• sekararum1

5 Akun Eco Muslim (Environment Through Mosleem)


Ramadhan Kareem sahabat bumi! Edisi Ramadhan kali ini kita bahas tentang Eco Muslim yuk! Eh kalian udah tau belum apa itu Eco Muslim? Jadi buat kamu yang beragama islam pasti sudah pernah dengar dan sudah tau ya, perintah Allah untuk menjaga dan mensyukuri segala apa yang ada di bumi semuanya tertera dalam Al-Qur'an. Salah satu seruan Allah tersebut tercantum dalam Al Qur'an Surat Al A’ raf ayat 56 yang bunyinya "Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan."(56) . Dari kutipan ayat tersebut sudah jelas bahwa sebagai umat muslim kita harus turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Nah sebagai pelengkap usahamu untuk melestarikan alam sembari melihatnya lewat pandangan islam, berikut kami rekomendasikan 5 akun instagram mengenai Eco Muslim.


1. Ecodeen.id

Ecodeen.id merupakan platform digital yang mendorong peran aktif muslim dalam penegelolaan lingkungan hidup. Ia memiliki program-program yang sangat menarik lo, membahas mengenai pertanian dalam islam, urgensi krisis iklim dan bagaimana sebagai umat muslim kita dapat berperan didalamnya, hidup minimalis dalam pandangan islam, green qurban dan ada banyak webinar seru dalam program "Interfaith" yang dapat berarti dari keimanan kita bisa membuat aksi lingkungan yang nyata dan mendukung SDGs. Oh iya, Ecodeen.id juga punya channel youtube berisi berbagai video mengenai webinar series dan interfaith series yang telah dilaksanakan. Kamu bisa akses channel youtubnya lewat link berikut! https://www.youtube.com/channel/UCWr02uXhRIxAM7h01T9RAyw .


2. Faithfully.sustainable


Faithfully Sustainable adalah organisasi komunitas nirlaba yang berdiri ditahun 2020 di New York, didirikan oleh dua wanita Muslim, Kadiatou (Ka-djah-tou) Balde dan Zainab Koli untuk bekerja menjembatani orang kulit hitam, penduduk asli dan orang kulit berwarna tidak proporsional (indigoneous) BIPOC dengan sumber daya pendidikan dan keuangan yang dibutuhkan untuk mengembangkan komunitas yang berkelanjutan. Faithfully sustainable adalah organisasi komunitas Muslim yang menggabungkan keyakinan dan kelestarian lingkungan melalui pendidikan, aktivisme, dan kewirausahaan. Dalam akun instagramnya, Faithfully sustainable memiliki program Green Ayat, webinar dan berbagai pengetahuan mengenai pertanian dan segala hal terkait lingkungan dalam pandangan islam. kamu juga bisa akses Faithfully Sustainable lwat akun linkedin berikut https://www.linkedin.com/company/faithfullysustainable/


3. Green_muslims

Green muslims adalah sebuah komunitas yang didirikan di Washington DC paada tahun 2007. Green Muslims terbentuk diawali oleh sekelompok kecil Muslim yang mengadakan buka puasa tanpa sampah seadanya selama bulan Ramadhan. Kelompok ini kemudian berinisiatif untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan global dalam komunitas Muslim dengan bahasa spiritual. Hingga saat ini, Green Muslims telah membuat program-program unik yang dapat dilakukan umat Islam untuk mengatasi tantangan lingkungan di tingkat lokal dan spiritual. Programnya tersebut meliputi acara pendidikan, konten berbasis lingkungan dalam pandangan muslim, dan webinar series bernama"Khalifa Conversations". Di Ramadhan kali ini, Green Muslims sedang melakukan Ramadhan Challenge nih, jika tertarik untuk ikut bisa cek postingan Instagram terbarunya yah! Kamu juga bisa akses Green Muslims di websitenya https://www.greenmuslims.org/ .


4. Khaleafadotcom


Khaleafa adalah situs web yang didedikasikan untuk menghidupkan kembali wacana seputar pendekatan Islam terhadap lingkungan dari perspektif Muslim Kanada. 'Khaleafa' adalah istilah bahasa Arab untuk penatalayan dan mewakili tanggung jawab suci yang telah dianugerahkan kepada kita oleh Allah. Mereka mewadahi beragam proyek yang bertujuan untuk mendorong konservasi, mengurangi limbah, dan berpartisipasi dalam konsumsi yang sensitif secara ekologis. Dalam akun instagramnya mereka juga memiliki konten menarik yang secara rutin dilaksanakan bernama"Green Khutbah" yang bisa diakses di http://www.khaleafa.com/green-khutbah-campaign, "Forty Green Hadith", "Alhamdulillah for everything"dll. Duh pokoknya menarik banget deh seluruh konten di Instagramnya!


5. Greendeen_tribe



Green Deen Tribe adalah sebuah inisiatif yang terinspirasi oleh buku Ibrahim Abdul Matin “Green Deen: What Islam Teaches about Protecting the Planet” yang berusaha menghubungkan kembali hubungan integral alam dan ajaran Islam tentang spiritualitas dan merawat Bumi. Selama beberapa tahun terakhir Green Deen Tribe telah menyelenggarakan pemutaran film, retret, lokakarya, jalan-jalan, dan ruang lainnya dengan tujuan mempertahankan alam di ruang sakral. Fokusnya adalah terlibat dengan tema-tema seperti kehidupan hijau, seni Islam yang sakral, penyembuhan profetik, permakultur, dan peran feminin dalam spiritualitas Islam. Green Deen Tribe punya konten-konten menarik di intagramnya yang berbicara seputar Ethical Swap, festival Film, dan postingan menarik lainnya yang berhubungan dengan Islam dan Lingkungan. Setiap tahun Green Deeb tribe juga mengadakan challenge "Ethical Iftar" lho! Hmm menarik yaa, untuk tau lebih lanjut mengenai Green Deen Tribe atau ingin berdonasi kamu bisa langsung cek di link berikut linktr.ee/GreenDeenTribe.

Recomendeed banget untuk teman-teman follow akun-akun tersebut. Karena lewat postingan dan program mereka kita bisa melatih diri untuk menjalankan hidup peduli lingkungan, sekaligus meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT sebagai seorang muslim. Sekian teman-teman, semoga keberkahan ramadhan menyelimuti kaliaaan..

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua