top of page

Mengenal Buah Ajaib, Buah Lerak

Diperbarui: 8 Des 2023


Sumber : Canva

Untuk kamu yang sudah lama mengikuti Cleanomic tentunya sudah tahu mengenai buah lerak yang bisa menjadi alternatif dalam mencuci baju. Yuk, kita mengenal lebih dalam mengenai buah ini!

Apa itu buah lerak? Buah lerak ditemukan di belahan timur dan barat, tetapi berasal dari India dan Nepal. Buah lerak secara tradisional telah digunakan sebagai ekspektoran dan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk eksim dan psoriasis. Mereka adalah sekam, atau cangkang, dari buah yang dipanen dari sapindus mukorossi, pohon asli dari iklim hangat, hujan seperti yang ditemukan di Asia selatan.


Buah lerak di Indonesia zaman dulu dikenal juga sebagai rerek atau lamuran adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional yang zero waste. Buah ini banyak tumbuh di hutan Pulau Jawa dan orang-orang Jawa menyebutnya dengan nama Lamuran. Buah Lerak dapat tumbuh dengan liar di pohon yang tingginya mencapai 15 - 42 m dengan diameter batang 1 m. Bibit dari biji buah ini paling cepat berbuah saat usia 7 tahun dan meskipun sudah jarang dikenal dan didengar oleh masyarakat Indonesia, buah ini merupakan buah yang dikenal sebagai buah pembersih.

Lerak ini 100 persen alami dan biodegradable terutama karena serangga secara alami menjauhi saponin, jadi tidak perlu pestisida di dalam budidaya mereka. Dianjurkan juga jika kamu mencuci batik, buah lerak merupakan deterjen tradisional yang paling sesuai untuk menjaga warna batik kamu.


Buah lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Saponin bekerja sebagai surfaktan yang bisa mengangkat noda, minyak dan kotoran dari kain atau pakaian kamu saat di dalam air. Jadi, jangan kawatir noda di bajumu tidak terangkat ya. Walaupun buah lerak tidak menghasilkan buih busa yang biasa dilakukan oleh deterjen berbahan kimia, namun, biji lerak merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mencuci pakaianmu!

Buah lerak ini salah satu warisan nenek moyang yang juga bisa jadi sumber #cuanlestari loh! kabarnya ekspor biji lerak asal Bondowoso telah merambah beberapa negara, terutama negara jazirah Arab, khususnya Uni Emirat Arab. Jumlahnya pun mencapai sekitar 150 ton per tahun atau per musim. Bisa jadi potensi bisnis juga nihh.

Bagaimana cara pemakaian biji lerak untuk mencuci pakaian? Mudah banget! Setiap mencuci pakaian kamu hanya butuh 4 sampai 6 buah lerak yang dibungkus dalam kain kasa atau kain bekasmu, untuk setiap 1kg pakaian yang akan kamu cuci. Setelah kamu memasukkan pakaian mu dan rendam dalam air, lalu masukan buah lerak yang sudah dibungkus dan diikat ya jangan lupa sehingga biji lerak kamu tidak bertebaran ke dalam pakaianmu. Mudah kan?


Setiap buah lerak bisa kamu pakai hingga 10 kali pemakaian yah! Dikarenakan buah lerak ini merupakan deterjen tradisional tanpa bahan kimia, sebaiknya kamu bisa menambahkan essential oil sebagai pewangi pakaianmu. Beberapa essential oil yang menurut Cleanomic cocok adalah lavender atau citrus. Selamat mencoba! Jangan lupa share ceritamu ke social media Cleanomic yah!


Buat tau info, berita, dan cerita seputar #cuanlestari dan hidup yang berkelanjutan kamu bisa cek secara berkala website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa.



Sumber:


54 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page