top of page

Bu Sari : Patungan Kebun Dapur untuk Keluarga Pra Sejahtera


Kesejahteraan keluarga merupakan tujuan utama bagi setiap individu. Salah satu langkah nyata dalam mencapai kesejahteraan tersebut adalah dengan mengembangkan Program kebun dapur. Kebun dapur tidak hanya berfungsi sebagai sumber pangan, tetapi juga sebagai bentuk investasi jangka panjang untuk keluarga pra sejahtera.


Yuk kenalan sama Bu Sari, beliau punya inisiatif yang keren banget dan impactful juga. Bu Sari merupakan seorang guru yang berdomisili di Bogor. Beliau menginisiasi program kebun pangan untuk keluarga pra sejahtera. Bu Sari memberikan pelatihan bagi masyarakat yang memiliki keinginan belajar berkebun serta mengompos.



Tidak hanya memberikan pelatihan saja, Bu Sari juga membiayai pembuatan sayur sederhana di halaman rumah warga yang ikut serta dalam pelatihan. 


Biaya tersebut awalnya dari tabungan Bu Sari sendiri namun seiring berjalannya program ini serta keaktifan Bu Sari dalam membagikan konten mengenai Program Kebun Pangan ini, banyak donatur yang membantu memberikan biaya.


Saat ini sudah ada 8 kebun dapur yang dibuat di halaman rumah warga dan 3 Kandang ayam. Tidak hanya berkebun, warga juga diberikan pelatihan untuk ternak ayam,  Kandang ayam dikelola bersama-sama dan pakan ayam yang diberikan adalah sisa makanan sayur mayur dan makanan fermentasi sehingga tidak menimbulkan bau.


Dampak positif program ini tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat disana serta mengurangi sampah organik. Hasil panen sayuran, telur dan daging ayam juga selalu didistribusikan kepada keluarga pra sejahtera yang ada di sekitar kebun. Sehingga, masyarakat bisa makan makanan sehat dan organik.



Inisiatif keren Bu Sari tidak sampai sana, beliau juga memiliki Program Orangtua Asuh Di tahun ajaran 2023/2024, ada 50 anak dari keluarga pra sejahtera yang akan disupport biaya sekolah harian dan setiap pekannya akan mengikuti kelas pembinaan. Di kelas pembinaan, anak-anak akan belajar materi dasar membaca menulis dan berhitung, materi yang perlu dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan belajar keterampilan hidup sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Banyak kegiatan yang disediakan untuk program anak asuh ini.


Banyak lagi program-program keren dari Bu Sari dalam membantu Keluarga Pra Sejahtera serta kepedulian beliau terhadap lingkungan, kalian bisa follow instagramnya Bu Sari untuk lihat dan dukung inisiatif keren Bu Sari!


Oiya selain itu, Bu Sari juga membuka pelatihan untuk merancang kebun dapur, pengerjaan tata letak kebun untuk lahan pekarangan maupun lahan kebun yang lebih luas serta pelatihan ternak ayam kampung melalui Ketumbar Workshop, untuk pelatihannya dilaksanakan secara offline dan online. kalian bisa pantengin Instagram mereka untuk info batch pelatihan selanjutnya yah! 




3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page