• Nurpita Sinurat

Bagaimana Menjamin Air Minum Aman Dari Hulu ke Hilir?



Setelah di podcast sebelumnya kita bahas pentingnya air minum dan sanitasi aman, kali ini kita akan dengarkan bagaimana cara menjamin air minum aman dari hulu hingga ke hilir.


Pernahkah kamu berpikir proses apa saja yang dilalui air sebelum kita mengonsumsinya? Ternyata, dari manapun sumber air seperti misalnya sumber air tanah atau perpipaan, air melalui proses yang panjang sebelum akhirnya kita mengonsumsinya, oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk menjaga sumber dan setiap proses yang dilewati oleh air untuk mendapat air bersih dan aman. Jaminan aman hulu hingga hilir ini penting karena air harus melewati berbagai macam tahapan dari sumber hingga akhirnya sampai ke konsumen dan di tiap tahap itu ada bermacam-macam risiko pencemarannya.


Di podcast episode kali ini kita akan dengarkan langsung dari para pakar yaitu bersama Bapak Anang Muchlis selaku Direktur Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang @kemenpupr dan dan Ibu Nanis Setiari selaku pejabat PDAM Kota Malang. @perumdatugutirta, apa yang sudah dilakukan supaya air minum tetap aman sampai ke rumah tangga, dan apa yang perlu dilakukan kita sebagai konsumen untuk ikut menjaga keamanan air ini.


Sebelumnya, Bapak Anang pernah bekerja di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum. Berdasarkan pengalaman beliau, permasalahan yang terjadi di Sungai Citarum termasuk ke dalam kondisi yang rumit dan saling keterkaitan, juga Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia. Sementara, terdapat 3 waduk di bawah Sungai Citarum yang airnya dipakai untuk supply air bersih di Jakarta. Jika kondisi Sungai Citarum buruk, maka akan berdampak pada supply air Jakarta. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kualitas dan kondisi Sungai Citarum.


Banyak masyarakat yang ketika melihat air sungai yang terlihat jernih menganggap air tersebut berkualitas baik dan aman, sementara menurut Ibu Nanis, air sungai yang kelihatan jernih tidaklah menjamin kualitasnya baik dan aman. Banyak tindakan masyarakat yang mungkin agak nyeleneh seperti membuang kotoran dan limbah ke hulu sungai, namun memanfaatkan air hilir sungai tanpa adanya pengolahan. Sementara, kualitas air yang tercemar di hulu sungai ketika sampai di hilir juga akan memiliki kualitas yang sama, karena tidak ada pengolahan air di tengah-tengah hulu dan hilir sungai yah teman-teman.


Nah, di podcast ini kita bahas tuntas, apa aja sih yang dilakukan pemerintah sebagai regulator serta dari sisi pelaku usaha penyediaan air, untuk memastikan air yang sampai di rumah kita itu aman!


Cek info dan jadwal seri diskusi lainnya di sini: www.nawasis.org

dan follow akun IG @rumahairminumsanitasi yah!

122 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua