top of page

Arrum Harahap: Mewakili Indonesia Dalam KTT Iklim Pemuda PBB

Diperbarui: 7 Des 2023


Arrum-Harahap

Cleanomic berbincang dengan seorang anak muda yang keren banget di salah satu episode podcast Cleanomic Radio. Namanya Arrum Harahap, salah satu anak bangsa yang mewakili Indonesia bersama ratusan anak muda lain dari seluruh dunia untuk menghadiri KTT Iklim Pemuda PBB pertama di dunia yang diselenggarakan di New York pada tahun 2019. Arrum terpilih menjadi salah satu delegasi dari 7 ribu lebih pendaftar yang ingin mengikuti acara itu. Dari sekian banyak pendaftar, dipilih 500 orang dan Arrum salah satunya.



Arrum berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara, yang saat itu merupakan mahasiswa Universitas Andalas jurusan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Rasa kepeduliannya terhadap lingkungan bermula dari berita yang dibacanya di sosial media, tentang orang utan yang kehilangan rumah mereka. Hal ini kemudian memicu kepekaan Arrum terhadap lingkungan dan mulai berpikiran kritis terhadap isu-isu lingkungan dimulai dari hutan di sekitar rumahnya.


Kemudian Arrum aktif menjadi anggota pemuda pegiat lingkungan-iklim dan pengurus Youth For Climate Change Sumatra. Arrum juga bekerja dalam NGO yang bergerak dalam perlindungan Orang Utan sekaligus menjadi pengajar dalam kelas edukasi tentang climate change ke anak-anak SMP dan SMA. Keren banget ya!

Arrum mengambil pendidikan di Universitas Andalas dengan mengambil Master of Science. Dan pada tahun 2019, Arrum melanjutkan pendidikan ke jenjang Phd di universitas yang sama. Pengalaman yang Arrum miliki cukup banyak, mulai dari menjadi Researh and Development Officer di Youthtopica pada tahun 2020. Lalu menjadi Visiting Reasercher pada 2022-2023. Dan saat ini Arrum aktif menjadi Scientific Reasercher di Universitas Andalas, Project Manager di Green Justice Indonesia serta menjadi Project Lead di Australia-Indonesia Research Collaboration Grants 2023.

Setelah aktif berkegiatan di berbagai organisasi yang berhubungan dengan isu lingkungan, Arrum merasa anak-anak muda juga perlu mengambil posisi dalam isu perubahan iklim. Dan beruntungnya PBB memberikan ruang kepada anak-anak muda yang ingin menyuarakan keresahan mereka tentang perubahan iklim yang nantinya akan berdampak pada kehidupan yang akan datang. Arrum merasa sangat beruntung bisa mewakili Indonesia dalam acara KTT Iklim Pemuda yang diselenggarakan oleh PBB.



Contact Arrum Harahap

Lokasi : Jakarta


215 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page