• Nurpita Sinurat

Tips mengelola air hujan


Air hujan bisa banget jadi rejeki, karena air hujan dapat dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan air tanah, menambah jumlah air yang masuk ke dalam tanah, keperluan rumah tangga, mulai dari untuk toilet, mencuci kendaraan, membersihkan halaman, dan sebagainya. Namun, pemanfaatan air hujan kurang populer dibanding air tanah atau air permukaan karena cara mengelolanya yang kurang banyak diketahui. Di artikel ini, informasi mengenai tips-tips mengelola air hujan dapat dibaca agar teman-teman tidak melewatkan kesempatan memanfaatkan air hujan di bulan berakhiran -ber nanti.


Tips mengelola air hujan:

  1. Mencari struktur yang bisa menangkap air hujan. Tips yang pertama ini adalah yang terpenting karena kita harus mencari tahu posisi tempat yang tepat untuk menampung air hujan. Bila menggunakan atap rumah, maka carilah bidang atap rumah yang terluas supaya tangkapan airnya maksimal.

  2. Pasang peralatan yang memadai: pipa dan penampung, seperti toren air. Air hujan yang jatuh di atap rumah kemudian dengan menggunakan saluran pipa dari atap dialirkan ke dalam bak penampung awal yang bisa diberikan saringan pasir-kerikil. Bila air hujan lebih banyak daripada volume bak penampung, lebih baik lagi air hujan yang diresapkan ke dalam tanah. Untuk ini, bisa disiapkan lubang biopori agar tumpahan air hujan lebih cepat meresap ke dalam tanah menjadi air tanah.

  3. Pastikan tempat penampung air tertutup sehingga tidak mudah dicemari oleh orang dan binatang, serta tidak menjadi tempat berkembang biaknya vektor penyakit seperti nyamuk.

  4. Pastikan kebersihan penampungan air terutama bila air digunakan untuk keperluan primer. Bersihkan bila ada lumut atau kotoran lainnya.

  5. Bila digunakan untuk keperluan primer, terutama untuk air minum, pastikan mengolahnya dengan aman, seperti di-solar disinfeksi, direbus, atau difilter. Atau, mengalirkannya ke unit pengolahan yang lebih advanced, untuk diolah menjadi air minum.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengelola air hujan, jangan sampai melewatkan kesempatan memanfaatkannya yah!

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua