top of page

Aspek Lingkungan dari Film Star Wars


Film Star Wars adalah salah satu waralaba film paling populer di dunia. Film-film ini telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia, dan mereka telah menjadi subjek banyak analisis dan interpretasi. Salah satu aspek yang menarik dari film Star Wars adalah penggambaran lingkungan.


Film-film Star Wars menggambarkan berbagai macam planet dan lingkungan, masing-masing dengan karakteristik dan tantangannya sendiri. Beberapa planet adalah planet yang indah dan subur, sementara yang lain adalah planet yang gersang dan berbahaya. Beberapa planet adalah rumah bagi makhluk hidup yang beragam, sementara yang lain adalah planet yang tandus dan tak berpenghuni.



Berikut adalah beberapa contoh aspek lingkungan dari film Star Wars:


Moisture Farmers


Sebelum jadi, Jedi, Luke Skywalker itu bekerja di Moisture farmers. Moisture farmers sendiri merupakan pemanen air di planet yang sangat gersang seperti Tatooine. Airnya dipanen menggunakan alat penguap uap air, yang mampu menghasilkan hingga dua liter air kental sehari. yang menarik saat ini udah ada juga loh startup yang membuat mesin panen yang direct water capture dari atmosfer, teknologinya diberi nama atmospheric water generator. 


Bahkan di India sudah ada startup yang panen air langsung bisa diminum, nama startupnya Uravu, mereka menggunakan pendekatan modularnya yang berbiaya rendah dapat memberikan cetak biru untuk pengambilan air di atmosfer yang lebih terjangkau dan berkelanjutan. teknologi yang mereka gunakan ini bisa menghasilkan 100 persen air terbarukan dengan energi terbarukan, yang dimanfaatkan dari sumber yang luas dan hampir tidak ada habisnya, dan tidak ada air limbah yang dihasilkan dalam prosesnya.


Selain itu ada juga startup Warka Water Inc. mereka membuat mesin air dari bambu. strukturnya dirancang untuk memeras air dari udara, sehingga menyediakan sumber H2O yang berkelanjutan bagi negara-negara berkembang.


Sampah Antariksa


Kebayang gak sih kalo perang antar bintang itu banyak banget Sampah luar angkasanya dimana-mana. sebelumnya juga minomic pernah bahas topik sampah antariksa di podcastnya cleanomic juga! 



walaupun keberadaannya ada di antariksa bukan di bumi tapi sampah ini dapat berdampak negatif pada Bumi. Sampah antariksa dapat mengganggu peluncuran satelit, menabrak satelit yang sedang mengorbit, atau bahkan jatuh ke Bumi. Bahkan, Para ilmuwan NASA dan pakar lainnya telah menyerukan perjanjian yang mengikat secara hukum untuk memastikan “sampah luar angkasa” yang disebabkan oleh industri luar angkasa yang sedang berkembang tidak mengancam aktivitas di orbit bumi.


Great Life Teachings from Yoda


Be Mindful


Jadi Jedi tentunya harus bisa mindful untuk lingkungan sekitar dan The Force tentunya. Hal ini sama dengan kita yang perlu banget memahami isu lingkungan dengan mulai lebih mindful dengan sekitaran kita.


Learn to let go


Yoda pernah bilang “Train yourself to let go of everything you fear to lose.” dan prinsip ini pas banget bagi kita, karena kalo kita lagi pengen banget belanja harus diinget dengan prinsip “pikir ulang” apakah ini aman buat lingkungan atau mendukung #cuanlestari atau enggak.


Kira-kira apa cerita lingkungan lain dalam film star wars yah?


Sumber


4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page