top of page

Innandya Irawan : Perjuangan Membawa Perusahaan Menjadi Zero Waste Company

Diperbarui: 7 Des 2023


Memulai mengurangi sampah dari diri sendiri merupakan hal yang tidak mudah, namun jika ada niat pasti bisa. Kebayang ga, kalau mulai mengubah gaya hidup zero waste satu perusahaan? Itulah yang dilakukan oleh Innandya Irawan, Project Lead BP Green.


Di episode podcast kali ini, Cleanomic bersama dengan #ecoheroine Indonesia, Innandya Irawan membahas mengenai perjuangan membawa satu perusahaan menuju zero waste dari BP Green Project. BP Green merupakan suatu proyek berkelanjutan yang diinisiasi oleh Innandya dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik di perusahaan BP Oil and Gas sejak Oktober 2018 hingga hari ini. BP merupakan salah satu investor asing terbesar yang telah ada di Indonesia selama 70 tahun dan terus berkomitmen untuk pemenuhan energi di Indonesia. Berawal dari mengikuti konferensi One Young World, Innandya terinspirasi untuk membawa perubahan dalam aktivitas perusahaan mengurangi sampah plastik.



Innandya pun membahas pengalamannya sendiri dari suka duka membawa perubahan yang menyangkut perubahan gaya hidup dan mindset orang-orang di perusahaannya. Ia memulai dengan mengajak diskusi Head of Country BP Oil terkait inisiasi program ini. Sebagai project lead, Innandya merasa beruntung memiliki team yang solid dalam membantunya mewujudkan visi dan misi BP Green. Sudah banyak kegiatan BP Green yang dilakukan demi mengubah gaya hidup karyawannya dalam mengatasi sampah plastik yang dimulai dengan edukasi aktivitas ramah lingkungan lewat banner atau poster.


Saat ini sudah banyak perubahan yang dilakukan di kantornya, seperti mengganti sponge cuci piring menjadi loofah, menyiapkan kontainer makan dalam berbagai ukuran, dan masih banyak lagi yang dibahas di podcast ini. Keren ya! Untuk tahu lebih banyak mengenai pioneer-pioneer low carbon lainnya di BP kamu bisa klik link di sini ya.


Saat ini Innandya masih aktif untuk membuat gerakan gerakan ramah lingkungan, salah satunya dengan membentuk startup lingkungan CarbonEthics. Untuk mendengarkan cerita lengkap bagaimana Innandya dan BP berproses menjadi Zero Waste Company dan langkah apa saja yang kamu bisa lakukan untuk menghijaukan bumi bisa dengarkan podcast Cleanomic dengan Innandya Irawan yaa. Mengutip sedikit quote pada podcast kali ini, “Good intention will make good impact.




51 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page