top of page

5 Blog Yang Bahas Sustainability

Diperbarui: 12 Des 2023



Sustainability berfokus pada pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Konsep keberlanjutan terdiri dari tiga pilar: ekonomi, lingkungan, dan sosial, dsn memberikan keuntungan bagi planet dan manusia. Konsep hidup sustainability saat ini terus gencar di publikasikan untuk mendukung perubahan pola hidup dan pola pikir masyarakat mengenai kehidupan. Berikut 5 website yang dapat membantumu mengakses informasi mengenai sustainability :



Green Matters ditujukan untuk orang yang ingin hidup lebih berkelanjutan, melawan krisis iklim, dan belajar tentang keadilan lingkungan. Greenmatter memiliki tujuan untuk menginspirasi pembaca agar membawa perubahan sederhana pada kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari, dan juga memberdayakan pembaca untuk memperjuangkan hidup sustainability. Topik yang diangkat dalam situs websitenya membahas seputar Tren hidup berkelanjutan, Berita iklim, Pembuat perubahan lingkungan, Inovasi pangan dan energi, Konservasi, Keadilan iklim, Kesejahteraan hewan, serta Tips untuk hidup berkelanjutan.



Ecowatch didirikan pada tahun 2005 sebagai surat kabar lingkungan di Ohio, saat ini Ecowatch masih menjadi  platform digital yang didedikasikan untuk menerbitkan konten berbasis sains tentang masalah, penyebab, dan solusi lingkungan. Membahas mengenai berita lingkungan, panduan berbasis solusi, dan ulasan produk, ecowatch ingin memberdayakan pembaca, baik itu pemula maupun aktivis lingkungan untuk membuat keputusan yang terinformasi dan sadar lingkungan yang mendukung sustainability. Pada websitenya, secara spesific ecowatch memuat informasi mengenai climate change, laut, energi, makanan, science, hewan, politik lingkungan, dan juga kesehatan.


Pada April 2012, Mongbay.co.id beroperasi sebagai situs website bagian dari proyek Mongabay.com yang didirikan oleh Rhett A  Butler pada tahun 1999. Website ini didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan minat serta kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan di Indonesia. Mongabay.co.id memiliki fokus khusus pada hutan, tetapi juga menyediakan berita, analisis, dan informasi lain yang berhubungan dengan lingkungan. Sejak tahun 1999, Mongabay.com telah menjadi salah satu situs utama berbasis internet untuk berita, analisa dan informasi mengenai hutan tropis. Situs ini dikunjungi lebih dari dua juta pengunjung setiap bulannya, sehingga mendapat julukan “the most visited eco-focused” di internet.


Mongabay.com telah diakui sebagai sumber informasi mengenai hutan yang penting dan terpercaya oleh individu pada berbagai lembaga, baik dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sampai dengan Badan Pemerintahan dan Perusahaan Swasta. Mongabay.co.id menyediakan berita dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa asing.



Treehugger merupakan situs web berbicara mengenai sustainability yang memberikan saran, informasi, dan inspirasi bagi aktivis lingkungan maupun pemula yang sedang belajar untuk hidup ramah lingkungan. Didirikan pada tahun 2004, Treehugger kini memiliki lebih dari 120 juta pembaca setiap tahun. Websitenya berisi mengenai berita lingkungan yang meliputi perubahan iklim, polusi, bencana alam, transportasi, dan cara pengeolaan sampah. Informasi mengenai sains, agriculture, kesejahteraan hewan dan kesehatan, serta yang peling menarik Treehugger juga membahas mengenai arsitektur, tiny home, interior design, green design dan urban design.



SmartGreen Post adalah blog tentang masalah lingkungan, dari perubahan iklim hingga daur ulang yang didirikan oleh Mario Telesca, seorang ilmuwan komputer yang peka terhadapa masalah lingkungan. SmartGreen menyediakan berita dari seluruh dunia mengenai informasi tentang ekonomi hijau dan teknologi baru, saran untuk gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan sehat, serta pariwisata berkelanjutan. SmartGreen Post adalah bagian dari proyek Green yang lebih besar yang mencakup SmartRicicla, sebuah aplikasi untuk pengumpulan dan daur ulang terpisah yang tersedia di Italia, Inggris, Irlandia, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat. 

163 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page