• Sekar Arum

5 Local Creator Minimalism


Minimalisme merupakan gaya hidup sederhana, tidak berlebihan, dan lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Selain mengurangi biaya untuk pembelian barang-barang, gaya hidup minimalis juga mengurangi rasa kepemilikan dari suatu barang sehingga memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Less is More! Saat memilih menjalani minimalisme, kamu harus keluar dari zona nyaman dan diajak untuk berpikir ulang mengenai apa sih hal-hal yang menurut kamu esensial dalam hidup?


Nah, kalau di Cleanomic, kami kan emang seneng banget nih dengan topik yang bebau #CuanLestari, dan hidup minimalis itu akan menghemat pengeluaran bulananmu untuk hal-hal yang tidak perlu lho. Kamu juga bisa lebih mudah membereskan isi rumah dan mengkoordinir barang-barangmu, juga yang terpenting tidak menyebabkan menumpuknya barang bekas atau sampah yang tidak lagi bernilai jual di lingkungan. Mulai kebayang kan untungnya hidup minimalis?


Nah 5 akun dibawah ini akan menjadi inspirasi buat kalian untuk belajar hidup minimalis, yuk kepoin!


1. Fany Sebayang

Yang pertama, yuk kita kenalan dulu sama Fanny Sebayang. Ia adalah seorang minimalist yang super ramah dan suka berbagi tips dan trik hidup minimalis lewat chanel youtube dan instagramnya. Kalau kalian mengikuti chanel youtube atau instagramnya dari awal, kalian bisa liat gimana kak Fany dan suaminya mengisi furniture rumah beserta detail merk dan harganya dan ada home tour rumah minimalisnya yang homie banget. Kalau kepo sama furniture rumahnya, kamu bisa cek highlight ig nya yang judulnya "Bf Rumah". Ia juga suka berbagi tips food preparation, resep-resep makanan simpel nan enak, decluttering, DIY barang dari bahan bekas tidak terpakai, cleaning, tips fashion, berkebun, composting, self care dan masih banyak lagi yang lainnya deh. Plus, Fany juga baru aja punya punya baby, jadi Fany juga suka berbagi cerita tentang perlengkapan esensial untuk baby-nya. Kalian ga akan bosen buat mantengin instagram story maupun postingannya setiap hari!


2. Allan Fadlansyah

Siapa bilang kalau gaya hidup minimalis hanya identik dengan perempuan? Bukan berarti karena minimalis selalu berkaitan dengan kegiatan mengorganisir, decluttering dan kegiatan rumah lainnya, minimalis jadi dikonotasikan sebagai gaya hidup perempuan. Justru yang mengawali tren ini malah laki-laki lho! Ga percaya? Kita itu pasti udah sering dengar ya kalau isi lemari suami istri pasti pakaian istri paling mendominasi isi lemari sedangkan pakaian suami cuma satu rak aja. Sederhananya, mostly laki-laki merupakan makhluk yang suka simpel, mereka tidak suka menimbun barang yang tidak perlu, nah itu merupakan salah satu prinsip hidup minimalis. Jadi nih, kita kenalin sama Allan Fadlansyah seorang laki-laki yang cinta dengan gaya hidup minimalis. Selain instagram, Allan juga memiliki akun youtube dan spotify lho. Ia banyak membagikan konten tips dan trik bergaya hidup minimalis, mengenal hidup dengan rasa cukup, slow living dll.


3. lyfewithless


Lyfewithless merupakan komunitas minimalis Indonesia yang didirikan oleh Cynthia S Lestari pada Desember 2018 yang menyediakan ruang belajar bagi teman-teman yang ingin #BelajarjadiMinimalis. Lyfewith less percaya bahwa gaya hidup minimalis tidak hanya memberikan udara segar bagi ruang, tetapi juga bagi jiwa. Mereka percaya bahwa minimalisme melekat pada melepaskan, begitu dekat dengan rasa syukur dan kebahagiaan. Lyfe with less berfokus pada 4 kampanye nih yang punya hastag masing-masing. Yang pertama ada #BelajarJadiMinimalis, yaitu kampanye yang bertujuan mendorong orang Indonesia untuk mulai hidup dengan lebih sedikit barang dan mengerti arti "cukup" untuk mengurangi kebiasaan membeli dan menyimpan barang tak bernilai. Kedua #SalingSilang adalah wadah bagi anggota LWL untuk menjual, menukarkan atau memberikan secara gratis barang-barang decluttered mereka kepada anggota lain di grup telegram mereka. ketiga yaitu #PakaiSampaiHabis & #PakaiSampaiRusak yang menghimbau kepada masyarakat untuk bertanggung jawab atas barang-barang yang mereka beli dengan menggunakannya sampai habis atau rusak. Terakhir adalah #BijakBerkonsumsi, konten ini bertujuan mendorong orang untuk menjadi konsumen yang penuh perhatian dan sadar. Lebih lengkapnya kamu bisa check di link ini yaaa https://linktr.ee/lyfewithless .


4. Maurilla Sophianti Imron

Maurilla Sophianti adalah foundernya @zerowaste.id yang mudah-mudahan temen-temen udah ga asing lagi yahh. Muril sering membuat konten di akun instagram dan youtube-nya seputar dalam gaya hidup minimalis, dan travelling. Di halaman instagramnya ia membagikan pojok-pojok minimalis dirumahnya, berbagi tips mengorganisir barang, tips minimalist traveler, decluttering, tips DIY mainan anak dari barang bekas dll. Muril saat ini berdomisili di Belanda atau di Bali (sekarang lagi di Belanda) bareng suami dan anaknya, jadi seru deh ngikutin cerita sehari-harinya!


5. Odetoless

Odetoless merupakan salah satu akun favorit kami karena sangat inspiratif! Coba deh cek instagramnya, pasti kamu bakal terhipnotis dengan detail kontennya yang kece banget. Odetoless membagikan cerita si penulis yang menerapkan gaya hidup minimalis dirumahnya, ia berbagi cerita tentang istilah-istilah dalam minimalis lifestyle seperti decluttering dan tipsnya, inspirasi fashion minimalis bertajuk outfit repeater, dan challange-challange seru yang menarik untuk dicoba juga oleh kalian. Selain itu ia juga tetap menyelipkan nilai-nilai kehidupan yang dapat menjadi pengingat bagi kamu setiap harinya. Odetoless juga punya chanel youtube dan blog loh! Isinya seputar DIY barang dan tips-tips hidup minimalis, bisa klik link-nya disini yah https://linktr.ee/odetoless!

***

Seperti biasa, kalau kalian punya akun favorit yang isinya local content creator yang banyak membahas topik seputar minimalisme, bisa share di komen yah!





30 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua