• Cleanomic

Protect our Playground by From Finest Creature



Note from editor: cerita inspirasi #cuanlestari kali ini datang dari @fromfinestcreature, brand sepatu lokal yang membuat produknya dari bahan plastik daurulang. Seneng banget Mba Barbara, tim marketing From Finest Creature, mau berbagi cerita #cuanlestari dari bisnis ini. Sebagai konsumen, aku sendiri pun happy banget beli sepatu ini karena emang nyaman banget dipakai dan modelnya versatile enough untuk acara santai dan formal!


Ada istilah yang sangat melekat pada saya sampai hari ini; “Protect our Playground”. Ketika saya bekerja di Santa Barbara, sebuah kota yang dikelilingi oleh pantai dan pegunungan, saya bersama dengan teman-teman kerap kali bepergian mengelilingi kota dan bersantai di tepi pantai. Kami menyadari bahwa pantai memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan pribadi kami. Kami juga menyadari bahwa ini adalah satu-satunya tempat di luar pekerjaan di mana kami dapat bersantai dan menikmati alam.


Ketika saya berada di Amerika Serikat beberapa tahun lalu, pekerjaan saya sebagai global footwear designer memberikan kesempatan pada saya untuk sering bepergian ke China. Saya merasa sangat beruntung bisa bekerja sama dengan sebuah pabrik yang membuat brand fashion ternama seperti Prada, Balenciaga hingga brand sportswear seperti Nike dan Under Armour. Seiring berjalannya waktu saya mulai menyadari bahwa semua brand ini memiliki satu kesamaan, yaitu limbah. Jumlah limbah industri fashion yang begitu banyak mengusik hati dan pikiran saya. Saya berpikir jika satu pabrik saja sudah menghasilkan begitu banyak limbah, terlebih jika diakumulasikan dengan pabrik lainnya. Bahkan, produk baru yang masih bisa digunakan, akan dipotong dan dibakar, atau bahkan dibuang jika ada defect/kecacatan sekecil apapun itu.


Apabila kita melihat limbah yang dihasilkan industri fashion saat ini, hasilnya akan sangat mencengangkan karena jumlahnya yang begitu tinggi. Terlebih dari pada itu, tingginya limbah industri fashion tentunya akan menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan.


Kami percaya dalam berbisnis, aspek yang harus diutamakan diatas segalanya adalah sustainability. Menjadi sustainable tidak boleh hanya sekedar gimmick dalam strategi pemasaran, melainkan harus menjadi gaya hidup. Itulah yang harus tertanam tidak hanya di setiap produk yang kami buat, tetapi dalam semua aspek kehidupan yang kami lakukan. Saya tahu sulit untuk mengimplementasikan green living ini, tapi saya percaya sekecil apapun sebuah langkah pasti dapat membuat sebuah perubahan. Kami ingin mewujudkan gaya hidup kami ini kedalam setiap produk From Finest Creatures, sebuah brand yang benar-benar peduli dengan dunia dan isinyabaik sesama, maupun lingkungan. Kami ingin menjadi perusahaan yang melindungi ‘our playground’.


Why we started From Finest Creatures



From Finest Creatures muncul ketika saya menyadari ketidaksetaraan yang harus dialami perempuan Indonesia setiap hari. Saya bersama co-founder lainnya menyadari bahwa kami dapat berada di sini, hari ini, karena peranan para wanita dalam hidup kami. Sudah menjadi hal yang sewajarnya jika kami ingin mengembalikan apa yang sudah kami dapat, untuk kami berikan kembali kepada para wanita yang akan menciptakan dan mendidik generasi berikutnya.


Dengan tujuan ini dan mengetahui fakta bahwa ketidaksetaraan gender masih ada di Indonesia, sebagai sebuah brand kami ingin menyediakan alat untuk membantu wanita mengekspresikan diri mereka secara bebas. Tidak dibatasi oleh ekspektasi dan standar tertentu yang selama ini selalu mengekang wanita-wanita Indonesia.


About From Finest Creatures


Kami selalu merancang setiap dari produk kami dengan tiga value seperti berikut: Mindfulness, Design and Transparency. Setiap proses dari pembuatan produk harus berkelanjutan baik melalui teknologi modern dengan membuat benang polyester dari plastik daur ulang, atau hanya sekedar mendaur ulang bahan lama sehingga kami dapat meningkatkan umur dari bahan tersebut menjadi sesuatu yang baru. Selain itu, desain dari setiap produk tidak lekang oleh waktu. Desain dari sepatu From Finest Creatures cocok untuk dipakai hari ini, atau bahkan 10 tahun dari sekarang. Maka dari itu, timeless design akan meminimalisir konsumsi, dan akan meminimalisir limbah dari industri fashion itu sendiri. Kemudian, transparansi untuk menginformasikan kepada konsumen dimana dan bagaimana kami memproses sepatu yang kami buat hingga sampai di tangan mereka. Kami mengerti pentingnya Anda sebagai konsumen untuk mengetahui sepatu kami dibuat secara etis. Kami sebagai brand, pergi secara langsung ke mitra pabrik kami untuk memastikan para pengrajin sepatu diperlakukan dengan adil, dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya bagi mereka atau lingkungan.


Next Step for From Finest Creatures


Kedepannya, kami memiliki dua tujuan besar yang ingin kami capai. Pertama adalah untuk membantu lebih banyak wanita dalam skala yang lebih besar. Tidak hanya sekedar untuk mempekerjakan pengrajin-pengrajin wanita, tapi kami ingin membantu untuk mengedukasi mereka sehingga dapat mengolah finansial mereka dengan cara menabung atau berinvestasi. Kedua, adalah untuk mengintegrasikan teknologi yang lebih maju ke dalam produk kami yang dapat mengurangi dampak karbon terhadap lingkungan. Membuat produk dengan benang plastik daur ulang hanyalah langkah pertama. Saya rasa di luar sana banyak yang sudah mendedikasikan bisnis dan kehidupan mereka untuk memperbaiki masalah lingkungan ini, pertanyaannya adalah bagaimana kita mengintegrasikannya ke dalam sebuat produk footwear atau produk fashion lainnya.


Memecahkan masalah lingkungan merupakan tantangan yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Namun, kita bisa untuk terus melakukan bagian kita sebagai individu atau sebagai brand untuk melindungi lingkungan. Dengan melakukan dalam segala lini kehidupan kita, maka kita akan menjadi contoh bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Tidak perlu melakukan hal yang istimewa atau mengeluarkan biaya, menjaga lingkungan bisa sesederhana memungut sampah di lantai, atau bahkan membawa tumblr sendiri ke tempat kerja daripada menggunakan gelas plastik atau kertas sekali pakai. Saya kira cara termudah untuk melindungi lingkungan adalah dengan melakukan bagian kita.


Note: Buat temen-temen yang punya bisnis #cuanlestari, yuk kirimin cerita perjuangan kamu membangun bisnis yang berkepedulian lingkungan! Share ke kami, kenapa kamu memulai usaha ini, apa latar belakang ide kamu, suka duka, apa saja unsur #cuanlestari dari bisnis kamu dan apa harapan kamu kedepannya? Bisa kirim ke email kami, baik dalam bentuk tulisan seperti ini ataupun reels yah! Ditunggu ceritanya!

25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua