top of page

WIPO GREEN: Database Teknologi Berkelanjutan Global

Diperbarui: 8 Des 2023


Di era di mana pembangunan berkelanjutan dan kesadaran lingkungan hidup berada di garis depan keprihatinan global, World Intellectual Property Organization (WIPO) telah mengambil langkah maju yang signifikan dengan mendirikan WIPO GREEN. Platform inovatif ini berfungsi sebagai katalis untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan dan inovasi berkelanjutan di seluruh dunia.


Didirikan oleh (World Intellectual Property Organization) WIPO pada tahun 2013, WIPO GREEN mendukung upaya global melawan perubahan iklim dengan menghubungkan dalam inovasi ramah lingkungan melalui database dan jaringannya. Tujuannya adalah untuk memberi insentif pada inovator di bidang ini dan menyebarkannya secara lebih luas, serta berkontribusi pada upaya negara-negara berkembang dalam mengatasi tantangan global perubahan iklim, ketahanan pangan, dan lingkungan hidup.


WIPO GREEN adalah database gratis yang menghubungkan kebutuhan untuk memecahkan masalah lingkungan atau perubahan iklim dengan teknologi berkelanjutan yang tersedia. Melalui database, jaringan, dan proyek akselerasinya, perusahaan ini menyatukan para pemangku kepentingan untuk mengkatalisis inovasi dan difusi teknologi ramah lingkungan.


Saat ini WIPO Green memiliki lebih dari 3.500 teknologi, kebutuhan, dan pakar yang terdaftar, dengan lebih dari 100 mitra mulai dari startup kecil hingga Fortune 500 Companies. Terdapat lebih dari 1.400 pengguna di seluruh dunia dan sejauh ini lebih dari 640 koneksi – yang mengarah pada potensi kolaborasi – telah terjalin.


WIPO GREEN database menawarkan teknologi mulai dari prototipe hingga produk yang dapat dipasarkan, yang tersedia untuk lisensi, untuk kolaborasi, usaha patungan, dan penjualan. Panduan ini juga memuat daftar kebutuhan yang ditentukan oleh perusahaan, lembaga, dan organisasi non-pemerintah yang mencari teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan atau perubahan iklim tertentu.


Beberapa fitur unik dari database ini adalah: Pencocokan otomatis berbantuan AI yang selalu aktif, pelacakan dan peringatan unggahan pengguna, pencarian teks lengkap untuk solusi berdasarkan deskripsi kebutuhan yang panjang, dan fungsi pencarian Patent2Solution untuk menemukan aplikasi komersial paten.

Semua teknologi yang diunggah ke database WIPO GREEN tetap menjadi milik pemegang hak. Pemegang hak dan pihak-pihak yang berkolaborasi harus menyusun perjanjian dengan cara yang mereka anggap paling tepat dan efektif.

WIPO GREEN tidak mengharuskan teknologi atau inovasi yang diunggah ke database harus dipatenkan atau sedang dalam proses untuk dipatenkan. Oleh karena itu, penyedia teknologi dapat mengunggah teknologinya sementara permohonan paten terkait masih menunggu keputusan. Penyedia teknologi didorong untuk mengunggah solusi teknologi ke database WIPO GREEN dan terhubung dengan pengguna lain untuk menjajaki kemitraan, transfer teknologi, termasuk peluang pendanaan dan perizinan.



WIPO GREEN menjalankan sejumlah Proyek Percepatan, yang berfokus pada wilayah geografis atau domain teknologi tertentu. Proyek-proyek ini memungkinkan penyedia dan pencari untuk menjalin hubungan penting yang dapat mengarah pada transfer atau penerapan teknologi ramah lingkungan.

WIPO GREEN adalah sumber daya yang berharga bagi siapa saja yang tertarik dengan teknologi berkelanjutan. Saat dunia bergulat dengan tantangan lingkungan hidup, inisiatif seperti WIPO Green menjadi mercusuar harapan, yang menunjukkan kekuatan kolaborasi dan inovasi. Dengan menyediakan platform yang menjembatani kesenjangan antara penyedia dan pencari teknologi, WIPO Green bukan sekadar database; ini adalah katalis untuk perubahan positif. Database ini dapat membantu orang menemukan teknologi yang dapat membantu mereka memecahkan masalah lingkungan dan perubahan iklim.

Kalian bisa cek website WIPO Green untuk mengetahui lebih lanjut!


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page