• sekararum1

5 Akun Mendukung Disabilitas


Menurut World Health Organization (WHO), lebih dari satu miliar orang atau sekitar 15% dari populasi manusia di dunia hidup dengan beberapa bentuk disabilitas dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Disabilitas tidak melulu soal fisik, namun juga dapat berupa kesehatan mental. Meskipun memiliki keterbatasan, tapi bukan berarti teman-teman penyandang disabilitas ini tidak bisa hidup dan bekerja secara produktif lho. Apalagi sekarang sudah banyak organisasi dan institusi yang memiliki kegiatan yang khusus bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan teman-teman penyandang disabilitas.


1. di.dengar




di.dengar adalah suatu komunitas yang memiliki misi memberdayakan dan mengembangkan komunitas difabel dalam segi ekonomi melalui keterampilan tangan. di.dengar memiliki 3 pilar utama yaitu memberdayakan komunitas difabel khususnya tuna rungu (teman tuli), pengrajin kreatif dan pengembangan kesejahteraan. Mereka menghasilkan produk kerajinan tangan seperti tas, totbag, dan pouch dengan motif yang menarik. Kalian bisa bantu mendukung teman tuli di komunitas di.dengar dengan mengorder produk mereka melalui offical store, whatsapp, tokopedia dan shopee melalui link berikut https://linktr.ee/di.dengar


2. temannetra



Teman netra adalah komunitas yang mengembangkan aplikasi untuk membantu penyandang tuna netra untuk membaca dalam bentuk print text dan mengidentifikasi uang khususnya uang rupiah. Teman netra didirikan pada tahun 2019 dan aktif melakukan campaign mengenai ragam alat bantu yang diperuntukan bagi teman netra.


3. akartulioofficial


Akar Tuli adalah komunitas yang berlokasi di Malang dan memiliki tujuan untuk memasyarakatkan bahasa isyarat di Indonesia. Akar Tuli telah berdiri hampir 7 tahun lamanya dan telah berkomitmen membantu kawan tuli untuk memiliki akses bahasa yang mudah. Akar tuli menyelenggarakan beragam kegiatan diantaranya menyelanggarakan workshop bahasa dan dongeng isyarat, pelatihan bahasa isyarat, belajar bahasa isyarat di CFD, sosialisasi bahasa isyarat dan kegiatan lainnya. Mereka juga membuka peluang volunteer bagi kamu kawan dengar Malang untuk turut berpartisipasi dan berkomitmen dalam kegiatan komunitas Akar Tuli.


4. kerjabilitas.id


kerjabilitasid adalah platform jejaring karir inklusi pertama dan terbesar di indonesia yang menghubungkan pencari kerja disabilitas dengan penyedia kerja inklusi. Melalui website kerjabilitas.id penyandang disabilitas bisa menempatkan profil mereka sebagai pencari kerja di kerjabilitasdan mengakses informasi tentang kesempatan kerja yang tersedia untuk mereka. Kerjadibilitas didirikan pada tahun 2015 dan telah mmelayani 9000 pengguna dan 2000 penyedia kerja inklusi dari seluruh Indonesia. Melalu kerjadibilitas.id tidak hanya menyediakan layanan bagi pencari kerja tapi juga bagi penyedia kerja dengan memberikan layanan penilaian aksesbilitas kantor dan screening kandidat.


5. difbelzone.id



Difabelzone.id adalah komunitas yang berdiri pada tahun 2015. Sesuai dengan namanya, komunitas ini aktif dalam membantu penyandang disabilitas memiliki wadah untuk berkreasi. Difabelzone.id bertempat di desa Bajang, Rt 03, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Mereka memiliki program pelatihan pembuatan batik dan aneka souvenir bagi penyandang disabilitas. Produk-produk yang dibuat bermacam-macam mulai dari totebag, pencil case, pouch, souvenir pernikahan dan kain batik. teman-teman bisa membeli produk mereka untuk mendukung para pengrajin difabel melalui link berikut https://zolaindonesia.com/wp/ .

11 tampilan0 komentar