sama David mulai tertarik untuk mengaplikasikan hasil temuannya tersebut pada industri sepatu. Selain karena David suka dunia desain, hal ini juga didasari karena rekan komunitasnya sebagian besar bergerak dibidang yang sama, dan sejak tahun 2014 hingga kini, rekan komunitasnya tersebut sudah makin concern terhadap isu lingkungan.


Setelah melalui trial and error, di tahun 2020 berdirilah Node Organic. Pembuatan sepatu pertama Node ini melalui penyesuaian yang sangat rumit, dibutuhkan waktu 3 tahun untuk dapat membuat sepatu yang dapat dikatakan nyaman. Sepatu dari Node Organic terbuat dari 90%-100% komponen alam, sol sepatunya terbuat dari resin pinus, karet alam, dan biosilika yang berasal dari ekstrak sekam padi, in sol sepatu terbuat dari vegetable foam, upper part nya terbuat dari variasi cotton combed, bamboo cotton, rami dan kenaf. Seluruh material yang dipakai juga 100% lokal dan mendukung UMKM loh!



Produk footwear dari Node Organic memiliki banyak keunggulan. Biosilica memiliki karakteristik yang justru lebih bagus dari karet biasa, yaitu dapat dengan mudah terdekomposisi dan memiliki ketahanan yang lebih kuat. Sol sepatu yang terbuat dari biosilica lebih elastis, lebih membal dan grip nya kuat sehingga jika di tempat licin tidak akan slip atau jatuh.


Sepatu dari Node Organic bisa tahan dipakai hingga 4 tahun. Karena terbuat dari bahan nabati, di tahun ke 3 sol nya akan mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan, kemudian akan brittle atau mengeras dan mudah dipatahkan di tahun ke 4. Jika sudah seperti itu artinya sepatu kamu sudah tidak bisa dipakai, cara membuangnya kamu cukup timbun di tanah dan sepatumu akan terkompos secara alami. Butuh waktu sekitar 4 tahun untuk dapat terurai sepenuhnya, sehingga jika ditotal sol sepatu dari biosilica ini memiliki ketahanan selama 8 tahun. Keren kann? Dibanding kamu pakai sepatu biasa yang tidak bisa terurai alias butuh ratusan tahun untuk terurai! Prinsip dasar Node adalah segala sesuatu yang tumbuh dari tanah harus terurai menjadi tanah.



Node juga konon jadi satu-satunya brand yang teknologinya teruji secara scientific dan dapat dibuktikan. Produk Node dipastikan zero logam berat, biodegradable, dan eco friendly sesuai sertifikasi dari New Zealand. dan standar EN-16785, yaitu standar Eropa terkait angka minimum bio content pada produk sustainable fashion yaitu 90%.


Berdirinya Node yang juga memiliki arti ‘simpul’ diharapkan dapat jadi jembatan untuk membuat lebih banyak simpul dengan komunitas lain. Node, membuka peluang bagi industri pertanian untuk mendapat prospek bisnis di industri non pangan alias fashion. Industri pangan dan sandang jadi saling bersinergi, industri fashion beralih jadi sustainable dan pendapatan petani makin maksimal karena hal yang tadinya terbuang bisa jadi cuan.


Node juga mengekspor produk biocomponent seperti biosilika sekam padi dan foam solnya ke New Zealand. Mereka juga telah berkolaborasi dengan beberapa brand sepatu US dan French serta beberapa perusahaan lain di Indonesia. Jadi makin tertarik untuk pindah haluan ke brand footwear kece ini kan? Yuk lihat koleksi lengkapnya di Instagram Node atau beli langsung melalui Website dan e-commerce lainnya disini.


74 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page