top of page

Papel Pack : Solusi Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Coba deh lihat paket belanjaan online yang datang ke rumahmu. Satu paket yang sampai dengan aman di tanganmu biasanya dibungkus dengan plastik, bubble wrap, kardus dan banyak selotip agar barang yang kamu pesan tahan banting melewati jalur ekspedisi yang panjang. Bahkan sekarang banyak toko menyediakan ekstra pengemasan dengan tambahan biaya supaya barang yang dipesan terjamin keselamatannya. 


Kamu tau ga sih kalau nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp227,8 triliun di semester I tahun 2022 atau naik 22,1 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya? Total pendapatan ini dihasilkan dari transaksi e-commerce yang  mencapai 1,74 juta transaksi atau tumbuh 39,9 persen yoy (year-on-year).


Sampai sini kebayang kan berapa juta sampah kemasan yang dihasilkan dari belanja online ini? Yap, banyaaakk.


Sekarang udah ada nih pelaku usaha #cuanlestari yang mau berusaha memberikan solusi untuk mengurangi sampah melalui produk kemasan-kemasan yang lebih ramah lingkungan yaitu @papelpack.id



Berdirinya Papel Pack pada tahun 2021 berawal dari keresahan founder nya, Natasha Dian, pada plastik bubble wrap sekali pakai yang didapatkan ketika belanja online. Ia merasa peningkatan permintaan bubble wrap sekali pakai berpengaruh terhadap semakin banyaknya sampah plastik yang sulit didaur ulang. 


Oleh karena itu, ia mendirikan Papel Pack dengan tujuan untuk memberikan solusi pembungkus alternatif yang ramah lingkungan. Diproduksi dengan lebih sedikit limbah, lebih sedikit penggunaan energi, dan dengan bahan material yang dapat terurai secara hayati, namun  tetap memberikan fungsi yang sama. Produk Papel Pack juga hadir dengan visual yang estetik dan masih terus berinovasi tanpa henti menuju produk kemasan ramah lingkungan di masa depan.



Produk pertama yang dibuat oleh Papel Pack dinamai Papelwrap, Papelwrap ini  memiliki fungsi yang sama dengan bubble wrap namun terbuat dari material kertas yang mudah terurai dan mudah didaur ulang. Papelpack juga punya produk lainnya seperti Papeltape, alternatif ramah lingkungan untuk pita perekat yang terbuat dari kertas daur ulang dan perekat berbasis pati. Kemudian ada juga Papelbox, Papelbag dan Papeltube.


Selain memberikan perlindungan dan keamanan pada barang, menggunakan produk Papel Pack juga punya banyak keunggulan lain. Menggunakan Papel Pack, memberikan pengalaman unboxing terbaru yang unik dan aesthetic, dapat menghemat tempat penyimpanan, mudah terurai dan juga mudah di daur ulang.


Kamu yang punya usaha online shop dan ingin beralih ke produk kemasan ramah lingkungan, bisa cari tahu lebih lanjut mengenai Papel Pack di Instagram, Youtube, dan halaman kolaborasi nya disini. Atau beli langsung produknya di Tokopedia, Shopee, atau Whatsapp.

3 tampilan0 komentar
bottom of page