• sekararum1

5 Akun Sustainable Illustrators



Komunikasi lingkungan merupakan salah satu upaya yang dapat menjembatani dan menjangkai persoalan-persoalan lingkungan secara menyeluruh. Bentuk komunikasi lingkungan juga bermacam-macam, bisa melalui gerakan sosial, tulisan, petisi, atau bahkan sebuah karya visual bertajuk ilustrasi mengenai isu lingkungan atau biasa disebut sebagai Sustainable Illustrator. Diantara banyak cara yang hadir, eco illustrator menjadi bagian penting untuk mengkomunikasikan persoalan lingkungan secara gamblang, menarik, mudah diterima dan dipahami masyarakat luas. Berikut kami rangkumkan 5 akun media sosial yang menerapkan sustainable illutrator dalam berkomunikasi dengan masyarakat.


1. @ecowithem

source : @ecowithem


Seni ilustrasi menjadi pilihan Emiliy Ehlers, pemilik akun @ecowithem sebagai cara mengkomunikasikan isu lingkungan. Ia mulai mengkampanyekan isu lingkungan melalui sketsa dan gambar di tahun 2018, dan mendapat respon positif dari banyak orang. Karya seni yang dibuatnya dibuat sangat menarik dengan banyak warna dan banyak membahas topik mengenai sustainability dengan tema kreatifitas, koneksi, kepedulian dan harapan. Emily juga merupakan seorang penulis, buku yang ia terbitkan berjudul “Hope is Verb : Six Steps To Radical Optimism When The World Seems Broken” dan dapat dibeli di online shop @ecowithem. O iya disitu kamu juga bisa membeli karya ilustrasi Emily juga lho!


2. @consciousstyle


source : @consciousstyle


Kalau akun eco ilustrator yang satu ini berfokus pada isu lingkungan terkait dengan fashion, kecantikan dan rumah. Founder dari @consciousstyle, Elizabeth Joy sepertinya memfokuskan kampanyenya untuk wanita di seluruh dunia yang seringkali mengikuti trends fashion dan kecantikan. Ilustrasinya banyak menyampaikan tips dan trik mengenai zero waste fashion, sustainable fashion dengan tetap mensupport para pekerja garment. Karya ilustrasi yang ia buat sangat feminim dengan warna-warna pastel, yang sangat identik dengan pembawaan wanita. Ia juga mendirikan @consciousfashion yang menyajikan dan mendukung brand fashion yang kreatif dan aktif mendukung gerakan zero waste fashion.


3. @sebuaaaaah


source : @sebuaaaaah


@sebuaaaaah dibuat oleh seseorang bernama Evelyn Lu dengan mengangkat topik utama mengenai pengelolaan sampah. Karya ilustrasinya dikemas secara lucu dan menarik dalam bentuk komik. Akun ini juga mendukung aksi nyatanya yaitu @ewasterj, aksi pengumpulan sampah plastik di area Bandung untuk diolah secara benar. Kamu juga dapat membeli karya ilustrasi Evelyn Lu di @sebuah.studio, dan berbagai dekorasi ramah lingkungan di akun onlineshopnya. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa cek langsung instagranya @sebuaaaaah!


4. @our_iridescent_earth


source : @our_iridescent_earth


Iridescent earth merupakan sebuah platform yang dibuat dengan tujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat mengenai isu lingkunagn. Tema yang diangkat banyak membahas mengngenai isu hewan, makanan, tips dan trik serta inovasi-inovasi lingkungan dan prediksi keadaan lingkungan di masa yang akan datang. Melalui websitenya, kamu bisa mensupport @our_iridescent_earth dengan berdonasi dan membeli produk ramah lingkungan mereka yang mengangkat tema lebah. Poduk-produk tersebut berupa totebag, biodegradable phone case, tumbler, book cover dan lain-lain, dengan tujuan mengkampanyekan pentingnya lebah bagi keberlangsungan kehidupan di bumi.


5. @malesnyampah


source : @malesnyampah


Awalnya akun @malesnyampah dibuat oleh pemiliknya dengan nama awal @malesnaikgunung. Akun ini dibuat untuk menuangkan keresahannya melalui keterampilannya membuat seni ilustrasi terhadap permasalahan sampah yang banyak terjadi di jalur pendakian, ia berharap dengan hadirnya @malesnaikgunug dapat menyadarkan para pendaki mengenai pentingnya menjaga lingkungan selama proses pendakian. Ditahun 2019, atas masukan dari banyak pihak untuk membahas permasalahan sampah secara luas, bergantilah nama @malesnaikgunung menjadi @malesnyampah. Saat ini @malesnyampah memiliki 10,2 ribu pengikut di instagram dan pernah diajak berkolaborasi bersama Green Peace Indonesia membuat sebuah karya ilustrasi. Ilustrasi yang ia buat dikemas dengan penyampaian yang kritis agar pesan yang ingin disampaikan bisa secara mudah dipahami oleh orang yang melihatnya.

Nah, itulah tadi ke 5 akun sustainable illustrator yang bisa kamu temui di instagram. Kalian bisa menggunakan hasil karya mereka untuk mengkampanyekan isu lingkungan dengan tetap mencantumkan akun pembuatnya ya. Selain menarik, akun-akun tersebut juga dapat menjadi inspirasi dan motivasi teman-teman untuk belajar menganai karya seni ilustrasi. Sustainable illustrator menjadi pembuktian bahwa seni dapat menyelamatkan kehidupan.


24 tampilan0 komentar

©2020 by Cleanomic