• Sekar Arum

5 Akun Peduli Isu Perubahan Iklim



Beberapa tahun terakhir ada banyak kejadian cuaca ekstrim yang terjadi, mulai dari angin topan, banjir, kebakaran hutan hingga kekeringan dan kenaikan permukaan air laut. Semakin banyak wilayah di dunia yang terlalu panas untuk ditinggali dan banyaknya penyakit menyebar seiring dengan meningkatnya suhu. Semua kejadian ini disebabkan oleh isu perubahan iklim dunia. Banyaknya dampak yang ditimbulkan, membangkitkan semangat masyarakat, organisasi maupun instansi untuk berkontribusi memberikan solusi lewat kampanye perubahan iklim.


Berikut 5 akun Instagram yang mengkampanyekan Isu Perubahan Iklim yang bisa kamu follow untuk turut berkontribusi dalam Isu Perubahan Iklim Global :


1. Climate Reality (@climatereality)

Source : @climatereality


Climate Reality merupakan platform digital peduli perubahan iklim dengan 240 ribu pengikut instagram. Selain melakukan campaign perubahan iklim, climate Reality juga membuat program bernama Climate Reality Leadership corps untuk merekrut, melatih, dan memobilisasi orang untuk menjadi aktivis yang kuat, memberikan keterampilan, kampanye, dan sumber daya untuk mendorong tindakan iklim yang agresif. Lewat program ini lebih dari 31.000 orang telah terlatih menjadi perubahan di seluruh dunia sejak 2006. Hasilnya adalah jaringan aktivis global yang memimpin perjuangan untuk solusi iklim di 10 negara yaitu Australia, Brazil, Canada, Eropa, India , Indonesia, Jepang, Meksiko, Filipina, dan Afrika Selatan dan kemitraan di Cina - dan 140 cabang di seluruh AS. Kalian juga bisa berdonasi untuk gerakan perubahan iklim melalui websitenya https://www.climaterealityproject.org/.



2. Fridays For Future (@fridaysforfuture)


Source : @fridaysforfuture


Fridays For Future (FFF) adalah gerakan pemogokan iklim global yang dimulai pada Agustus 2018, pendirinya adalah Greta Thunberg aktivis lingkungan berusia 15 tahun. Gerakan ini dimulai ketika tiga minggu menjelang pemilu Swedia, dia duduk di luar Parlemen Swedia setiap hari sekolah, menuntut tindakan segera atas krisis iklim agar sejalan dengan perjanjian Paris. Dengan mengajak teman-temannya yang lain, mereka kemudian membuat tagar #FridaysForFuture, dan mendorong anak muda di seluruh dunia untuk bergabung dengan mereka. Ini menandai awal dari pemogokan sekolah global untuk iklim. Kini Fridays For Future memiliki 447 ribu pengikut di instagram, dan terus aktif menjalankan campaign perubahan iklim. Fridays For Future telah tersebar di banyak negara di dunia lho, kamu bisa turut andil menjadi bagian darinya lewat program “take action” di websitenya https://fridaysforfuture.org/take-action/how-to-strike/ !


3. Climate Institute (@climateinstitute)


Source : @climateinstitute


Climate Institute didirikan pada tahun 1986 sebagai organisasi pertama di dunia yang hanya berfokus pada perubahan iklim. Sejak didirikan, Climate Institute telah berperan penting dalam menggerakkan perubahan iklim ke dalam agenda internasional, mendorong kolaborasi antara negara-negara berkembang dan negara maju. Misinya adalah menemukan dan menerapkan solusi iklim dengan memajukan penelitian, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan A.S. dan mitra internasional. Saat ini Climate institute memiliki 4960 pengikut di Instagram. Organisasi ini memberikan peluang bagi masyarakat seluruh dunia untuk berkontribusi dalam program internship dan donasi di websitenya https://climate.org/.


4. Climate Save Movement (@climatesavemovement)


Source : @climatesavemovement


Climate Save movement merupakan satu diantara platform digital yang membahas mengenai isu perubahan iklim. Action yang mereka lakukan adalah mengkampanyekan perubahan pola makan menjadi vegan lifestyle sebagai solusi perubahan iklim. Saat ini Climate Save Movement memiliki 86,6 ribu pengikut di Instagram. Solusi ini cukup menarik perhatian, karena ternyata dalam sebuah penelitian peternakan hewan adalah sumber utama kekacauan iklim, yang menghasilkan lebih banyak emisi gas rumah kaca (karbon dioksida, metana, nitrous oksida) daripada gabungan semua mobil, truk, pesawat, kapal dan moda transportasi lainnya. Organisasi Pangan dan Pertanian memperkirakan bahwa peternakan menyumbang 51% gas rumah kaca dari proses penebangan hutan yang bertindak sebagai penyerap karbon, untuk penggembalaan dan untuk menghasilkan pakan ternak. Peternakan hewan juga merupakan sumber nomor satu dari zona mati lautan karena pupuk pada akhirnya masuk ke saluran air kita, yang selanjutnya merusak lingkungan. Pada tahun 2018, Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim (IPCC) menyatakan bahwa kita memiliki waktu 12 tahun lagi untuk membuat perubahan besar pada pola makan. Nah, jika kalian penasaran mengenai salah satu dari solusi perubahan iklim ini, kalian bisa follow instagram mereka atau kunjungi websitenya di https://thesavemovement.org/climate-save-movement/.


5. Climate Change Memes (@climemechange)


Source : @climemechange


Nah, yang satu ini juga solusi perubahan iklim yang sangat menarik! Platform digital ini bernama Climate Change Memes, memiliki 112 ribu pengikut di Instagram, climemechange mengkampanyekan isu perubahan iklim dengan sebuah memes. Kenapa solusi seperti ini ada? Memes merupakan ungkapan emosi (senang, sedih, marah), bisa juga suatu maksud, diungkapkan berbentuk tulisan dan saat ini terkandung dalam media visual seperti gambar yang mencerminkan perasaan dan niat. Memes menjadi tren di masyarakat luas karena dianggap dapat menyampaikan maksud serius dengan pembawaan yang ringan dan lucu. Jadi, akan menjadi sangat bagus untuk mengkampanyekan isu perubahan iklim yang merupakan suatu permasalahan serius agar mudah diterima dan menjadi perhatian masyarakat luas. Wajib banget follow akun ini, karena ada berbagai postingan informatif dan menarik yang bisa dipahami dengan mudah!


Hadirnya berbagai platform digital yang mengkampanyekan isu perubahan iklim merupakan suatu pertanda bahwa perubahan iklim adalah masalah serius yang harus ditangani. Gimana, sudah cukup penasaran dan ingin segera menjadi bagian dari perubahan iklim?


5 tampilan0 komentar