top of page

Career in Sustainability

Diperbarui: 8 Des 2023



Green-jobs jadi topik yang sedang growing beberapa waktu terakhir, seperti dengan permintaan posisinya yang juga sedang meningkat, namun ketersediaan green-jobs talent ini masih terbatas. Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Linkedin dalam Global Green Skills 2023 Report, hanya ada 1 dari 8 orang yang memiliki green skils, sementara dalam lima tahun terakhir proporsi permintaan green jobs ini bertumbuh sebanyak lebih dari 5%. Sehingga, masih banyak loh peluang buat kamu yang mau berkarir di bidang ini.

Apa aja sih pilihan karir yang bisa menghasilkan cuan sekaligus berkontribusi untuk keberlangsungan lingkungan? Yuk kita cek jenis-jenis pekerjaannya!



Director of sustaianability

Tugas dari director atau manager of sustainability, adalah memonitor dampak kegiatan usaha perusahaan terhadap lingkungan dan melaksanakan program untuk mengurangi atau mengimbangi dampak tersebut. Dia harus dapat berkoordinasi dengan seluruh lini usaha dari mulai C level dan semua unit usaha, dari mulai marketing, operasional, logistik dan HR.  Sekarang bahkan sudah banyak program studi khusus sustainability management karena kebutuhan akan skill ini semakin banyak!


Advokat

Ehem, sebagai seorang pengacara, aku tahu banyak banget lho yang bisa kita kerjaain, dari mulai memberikan advis hukum kepada perusahaan yang mendukung sustainability practise, menangani penerbitan green sukuk atau sustainabilty bond (setiap public offering kaya gini perlu legal opinion dari advokat lho), melakukan kajian hukum terhadap hukum yang berkaitan lingkungan, dan memberikan jasa probono untuk kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan!



Ilmuwan (Scientist)


Scietist adalah pekerjaan yang sangat krusial untuk mengatasi krisis iklim, selain memonitor dampak yang ada, kita perlu scientiet utk terus membuat inovasi inovasi baru yang mendukung gaya hidup low carbon, dari mulai mobil elektronik, burger yang tidak dibuat dari daging, mesin penyerap karbon dan masih banyak lagi.


Koki (Chef)

Mengingat kebanyakan sampah di Indonesia adalah sampah organik dan daging adalah salah penyumbang emisi karbon terbesar, kamu bisa banget jadi chef yang mengadvokasikan pentingnya sistem pengeloaan makanan yang baik dan plant based diet.  Dengan membuat makanan plant based diet yang enak, kamu bisa mengajak orang-orang untuk lebih peduli lingkungan tanpa mengorbankan cita rasa!


Politisi (Politician)


Ini juga profesi yang penting banget, karena untuk mengatasi krisis iklim, perlu banget dukungan di level pemerintah dan UU.  Dengan jadi politisi, kamu bisa duduk di DPR untuk memperjuangkan lingkungan dari UU yang kamu bikin atau jadi pejabat yang mengeluarkan kebijakan-kebijakan ramah lingkungan!


Petani (Farmer)


Ketahanan pangan adalah salah satu hal yang akan terkena dampak krisis lingkungan, sebagai negara yang punya masyrakat banyak, dan lahan pertanian yang berlimpah, kita perlu banyak anak muda yang terjun ke dunia pertanian supaya industri pertanian kita makin canggih dan maju.  Kalau bisa sih, kita ga usah lah, import2 lagi dari luar.


Bankers


Ikutin kata-kata ku sustainable financing.  Yup sustainable financing must be our future.  Kalau semakin banyak bank atau investor yang mendanai proyek2 sustainable, maka porsi pendanaan untuk industri yang merusak lingkungan bisa ditekan kan.  Nah, bagaimana caranya ini supaya kita bisa menciptkan opportunity ini dan demand nya, supaya makin banyak bank yang akan mendanai proyek atau perusahaan yang ramah lingkungan!


Content creator

Masyarakat kan perlu edukasi, Perusahaan juga pasti punya budget kan untuk activation and marketing, nahh ini lah opportunity buat content creator untuk menyisipkan pesan-pesan tentang sustainability dalam konten yang kamu bikin!


Engineering



Buat yang sekolahnya jurusan teknik, peluang untuk jaga lingkungan besar banget. Sedikit contoh dari super banyak contohnya adalah merancang sistem transport yang efisien, riset bahan bakar yang renewable, rekayasa lingkungan supaya kegiatan manusia bisa tidak merugikan lingkungan, dan efisiensi sistem produksi-distribusi; semuanya termasuk dalam lingkup engineering. Apalagi dengan growing concerns tentang lingkungan seperti saat ini, mainstreaming isu lingkungan dalam studi kasus di banyak jurusan teknik pasti sudah banyak dilakukan.


Architect

Sebagai bagian dari engineering, profesi ini juga penting banget, karena membangun kebiasaan gaya hidup sustainable dan sadar karbon kan harus dimulai dari rumah and then kantorr sebagai rumah kedua. Buat yang profesinya arsitek bisa banget ini setiap kali ada proyek baru selalu kasi ide ke kliennya untuk bikin rumah atau gedung yang low carbon dan ramah lingkungan, sekaligus mengembangkan teknik teknik design rumah yang berbasiskan lingkungan.  Contohnya seperti apa, bisa liat di episode minisponsible house!


***

Seru kan? Buat kamu yang punya #GreenJobs atau kenal orang yang punya #GreenJobs keren lainnya, jangan lupa share di komen dan taq mereka yah!

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page