top of page

Nth Wonder: Vegan Gelato Kacang Kenari, Pelestari Hutan Hujan Indonesia


Gelato! Hidangan penutup khas dari Italia ini cukup booming di kalangan anak muda Indonesia. Gelato berbahan dasar susu sapi, jadi tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Kamu yang sedang menjalankan diet vegan atau memiliki lactose intolerance sudah pasti tidak bisa menikmati enaknya gelato. Eitss, tapi itu dulu! Sekarang sudah ada brand gelato yang vegan friendly! Hebatnya lagi, sebagai bahan penggantinya mereka memakai pangan lokal dan berkesadaran lingkungan.



Food scientist nature and tradition, Marcello Giannuzzi, co-founder dari Fair Flavor menemukan bahwa kacang kenari, produk hutan tropis Indonesia, bisa menjadi pengganti produk susu yang sangat baik. Kecintaannya pada pangan dan lingkungan membuat ia meluncurkan merek gelato vegan berbahan dasar kenari di awal tahun 2022, bernama Nth Wonder.


Kenapa kenari? Menurut Marcello, kacang yang ditanam secara alami di hutan hujan Indonesia ini layaknya permata yang tersembunyi. Kenari kaya akan Vitamin E, magnesium, mangan, dan serat. Yang artinya, bagi konsumen, gelato kenari tidak hanya bebas susu namun bebas kolesterol dan bergizi tinggi dan tentunya aman untuk para vegan.



Menggunakan kacang kenari liar di hutan juga membantu lebih sedikit industri pertanian, lebih sedikit penebangan pohon, dan lebih sedikit emisi karbon. Karena tidak seperti perkebunan almond di California yang memerlukan irigasi besar, pohon kenari mendapatkan semua kebutuhannya dari curah hujan karena tumbuh secara liar. Tidak menggunakan pestisida dan zero environmental impact, sesuai harapannya untuk membuat atmosfer bisnis yang memiliki harmoni dengan alam.


Gelato vegan dengan tekstur creamy ini mendapat supply kenarinya dari Pulau Alor, yang terletak sekitar 1.600 km (1.000 mil) di sebelah timur Bali, di ujung timur Kepulauan Sunda Kecil. Alor kini memproduksi sekitar 16.000 ton kenari per tahun, dengan pepohonan yang menghasilkan kacang sepanjang tahun.



Nth Wonder berbasis di Jakarta dan Bali. Di jakarta kamu bisa temukan Nth Wonder di beberapa market seperti Saruga, Vows Coffee dan Mayur’s. Gelato dari Nth Wonder tersedia berbagai macam rasa,  bahkan ada secret flavor juga loh. Kamu juga bisa beli online, klik disini yaa untuk link pembeliannya.


Setelah sukses meluncurkan produknya di pasar dalam negeri, Nth Wonder juga mengekspor produknya ke Singapura, Eropa dan Amerika. Selain gelato, mereka juga mengembangkan pengganti keju, yoghurt, dan susu berbahan dasar kenari. Follow Instagram @thenthwonder untuk mendukung inovasi-inovasi mereka berikutnya!


Semakin banyak gelato yang disajikan, semakin banyak kacang kenari yang dibutuhkan; semakin banyak kacang kenari yang dibutuhkan, semakin banyak pula pohon kenari yang akan ditanam, dan semakin banyak juga membantu dalam memerangi pemanasan global.


9 tampilan0 komentar

留言


bottom of page