top of page

Ranah Bhumi : Panca Pangan Nusantara

Diperbarui: 12 Des 2023



Rempah-rempah dan sumber daya alam Indonesia memang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia punya produk unggulan yang ditanam, dipanen dan dibuat oleh warga lokal.


Kali ini Minomic mau unboxing paket spesial dari Ranah Bhumi yang bernama Panca Pangan Nusantara. Mengusung tema kemerdekaan Indonesia, paket ini istimewa banget. Panca artinya lima dan Pangan Nusantara artinya bahan makanan khas nusantara dan paket ini secara khusus dikurasikan oleh tim Ranah Bhumi dari petani-petani lokal di Indonesia yang terdiri dari 5 item. Nah, sebelum buka paketnya, kenalan dulu yuk sama Ramah Bhumi. Ranah Bhumi merupakan bulkstore yang ada di Jogjakarta yang menyediakan produk-produk berkualitas dari petani lokal yang telah terkurasi.


1. Beras Merah dan Mentik Susu dari Magelang

Magelang adalah salah satu daerah penghasil padi organik terbesar di Indonesia. Beras Merah dan Mentik Susu atau disebut juga menthik wangi susu ini adalah produk unggulan pertanian mereka. Bahkan, beras mentik susu mendapat julukan beras jepang-nya Indonesia, lho. Mengapa disebut mentik susu? Karena jenis beras ini pulen dan punya wangi yang mirip dengan aroma susu. Kandungan zat amilosa pada beras ini tergolong rendah dan teksturnya mirip ketan sehingga cocok untuk dibuat sushi atau mango sticky rice.


2. Garam Laut dari Kebumen

Produk garam laut dari kebumen adalah salah satu garam yang punya kandungan NaCl (Natrium Klorida) di atas 95% dan sudah memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia) serta izin BPOM. Oh iya, wadah garam yang Minomic terima juga unik. terbuat dari tanah liat alias tembikar, jadi eco-friendly.


3. Gula Aren dari Baduy

Suku Baduy memang terkenal dengan cara hidup yang menyatu dengan alam. Gula aren yang diproduksi oleh masyarakat Baduy berasal dari air pohon nira yang kemudian diolah dengan cara tradisional sehingga menghasilkan gula aren dengan kualitas unggul.


4. Bawang Putih Lokal dari Temanggung

Hampir selalu ada di masakan Indonesia, bawang putih ini istimewa banget. Bawang putih lokal Temanggung dikenal memiliki siung yang lebih besar, lho. Sudah pasti jadi lebih semangat masak, nih.


5. Bawang Merah Lokal dari Bantul

Ditetapkan sebagai salah satu komoditas lumbung pangan nasional, bawang merah dari Bantul, Jawa Tengah ini melengkapi paket nusantara yang Minomic terima. Dikepang menjadi satu bersama bawang putih, melambangkan warna bendera Indonesia. Oh iya, kulit bawang merah yang direndam di dalam air lalu disaring, juga bisa jadi pestisida alami untuk tanaman.


Mau nonton keseruan unboxing paket Nusantara ini?



Ketika membuka paket, Minomic juga menemukan catatan kecil dari Ranah Bhumi. Minomic sampai terharu banget serta merinding sendiri karena bisa ngerasain bahwa tim Ranah Bhumi bener-bener put their heart and effort untuk bisa membuat paket nusantara ini. We truly love their values; semangat gotong royong untuk membantu petani lokal, berpetualang untuk mencari produk-produk lokal berkualitas, plus berjualan dengan konsep #Zerowaste #Bulkstore.


Yuk sama-sama dukung Ranah Bhumi dan para pengusaha lokal Indonesia untuk terus berkembang dan lebih sejahtera. Follow instagram dan pesan produknya di @bhumibuvana_jogja ya!


Contact Ranah Bumi

Lokasi : Jogjakarta

Founder : Bukhi P Putri


38 tampilan0 komentar
bottom of page