top of page

Equatora Capital: Investasi Berkelanjutan Di Indonesia


Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan kekayaan alam yang melimpah, memiliki potensi besar untuk mengembangkan investasi lestari atau yang dikenal sebagai impact investment. Di tingkat lokal, menjadi lanskap yang penting untuk menggalang dukungan dan membangun ekosistem yang mendukung perkembangan investasi lestari. dalam hal ini salah satunya Equatora Capital.


Equatora Capital merupakan program dari Supernova Ecosystem yang menyediakan jasa pengelolaan investasi dengan menciptakan portofolio perusahaan Nature-based Solution yang lebih berkelanjutan dan terukur. Supernova Ecosystem sendiri adalah organisasi katalis yang mendukung perkembangan investasi lestari (impact investment) di wilayah kabupaten di Indonesia. Supernova beraksi dalam tiga ekosistem yakni ekosistem pengembangan, ekosistem perusahaan dan ekosistem pemerintah.


Salah satu upaya yang dilakukan untuk menarik investor mainstream, Equatora Capital dan Supernova menyelaraskan kepentingan para stakeholder dengan menyediakan pelacakan yang transparan dan intervensi yang efektif, serta membentuk kemitraan dengan berbagai pihak yang terlibat. Mereka percaya bahwa setiap orang mempunyai sesuatu untuk ditawarkan.


Di sisi lain, mereka melihat pasar investasi berdampak di Indonesia belum terintegrasi secara penuh, sehingga menghambat upaya untuk melindungi lingkungan, mengurangi kemiskinan, dan mendorong kewirausahaan. Tujuan utama Supernova dan Equatora Capital adalah menjembatani kesenjangan tersebut dan menciptakan peluang pembangunan di bidang-bidang yang berfokus pada nature based solution.


Untuk mencapai hal tersebut, mereka menawarkan opsi pendanaan alternatif kepada Badan Usaha Berkelanjutan (UMKM) yang beroperasi di dalam atau berdampak pada wilayah yurisdiksi. Dengan memanfaatkan hilirisasi, merekai meningkatkan nilai produk potensial dan meningkatkan nilai ekonominya. Pendekatan ini berkontribusi terhadap konservasi hutan dengan mengurangi kebutuhan akan eksploitasi lahan lebih lanjut.


Cara kerja Equatora Capital adalah dengan berperan sebagai solusi pencocokan investor dengan pelaku usaha yang tepat, dengan mempertimbangkan jumlah dana dan tujuan sektor yang akurat. Equotora Capital menghubungkan investor dengan kepedulian lingkungan pada UMKM hijau yang sesuai dengan latar belakang investor tersebut, dan memastikan bahwa jumlah dana yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha untuk menghindari risiko investasi.



Di sisi lain, Equotora Capital memberikan pendampingan pada perusahaan-perusahaan Nature-based Solution yang berfokus pada pembangunan tata kelola internal penting yang diperlukan untuk meningkatkan skala secara bertanggung jawab, seperti memproyeksikan pertumbuhan bisnis yang bersifat berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial, menetapkan sistem manajemen yang tahan lama, dan keunggulan operasional.


Informasi lebih lanjut bisa kalian cek website mereka ya!


Sumber : 


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page