• sekararum1

5 Akun yang Membahas Isu Hutan


Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, media digital dipilih banyak orang, instansi, maupun organisasi untuk melakukan campaign seputar isu apa saja yang perlu menjadi sorotan dunia. Isu Lingkungan merupakan salah satu diantaranya. Ada banyak hal yang menjadi pusat perhatian ketika berbicara mengenai kondisi lingkungan, salah satunya mengenai Kerusakan Ekosistem Hutan yang seringkali terjadi di dunia. Penyebabnya timbul dari berbagai macam sumber, mulai dari kebakaran hutan, alih fungsi lahan, penebangan pohon secara ilegal dan banyak lagi lainnya. Bagi kamu yang peduli terhadap kabar terkini kondisi Hutan di Indonesia maupun dunia dan ingin turut berkontribusi dalam menanganinya, berikut kami rekomendasikan 5 akun media sosial yang membahas mengenai Isu Hutan :


1. Lindungi Hutan (@lindungihutan)



Source : @lindungihutan

Lindungi hutan merupakan Platform digital di Indonesia yang berdiri pada September 2016 danmemiliki 100 ribu pengikut instagram. Lindungi Hutan didirikan dengan tujuan galang dana dan donasi untuk mendukung gerakan konservasi hutan di Indonesia. Platform digital ini membahas mengenai isu hutan dan melakukan berbagai projek penanaman pohon. Kamu bisa ikut berkontribusi menyelamatkan hutan di Indonesia dengan berdonasi atau menjadi volunteer dalam program “Magang Alam” selama 2 bulan dalam berbagai kegiatannya. Kamu juga bisa akses website https://www.lindungihutan.com/ untuk mengakses blog dan mengetahui lebih jelas mengenai profil mereka.


2. Indonesian Forester (@indonesianforester)

Source : @indonesianforester


Berikutnya adalah Indonesian Forester, akun instagram yang satu ini sangat cocok untuk kamu para rimbawan, yang hobi dan cinta banget dengan hutan. Memiliki 12,1 ribu pengikut di instagram, akun ini mendukung konservasi hutan melalui gerakan menanam pohon dan penjualan merchandise menarik yang identik sekali dengan rimbawan. Akun ini mendukung dan didukung oleh Fakultas Kehutanan dan Lingkungan di seluruh Indonesia.Halaman instagramnya diwarnai dengan berbagai webinar informatif, info menarik seputar hutan dan perjalanan project yang telah dilakukan. Jika kalian penasaran, lebih lengkapnya kalian bisa langsung follow instagramnya!


3. Hutan Itu Indonesia (@hutanitu.id)

Source : @hutanitu.id


Hutan Itu Indonesia (HII) resmi berdiri pada tanggal 22 April 2016, dan kini jumlah pengikut instagramnya mencapai 12,3 ribu pengikut. HII adalah gerakan terbuka yang percaya akan kekuatan pesan-pesan positif untuk menumbuhkan rasa cinta kepada hutan Indonesia. Beberapa aksi yang dilakukan HII sebagai upaya melestarikan hutan yaitu menyelenggarakan kampanye #Jagahutan, membuat konten “cerita dari hutan”, menjual produk merchandise bertajuk jaga hutan, dan aksi donasi dengan sebutan “Adopsi Hutan”. Kegiatan donasi dan pembelian merchandise jaga hutan dapat dilakukan melalui websitenya https://blog.hutanitu.id/.


4. Forest Digest (@forestdigest)

Source : @forestdigest


Forest Digest adalah bagian Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor dan berdiri sejak 17 Agustus 2016. Forest Digest memiliki jumlah pengikut instagram sebanyak 12,7 ribu pengikut. Platform ini mengkonsentrasikan kampanyenya pada isu hutan dengan mengangkat tema menonjol mengenai, rimbawan, kontribusi masyarakat terhadap hutan dan berbagai project yang berkolaborasi dengan lembaga kemasyarakatan. Bagi kalian yang ingin berkontribusi menghijaukan bumi, kalian bisa berdonasi lewat situs website Forest Digest https://www.forestdigest.com/donasi.


5. CIFOR Forest (@cifor_forest)


Source : @cifor_forest


Center for International Forestry Research (CIFOR) adalah badan penelitian isu hutan yang berdiri dengan tujuan untuk mengatasi faktor-faktor yang membantu atau menghalangi akses masyarakat pedesaan ke sumber daya hutan dan untuk menemukan cara yang lebih adil dalam mengelola hutan untuk produktivitas yang lebih baik. Saat ini CIFOR memiliki 9.194 pengikut di instagram. Pada halaman instagramnya kamu bisa menemukan berbagai konten menarik seputar pohon dan hutan, beberapa konten menariknya adalah “Bincang Hutan” dan “Let’s Talk Trees” podcast yang bisa kamu akses di Spotify.


Gimana, sudah cukup penasaran dan ingin segera menjadi bagian dari pahlawan hutan? Yuk mulai kebiasaan baik yang bermanfaat bagi bumi dimulai dari hal-hal kecil.


26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua