• Karuna Devi Tanuwidjaja

#CuanLestari Eco-Gift Ideas


Halo halo! Liburan akhir tahun kurang afdol ya rasanya, kalau gak ngasih sesuatu ke orang-orang yang sudah jadi support system buat kita selama ini. Jadi, sesuai janji, Minomic mau ngasih inspirasi kado-kado ramah lingkungan untuk memeriahkan liburan akhir tahun kalian, nih. Semua kategori produk ini pastinya mendukung bisnis-bisnis berkelanjutan dan sesuai dengan konsep #CuanLestari. Mau tahu apa saja produknya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini berikut tautannya yah.


A. Luxury Gift (above 500k)

  1. Carbon Eco-Trip by CarbonEthics: berwisata menikmati keindahan alam sekaligus terlibat langsung dalam upaya konservasi, misalnya menanam mangrove, transplantasi terumbu karang, dll.

  2. Sustainable fashion by SukkhaCitta: handmade clothes yang dibuat menggunakan bahan-bahan baku berkelanjutan (termasuk memanfaatkan hasil upcycling limbah pertanian dan pewarna alami), sekaligus memberdayakan para perempuan lokal.

  3. Edible landscaping service by Kebun Kumara: pembuatan urban edible garden di lokasi yang ditentukan konsumen menggunakan prinsip permakultur, disesuaikan dengan kapasitas lahan, kerumitan pengerjaan, dan preferensi konsumen.

  4. Recycled bag by Threadapeutic: aksesori (tas, dompet, dan masker) yang dibuat menggunakan bahan-bahan sisa usaha tekstil.

  5. Furniture by Contureobjects: furnitur, seperti kursi, pot tanaman, asbak, dan sebagainya yang dibuat menggunakan campuran sampah iplastik, puntung rokok, dan masker bekas.

  6. Sustainable shoes by PijakBumi: sepatu yang terbuat dari bahan-bahan alami minim kimiawi (kulit sapi yang disamak dengan tumbuh-tumbuhan, serat kenaf, dan karet murni) yang juga bersifat biodegradable dan dapat didaur ulang.

  7. Water filter by Terrawater: penyaring air berbahan baku keramik yang dapat digunakan untuk menyaring air hujan ataupun air dari sumber-sumber lain, misalnya danau atau sungai.

  8. Recycled flatshoes by From Finest Creatures: flatshoes perempuan berbahan baku hasil daur ulang botol plastik

B. Budget Gift (below 500k)


  1. Plant seeds by Sebumi.id: paket menanam yang terdiri dari masing-masing dua pot, sekop mini, bibit tanaman, dan media tanam beserta petunjuknya.

  2. Recycled earrings by Charcy: anting estetik yang dibuat menggunakan hasil upcycling sampah plastik.

  3. Recycled notebook by Stumble Note: buku berbahan dasar kertas daur ulang.

  4. Zero waste product hampers by Ecossentials: hampers berisi produk-produk penunjang gaya hidup minim sampah, yaitu satu set alat makan berbahan bambu serta collapsible cup berbahan silikon food grade dan BPA free.

  5. Traditional handycraft by Noesa: aksesori etnis berbahan baku tenun tradisional asal NTT, yang dibuat langsung oleh para perempuan lokal NTT.


C. Make-up and Personal Care

  1. Paket Akhir Tahun by Yagi Natural

  2. Bare Confidence Holiday Gift Set by Runa

  3. Festive Hope and Renewed Joy Hampers by Segara Natural

  4. Christmas Gift by The Body Shop

  5. Bali Survival Kit and Relaxation Wellness Set by Sensatia Botanical

  6. Eco-friendly Toiletries Hampers by La Natura


D. Food and Beverages

  1. Vegan Ice Cream by Orvia Coffee and Vegan Gelato: tiga varian es krim vegan yang dikemas dalam satu hampers. Es krim dibuat menggunakan bahan-bahan yang ditanam secara lokal; tanpa pengawet, penambah rasa, dan pewarna buatan; serta tidak menggunakan produk susu dan telur.

  2. Local snacks by Lakoat Kujawas: camilan khas masyarakat lokal Mollo, NTT.

  3. Locally-made products by Gerai Kabupaten Lestari: berbagai produk lokal hasil olahan masyarakat kabupaten yang termasuk dalam kelompok Kabupaten Lestari. Hasil olahannya mencakup beras organik, abon ikan, madu hutan, bawang goreng, produk jahe dan telang, kopi, virgin coconut oil, dan sebagainya.

  4. Local-based rice box by Nasi Peda Pelangi: nasi dari beras organik khas Sragen yang dilengkapi dengan berbagai varian menu lokal.

  5. Coffee and pastry by Anomali Coffee: cara baru menikmati kopi tanpa harus khawatir dengan sampah kemasannya. Anomali bekerja sama dengan Foodpak Bio Natura, menggunakan kemasan kertas biodegradable dan compostable (tanpa pelapis plastik di dalamnya, digantikan oleh teknologi pelapis dispersi berair).

