top of page

Purefyl: Pembersih Ramah Lingkungan Lokal

Diperbarui: 7 Des 2023



Saat ini mayoritas rumah di Indonesia mengalirkan air limbah rumah tangga hasil dari kegiatan cuci mencuci (cuci piring, mandi, laundry dll) langsung ke selokan ataupun badan air lain yang ada disekitarnya tanpa proses pengolahan terlebih dahulu. Air limbah jenis ini disebut sebagai grey water yang mempunyai kandungan organik yang tinggi, misalnya minyak dan lemak, dan juga kandungan kimia lainnya.

Bila greywater ini disalurkan langsung ke selokan atau sungai, dapat memberikan potensi pencemaran, karena penguraian senyawa kimia yang ada di greywater ini membuat air menjadi berwarna coklat atau hitam dan menimbulkan bau tidak enak. Dengan kualitas air yang buruk ini, makhluk hidup yang ada di air bisa mati dan juga menjadi sumber penyebaran penyakit ke masyarakat sekitar. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, dapat merusak kualitas air sungai sebagai muara dari selokan di sekitar rumah, dan menjadi permasalahan lingkungan yang kronis dan merembet kemana-mana.


Pada kesempatan kali ini, Cleanomic ngobrol dengan Cinta Rutatiko, founder dari Purefyl di Cleanomic Radio. Purefyl adalah sebuah brand pembersih lokal yang diciptakan dengan formula khusus sebagai alternatif produk pembersih yang eco-friendly, menggunakan bahan-bahan alami dan aman bagi kesehatan. Yang unik, Cinta tinggal di Paris tetapi launching brand, dan menjalankan bisnis Purefyl di Indonesia secara remote!


Sudah lebih dari 6 tahun, Cinta tinggal di Prancis. Cinta bekerja di sebuah creative agency di bagian marketing. Selama tinggal di Paris, Cinta berusaha hidup ramah lingkungan atau #HidupLestari. Membeli dan menggunakan produk ramah lingkungan dari brand yang aware dengan sustainability. Hal ini didasari dengan kebiasaan masyarakat di Eropa menggunakan produk ramah lingkungan untuk kegiatan sehari-hari.



Karena kebiasaan tinggal di Paris yang mengedepankan aspek ramah lingkungan ini, membuat Cinta kesulitan mencari produk eco friendly saat pulang ke Indonesia. Bahkan saat memilih detergen, Cinta tidak tahu bahan baku apa saja yang digunakan pada pembuatan detergen tersebut. Banyak brand di Indonesia yang kurang transparan tentang ingredients produk yang dijual di pasaran.


Dari sini Cinta ingin terjun membuat brand sendiri dan membawa kebiasaan orang Prancis yang concern dengan sustainable ke indonesia sekaligus memberikan alternatif untuk orang-orang yang menerapkan gaya #HidupLestari.

Purefyl merupakan brand berkelanjutan yang menyediakan perawatan pembersih alami dengan bahan-bahan nabati premium. Purefyl menggunakan bahan yang tidak beracun dan dapat terurai secara hayati untuk melindungi kulit penggunanya dan planet. Produk Purefyl 100% vegan dan BEBAS SLS, paraben, klorin, formaldehida, bahan berbasis minyak bumi, dan bahan kimia keras lainnya. Cukup dengan tambahkan air dari rumah untuk membersihkan dan menyelamatkan planet ini! Oiya, Kamu juga bisa beli produk purefyl di Tokopedia dan Shopee ya!




70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page