top of page

5 Cerita Seputar Islam, Haji, Qurban dan Kelestarian Lingkungan

Diperbarui: 9 Des 2023


Selamat Idul Adha!!! Setiap merayakan hari raya ini, pasti ada pembahasan seputar dampak lingkungan dari ritual tahunan yang dilaksanakan oleh umat Muslim di dunia ini. ⁠

Nah, untuk memperkaya dan memperluas wawasan kita seputar topik ini, yuk simak dulu 5 cerita menarik yang bisa kamu nonton di youtube atau dengerin di podcast yang bahas sudut pandang Islam tentang hari raya kurban, haji dan isu lingkungan pada umumnya.⁠


1. Quran and Qurban by Ecodeen

Webinar ini membahas tentang aspek kelestarian lingkungan dari ibadah Qurban yang merupakan kewajiban Muslim yang mampu setiap lebaran haji. Seperti yang kita ketahui, peternakan menyumbang 14,5% dari keseluruhan total emisi gas rumah kaca, sehingga apakah kemudian ibadah Qurban menjadi sesuatu hal yang tidak sustainable?


Simak diskusinya disini yah.


2. Sampah, Kedzoliman Terhadap Alam by YufidTV



Video singkat dari Yufid mengingatkan kita bahwa seorang muslim dituntut oleh syariat untuk bersungguh-sungguh menjaga kebersihan jalan. Hendaknya tidak membuang sampah-sampah kecuali pada tempat untuk membuang sampah. Karena syariat Islam itu mengajak umat untuk berlaku bersih.Pada video ceramah singkat kali ini Ustadz Johan Saputra Halim hafizhahullah menjelaskan tentang sampah yang merupakan bentuk kedzoliman terhadap alam.


3. Kurban Asik tanpa Plastik by Sustaination

Pada series #SustainTalks edisi Idul Adha, Tyas (CEO and Foundernya Sustaination) ngobrol-ngobrol dengan Habib Husein Ja'far Al Hadar untuk membahas berkurban yang baik untuk lingkungan maupun manusia, termasuk gimana caranya mengurangi sampah plastik sekali pakai dalam berqurban.


4. What does Islam say about the Environment by LSE


Video ini menceritakan bahwa Islam mengatur detail cara kita memperlakukan alam, misalnya cara kita berinteraksi dengan pohon, binatang, air dan lingkungan sekitar lainnya.Di video ini, Shaykh Abdal Hakim Murad juga menceritakan bagaimana Nabi Muhammad SAW memberikan contoh cara memperlakukan binatang-binatang dengan baik dan bahwa binatang dan alam juga memiliki hak-nya tersendiri sebagai sesama mahluk ciptaan Allah SWT.


5. Cerita Haji Minim Sampah by Cleanomic

Episode 16 dari session 1 Cleanomic Radio podcast adalah cerita singkat perjalanan Denia ketika berhaji.Ketika jutaan orang datang ke suatu tempat dalam waktu yang bersamaan, kebayang kan sampah yang mereka tinggalkan seperti apa? Tapi sebenernya kami yakin, masalah ini sebenernya bisa dihindari, buktinya di dalam masjid ga ada sampah kok!Simak ceritanya di Cleanomic Radio yang bisa kamu dengerin di spotify, apple podcast atau google podcast!

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page