  6. Forest honey by Madu dan Laut: madu asli hutan Baduy yang dipanen secara manual oleh masyarakat adat Baduy sendiri.

  7. Organic foods by Warung Kebunku: berbagai variasi sayuran, frozen foods, serta makanan jadi yang berbahan baku sayuran organik lokal dan daging probiotik (bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia apapun).

  8. Herbs and spices tea by Agradaya: rempah-rempah hasil budidaya petani lokal (Yogyakarta dan Jawa Timur) yang diproses menjadi bubuk siap seduh.


E. Books

  1. Hemat (Sampah) Pangkal Kaya by Denia Isetianti dan Aldy Mardikanto: di dalam buku ini, mbak Denia dan mas Aldy memaparkan tips-tips supaya kita bisa mengurangi sampah yang dihasilkan sehari-hari nih.

  2. Menuju Rumah Minim Sampah by DK Wardhani: hampir sama juga seperti buku Hemat (Sampah) Pangkal Kaya, di buku ini juga banyak tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah yang dihasilkan.

  3. The Life-Changing Magic of Tidying Up by Marie Kondo: buku ini mengajarkan metode KonMari ala Marie Kondo, yaitu melakukan decluttering (membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi) serta memulai cara berbenah yang efektif.

  4. Zero Waste Adventure by Siska Nirmala: berisi pengalaman dan tips-tips dari mbak Siska, seorang petualang yang terbiasa menerapkan gaya hidup zero waste pada setiap pendakian yang dilakukannya.

  5. Mengompos itu Mudah by DK Wardhani: berisi tips-tips mudah mengompos di rumah, seperti yang biasa dilakukan oleh mbak DK Wardhani. Kalian bisa dengerin juga podcast Cleanomic bareng mbak DK Wardhani di sini, yaaa..

  6. Sustaination by Dwi Sasetyaningtyas: berisi urgensi pentingnya pola hidup ramah lingkungan serta tips-tips memulai perubahan gaya hidup menjadi ramah lingkungan di rumah.


F. Kids’ Stuff

  1. Eco-board game by Ecofunopoly: permainan monopoli yang dibuat secara khusus untuk mengedukasi anak-anak tentang isu lingkungan.

  2. Education card game by Wilah: kartu edukasi anak berisi perkenalan tentang jenis-jenis sampah dan kategorinya.

  3. Montessori game by Game Montessori: berisi media belajar seru bersama anak, mengenalkan tentang lapisan atmosfer bumi dan siklus air.

  4. Education book (Ramuan Ajaib Penyelamat Negeri) by Dwi Sasetyaningtyas dan Emmanuelle Elizabeth: buku bertema cinta alam dan lingkungan yang tidak hanya mengedukasi tentang pentingnya mencintai alam dan mengenal budaya Indonesia yang menarik, tetapi juga mengasah imajinasi anak dan menghibur karena disajikan dengan ilustrasi lucu.

  5. Handmade craft by Fili Craft: boneka dan tas handmade lucu yang dibuat dari hasil upcycling kertas atau kain bekas.

G. Non-gift Gifts

  1. Gardening workshop by Kebun Kumara: workshop dapat dilakukan secara offline dan online, meliputi basic gardening, home composting, pest control, seedling, dan soil workshop. Oh iya, jangan lupa dengerin podcast Cleanomic bareng kak Sandra dari Kebun Kumara di sini, yaa..

  2. Jogging date at GBK: sangat menyenangkan yaa bisa menikmati quality time bersama pasangan di hutan kota GBK. Saat ini, hutan kota GBK dibuka untuk dua sesi per harinya, yaitu sesi 1 (pukul 06.00-10.00) dan sesi 2 (pukul 15.00-18.00).

  3. Workshop by Kertabumi Recycling Center: kebetulan, di bulan Desember ini, Kertabumi Recycling Center menawarkan tiga workshop gratis nih, yaitu tentang pendirian bank sampah, pengelolaan sampah organik, dan pembuatan skincare natural.

  4. Nature camping by Glamping Legok Kondang: di sini kalian dapat menikmati keasrian alam langsung dari depan penginapan, loh. Kalian juga bisa berenang dikelilingi pemandangan yang sangat menenangkan ini.

  5. Tree adoption by Yayasan ASRI: kalian dapat berdonasi untuk mengadopsi bibit pohon, yang nantinya pada pohon tersebut akan ditempelkan nama kalian atau orang yang kalian kadokan. Selain berkontribusi terhadap penyerapan karbon, melalui adopsi pohon, kalian juga telah membantu perawatan kesehatan masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat.

  6. Green mutual funds by Yayasan KEHATI: melalui reksadana ini, kalian telah bersumbangsih terhadap perlindungan keanekaragaman hayati di Indonesia melalui pelaksanaan program CSR.

  7. Coral adoption by CarbonEthics: kalian dapat berdonasi untuk mengadopsi baby coral yang nantinya akan ditransplantasikan ke dasar laut. Adopsi tersebut bisa diberikan ke orang tercinta sebagai kado atas nama mereka, lho. Dengan melakukan ini, kalian sudah turut membantu menciptakan rumah-rumah baru bagi biota laut nantinya.

Semoga kumpulan referensinya membantu yah dalam pilihan kalian memilih hadiah tahun ini dan tahun-tahun berikutnya!


117 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua