top of page

Bisuk Abraham : Mendalami Ekonomi Berwawasan Lingkungan

Diperbarui: 7 Des 2023



Isu perubahan iklim ga bisa dipungkiri akan menjadi topik yang bakal kita bahas sehari-hari, sampai baru-baru ini António Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa akibat perubahan iklim saat ini sudah bukan lagi sekedar global warming, tapi global boiling. Pembahasan tentang iklim tuh luas banget sebenernya, dari mulai sejarah ke belakang, komitmen iklim yang sudah disepakati di tahun 2021, serta realisasi proses pengurangan emisi di lapangan. Banyak nih yang harus kita pelajari supaya bisa tune in dengan diskusi seputar isu iklim.


Indonesia punya peneliti ekonomi lingkungan, namanya Bisuk Abraham Sisungkunon, S.E, M.Sc., yang biasa dipanggil Mas Bisuk. Mas Bisuk ini pernah menjadi staf peneliti kelompok kajian ekonomi lingkungan di Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) hingga Februari 2023. Mas Bisuk menyelesaikan pendidikan S2 Agricultural Economics dari Københavns Universitet, Denmark dan S1 Ilmu Ekonomi dari Universitas Indonesia.




Mas Bisuk juga telah memperoleh pengakuan sebagai Certified Expert in Agricultural Finance dari Frankfurt School Sustainable World Academy serta Certified Sustainability Reporting Specialist dari National Center for Sustainability Reporting. Dalam beberapa tahun terakhir, Bisuk aktif bergerak di berbagai kegiatan penelitian seputar kelapa sawit berkelanjutan, rantai nilai tambah komoditas pertanian, valuasi lingkungan, ekonomi rendah karbon, dan manajemen sampah. Saat ini Mas Bisuk bekerja sebagai Green Economist di Prospera, Program Kemitraan Indonesia Australia untuk Perekonomian.

Oh iya! Cleanomic, pernah nih ngobrol bareng Mas Bisuk Abraham sebagai salah satu narasumber dalam series kolaborasi podcast bersama Yayasan Madani Berkelanjutan, podcast episode 1 ‘Biodiesel 101’.Pembahasannya menarik banget, karena kita ngobrolin BBN (Bahan Bakar Nabati) dari berbagai sisi, mulai dari ekonomi, lingkungan, sampai sosial.

Mas Bisuk juga menyebutkan satu jurnal penelitian yang ditulis oleh Yoyon Wahyono dengan judul "Assessing the Environmental Performance of Palm Oil Biodiesel Production in Indonesia: A Life Cycle Assessment Approach" - artikelnya bisa kalian akses disini. Dokumen acuan pemerintah Indonesia yang menjadi roadmap bagi transisi energi terbarukan serta pembangunan rendah karbon juga bisa di baca disini yah.

Kalau kamu penasaran dengan perkembangan kelapa sawit di Indonesia, asal-usul BBN, seberapa #cuanlestari BBN ini, dan tips untuk kita berkontribusi menjadi konsumen BBN yang bijak, yuk dengerin obrolan Mas Bisuk Abraham bersama Cleanomic di podcast yaa!




89 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page