top of page

Ramahija : Bisnis Lestari Yang Memberdayakan Perempuan Di Pulau Timor


Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan, banyak bisnis yang mulai beralih ke produk dan praktik yang lebih ramah lingkungan.


Namun, ada juga perusahaan yang tidak hanya sekadar beralih pada praktik yang ramah lingkungan, tetapi juga berkomitmen untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat. bisa dikatakan perusahaan ini disebut sebagai perusahaan sosial yang berfokus pada produk ramah lingkungan dan berdampak juga berperan dalam memberdayakan perempuan. Salah satunya Ramahija. perusahaan sosial yang mengembangkan komunitas adat di Pulau Timor serta memberdayakan perempuan lokal.



Didirikan pada tahun 2021 oleh Alexander Kevin D. Samara. Ramahija lahir dari semangat para individu muda yang sangat peduli terhadap kehidupan masyarakat adat di Pulau Timor. Masyarakat Timor terkenal dengan keterampilan menenun dan memproduksi berbagai tekstil dan kerajinan anyaman dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti kapas , daun lontar, dan pewarna alami.


Untuk mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan, Ramahija telah mengembangkan organisasi berbasis komunitas yang memberdayakan perempuan penenun untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. 


Para penenun Ramahija menggunakan bahan-bahan alami yang bersumber secara lokal seperti daun lontar, gebang, dan pandan untuk membuat produk mereka dengan menggunakan teknik tenun tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui produksinya, Ramahija telah menciptakan model ekonomi berkelanjutan yang mendukung masyarakat dan lingkungan.



Selain mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan, produksi kerajinan tangan juga dapat membantu melestarikan pengetahuan dan keterampilan tradisional. Bagi banyak komunitas adat, kerajinan tangan tradisional merupakan bagian penting dari warisan budaya mereka. Dengan mewariskan keterampilan tersebut kepada generasi muda, masyarakat dapat memastikan bahwa warisan budaya mereka tetap terjaga untuk generasi mendatang.


Ramahija menawarkan pilihan aksesori perusahaan yang berdampak, yang mereka sebut sebagai Sustainable Corporate Gifts. Layanan mereka meliputi dua pilihan:

1. Pilih aksesoris korporat yang sesuai dengan preferensi dari katalog produk mereka.

2. Konsultasikan dengan Tim Ramahija untuk memilih desain produk yang minati dari berbagai pilihan desain yang kami sediakan.



Mereka juga bekerjasama dengan The Body Shop, dengan tujuan bersama untuk memberdayakan perekonomian pedesaan, khususnya perempuan, dan melestarikan lingkungan. Dalam kolaborasi ini, Ramahija memperkenalkan Hanek Matan, nampan anyaman kecil khas upacara adat Pulau Timor. Kini, produk Hanek Matan Ramahija dapat dinikmati sebagai bagian dari The Body Shop special gift collection.


Ramahija memiliki Project Impact yang didedikasikan sepenuhnya untuk pengembangan masyarakat adat dan desa-desa di Pulau Timor, dan sudah ada 3 project yang berjalan yakni

  • Project de Fahi : Sebuah proyek peternakan babi yang didedikasikan untuk pemberdayaan masyarakat desa Tulakadi, sebagian besar perempuan yang tidak berdaya mengurus anak-anak mereka karena pasangan mereka harus bekerja di luar desa untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

  • Project de Iskola : Sebuah proyek peningkatan pendidikan bagi anak-anak di Desa Sadi yang kekurangan fasilitas pendidikan untuk menunjang aktivitas belajarnya di sekolah.

  • Project de Oematan : Pembangunan fasilitas air di desa Sadi untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan komersial penduduk desa serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.


Dengan demikian, Ramahija tak hanya menghasilkan produk ramah lingkungan, tetapi juga turut membangun masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Di Pulau Timor khususnya bagi perempuan dan generasi muda.


Bisnis lestari yang memberdayakan perempuan di Pulau Timor seperti Ramahija ini bukan hanya tentang menciptakan peluang ekonomi, tetapi juga membangun fondasi yang kokoh bagi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.


Yuk dukung terus inspirasi keren mereka! Informasi lebih lanjut bisa kunjungi website dan follow instagram mereka ya! 



22 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page