top of page

SDG Investor Platform: Platform untuk Mendukung Investasi Berbasis SDGs

Diperbarui: 8 Des 2023


Di era dimana pertimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola menjadi prioritas utama dalam pengambilan keputusan investasi, Platform Investor SDG muncul sebagai katalis perubahan, memfasilitasi penyelarasan modal dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Platform ini menyediakan data, informasi, dan alat-alat yang dapat membantu investor untuk mengidentifikasi dan menilai peluang investasi yang berkontribusi pada pencapaian SDG.


Platform Investor SDG didukung oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan diciptakan oleh inisiatif Sustainable Finance Hub (SFH) SDG Impact, yang berfokus pada menghasilkan dan memanfaatkan modal sektor swasta dalam mewujudkan SDGs.

Diluncurkan sebagai “start-up” pada bulan September 2018, SDG Impact bertujuan untuk memberikan standar, alat, dan layanan terpadu yang dibutuhkan investor, pelaku bisnis, dan pihak lain untuk membuktikan kontribusi mereka dalam mencapai SDGs dan untuk mengidentifikasi peluang investasi SDG di emerging economies and developing countries.


Berdasarkan SDG Investor Maps – yang dibuat oleh inisiatif SDG Finance UNDP, SDG Impact – dan memanfaatkan kehadiran UNDP di lebih dari 170 negara dan wilayah, Platform Investor SDG – yang didirikan melalui kemitraan dengan GISD Alliance – memberi investor sektor swasta akses ke negara tersebut. tingkat intelijen pasar, termasuk wawasan lapangan mengenai lanskap investasi lokal dan koneksi investor.


SDG Investor Maps merupakan produk intelijen pasar yang dihasilkan oleh Kantor UNDP dan mitranya untuk membantu investor swasta (dana, pemodal, perusahaan) mengidentifikasi peluang investasi dan model bisnis yang memiliki potensi signifikan untuk memajukan SDGs. Tujuan dari SDG Investor Maps adalah untuk memberikan investor data dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti agar mereka dapat menggunakan modalnya untuk kebaikan, sekaligus menghasilkan keuntungan finansial. Oleh karena itu, UNDP membantu berkontribusi dalam mengisi kesenjangan pendanaan SDG dengan mengarahkan modal swasta ke tempat-tempat yang dapat memberikan dampak paling besar bagi manusia dan planet.

Dalam Platform ini para investor bisa dengan mudah mengakses untuk mencari peluang investasi dengan memfilter berdasarkan wilayah, negara, ataupun sektor.


Beberapa contoh proyek investasi berbasis SDGs yang sudah terakurasi dalam SDG Investor Platform, kalian bisa klik foto dibawah untuk mengetahui lebih lanjut!


SDG Investor Platform mewakili kekuatan transformatif dalam lanskap keuangan, yang menunjukkan bahwa keuntungan dan tujuan dapat hidup berdampingan. Dengan memanfaatkan teknologi, mendorong konektivitas global, dan mendorong inovasi berkelanjutan, platform ini berperan penting dalam mengarahkan investasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan adil. Seiring dengan perkembangannya, Platform Investor SDG tidak hanya memfasilitasi transaksi mereka memelopori perubahan paradigma yang memperkuat dampak kolektif modal, mengarahkan dunia menuju pencapaian tujuan ambisius yang ditetapkan dalam SDGs.


Informasi lebih lanjut kalian bisa kunjungi Website SDG Investor Platform ya!


Sumber :


16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page