top of page

SDG Impact : Panduan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Diperbarui: 8 Des 2023


Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 bertujuan untuk mencapai SDGs pada tahun 2030. Meskipun sosial, lingkungan hidup dan ekonomi menunjukan hasil semakin saling bergantung, sistem dan praktik yang ada saat ini tidak memberikan manfaat yang baik bagi kepentingan jangka panjang manusia, dan tidak cukup untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030.


Dalam hal ini, SDG Impact ditetapkan untuk berkontribusi terhadap solusi. Hal ini mengupayakan sebuah dunia di mana semua aliran modal dan investasi dapat memajukan tujuan pembangunan berkelanjutan dan tidak mengalihkan perhatian dari tujuan tersebut. Serangkaian standar telah dikembangkan untuk memperkuat dan membuktikan apakah kita berkontribusi terhadap keberlanjutan dan SDGs atau tidak.


SDG Impact adalah program unggulan dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), yang berupaya memobilisasi modal swasta untuk SDGs. Karena SDGs memberikan kerangka kerja untuk membangun masa depan yang lebih baik, visi SDG Impact adalah untuk mengkatalisasi investasi guna mencapai SDGs pada tahun 2030.


Di dalam websitenya, SDG Impact memberikan kejelasan, wawasan, dan alat yang diperlukan bagi investor dan bisnis untuk memperkuat dan mengautentikasi kontribusi mereka terhadap pembangunan berkelanjutan.


SDG Impact dibentuk untuk membantu bisnis dan investor menanamkan keberlanjutan dan SDGs ke dalam praktik pengelolaan dan proses pengambilan keputusan mereka. Visinya adalah menempatkan keberlanjutan sebagai inti model bisnis, dengan tetap memperhatikan kebutuhan untuk mendapatkan keuntungan finansial.


Alat SDG Impact melibatkan dua alur kerja inti: SDG Impact Standards dan SDG Investor Maps. hal ini merupakan sarana untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang mendorong modal investasi ke tempat yang dibutuhkan.



Sejauh ini, empat Standar SDG Impact telah dikembangkan untuk Enterprises, Private Equity and Fund Managers, Bond Issuers dan the OECD-UNDP SDG Impact Standards for Financing Sustainable Development respectively. hal ini dapat diakses karena berfokus pada pengambilan keputusan untuk semua ukuran bisnis, termasuk perusahaan skala menengah, bisnis milik keluarga, di bursa saham, atau di bursa lokal.


SDG Impact Standar dapat diterapkan oleh investor atau bisnis dengan berbagai cara. mereka dapat memilih untuk menerapkan standar secara keseluruhan atau hanya pada bagian-bagian tertentu yang relevan dengan mereka. Juga dapat memilih untuk menggunakan standar secara mandiri atau dengan bantuan konsultan.


Website SDG Impact adalah sumber daya yang berharga bagi bisnis dan investor yang ingin mengelola dampak berkelanjutan mereka. Website ini juga menyediakan berbagai macam sumber daya, termasuk standar, alat, dan pelatihan, untuk membantu bisnis dan investor menerapkan praktik-praktik terbaik dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.


If you are interested in learning more about SDG Impact, please visit the website at https://sdgimpact.undp.org/.



Sumber :


7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page