• Sekar Arum

5 Akun Bahas Konservasi Hewan Liar


Manusia kan bukan mahluk yang satu-satunya tinggal di bumi, banyak sebenernya satwa liar yang ada dan perlu diperhatikan di luar sana. Tapi sayangnya, kadang kita suka rancu kalau lihat konten di sosmed, banyak orang yang punya hewan peliharaan lucu-lucu eh padahal sebenernya hewan tersebut termasuk hewan liar yang tidak boleh dipisahkan dari habitat aslinya.


Berdasarkan kabar terbaru dari WWF Living Planet Report menunjukkan bahwa jumlah populasi satwa liar di dunia mengalami penurunan hampir 70% dalam waktu kurang dari 50 tahun. Hasil ini memberikan gambaran bagaimana penggundulan hutan, pertanian yang tidak berkelanjutan dan perdagangan satwa liar ilegal sangat berdampak pada kehidupan mereka. Sedih ya dengarnya..


Tapi, saat ini kita sudah sangat terbantu dengan berbagai akun-akun media sosial dan komunitas yang dengan senang hati peduli dan mendukung gerakan konservasi satwa liar. Apa sih gerakan konservasi satwa liar itu? Konservasi diartikan sebagai pelestarian atau perlindungan, jadi konservasi satwa liar merupakan usaha untuk melestarikan dan melindungi satwa liar dari berbagai kegiatan yang mengancam keberadaannya. Kalau kalian mau tau lebih detail mengenai kegiatan apa saja sih yang termasuk dalam kegiatan konservasi satwa liar, atau ingin ikut serta berkontribusi dalam usaha konservasi tersebut, sahabat bumi harus follow nih 5 akun yang bahas konservasi hewan liar di bawah ini!


1. rhezmaul

Rheza Maulana atau @rhezmaul adalah content creator yang tertarik dengan isu pendidikan, art, travel, gardening dan juga terhadap konservasi satwa liar. Lihat deh stories highlight-nya, karena Mas Rheza banyak berbagi ilmu seputar ketentuan konservasi di Indonesia sekaligus edukasi bahwa memelihara hewan liar itu ga sama lho dengan konservasi.


2. manodelia

Manohara Odellia adalah model yang suka posting konten terkait isu keselamatan dan keberlangsungan hidup hewan liar. Mesti banget nonton IGTV nya karena disitu Mba Mano ngejelasin secara lengkap dan jelas, kenapa kita tidak boleh membeli dan memelihara hewan liar karena hanya akan mendukung industri tersebut semakin berkembang. Kalau ada yang beli, bakal ada terus yang jual!


3. konservasi_ksdae


Konservasi_ksdae adalah akun resmi dari Ditjen Konservasi Sumber daya Alam dan Ekosistem KLHK Republik Indonesia. Akun instagram ini sengaja dibuat oleh KSDAE sebagai bentuk usaha pelestarian dan konservasi satwa-satwa di indonesia, terkhusus satwa-satwa liar yang terancam punah. Jika sahabat ingin menilik lebih jauh mengenai kegiatan konservasi di indonesia, melihat akun ini menjadi pilihan yang tepat. Sahabat bumi bisa belajar sekaligus memantau perkembangan dan penanganan Taman Nasional, Cagar Alam dan segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan pemerintah sebagai upaya konservasi satwa liar. Dalam akun instagram ini kamu juga bisa mendapat informasi dan update berita-berita mengenai keberadaan satwa liar tanpa takut berita tersebut hoax karena informasi yang tersedia didapat dari akun resmi Ditjen KSDAE sendiri. Yuk follow!


4. pembelasatwaliar


Akun pembelasatwaliar merupakan mitra juang milik seorang influencer alam terkenal yang dikenal masyarakat bernama Panji Petualang. Mereka mengkecam tindakan kejahatan yag dilakukan terhadap satwa liar di indonesia. Di akun instagram ini kamu dapat menemukan berita-berita yang mengedukasi dan membuka mata mu lebar-lebar mengenai berita terbaru satwa liar di Indonesia dan pentingnya melakukan kegiatan konservasi bagi mereka. Salah satu usaha yang sedang mereka lakukan adalah melakukan takedown terhadap jual beli satwa liar di facebook, jika kamu ingin turut berkontribusi dalam upaya ini, kamu bisa melaporkan grup-grup penjual satwa liar ke link berikut https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScSjj8TOsKLClJzj6aB3FC7Wq2PkIKS3q1YhRQBl92dUO5ygg/viewform ya! Bagi teman-teman yang ingin menambah wawasan mengenai kegiatan konservasi satwa liar, disini kalian juga bisa menemukan banyak informasi webinar yang menarik dan wajib diikuti!


5. nrsimha.indonesia


Yang terakhir ada nrsimha.indonesia, sebuah akun yang banyak membahas fact mengenai hewan-hewan unik nan langka yang jarang kita ketahui saat ini. Akun ini bagus banget buat menambah pengetahuan kamu mengenai beragam jenis satwa dan update keberadaan mereka di Indonesia. Selain itu, akun ini juga menjual fashion seperti kaos, hoodie, topi dll bagi dewasa dan anak yang bertemakan satwa langka dan membuka kesempatan bagi kamu yang mau berbelanja sambil berdonasi melalui program donasi I Love You 3000 (Berbagi Rp.3000 untuk konservasi satwa). Selain berdonasi, kamu juga bisa mengajukan diri sebagai volunteer dalam kegiatan kondservasi di nrsimha.indonesia. Let's check it!


Akun-akun diatas dapat menjadi sarana bagi teman-teman untuk menyalurkan kepedulian terhadap satwa liar di indonesia. Mendukung kegiatan konservasi sudah sama hal nya dengan menjadi bagian dari upaya tersebut. Yuk saling mengasihi sesama makhluk hidup, agar anak cucu kita tau dan dapat melihat di dunia ada beragam jenis satwa yang patut kita syukuri keberadaanya dan menjadi bangga bahwa ternyata kita sebagai generasi yang datang lebih dulu dapat menurunkan warisan yang sangat bernilai :)

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua