top of page

Plastavall Solution: Jasa Pengelolaan Sampah Dengan Pendekatan Ekonomi Sirkular


Ketika kita berbicara tentang sampah, seolah tidak lagi menjadi masalah ketika sudah diangkut ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) atau Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Faktanya, masalah sampah tidak berhenti di TPS ataupun di TPA, karena timbunan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menumpuk dan menimbulkan masalah baru. 


Berkenalan dengan Plastavall Solution, Bea Bethari dan Reza Tarik mendirikan usaha sosial bernama Plastavall Solution di tahun 2016 yang berfokus pada pengumpulan, pengelolaan, pengolahan, edukasi dan konsultasi sampah. Tujuan utama didirikannya Plastavall Solution adalah agar sampah memiliki sirkular ekonomi yang baik dan sekaligus berkontribusi pada penyelesaian permasalahan sampah, khususnya di wilayah Bandung Raya.


Plastavall memiliki beberapa program utama diantaranya adalah Plastavall waste management dan edukasi mengenai pengelolaan sampah. 



Layanan jasa Plastavall Waste Management meliputi pengangkutan, pengelolaan dan pengolahan sampah, jasa ini bisa digunakan untuk kalangan rumah tangga, sekolah atau komersil, bahkan hingga event, konser, dan wedding. Plastavall Waste Management terbagi menjadi 2, yaitu Plastavfall Waste Management-Commercial (PWM-C) dan Plastavfall Waste Management-Private (PWM-P).


PWM-C adalah program pengangkutan, pengelolaan dan pengolahan sampah untuk tempat usaha komersil. Program ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yaitu mendapat modul edukasi atau petunjuk pemilahan sampah, mendapatkan pinjaman Composter Bin/Wadah Sampah Organik yang pada setiap penjemputan sampah akan ditukar dengan yang kosong (Swap Composter Bin), dan penjemputan sampah terpilah ke lokasi.


Nah kalau PWM-P, biasanya diikuti oleh perorangan atau rumah tangga. Kamu yang ikut program ini berarti termasuk dalam geng #keluargapilah! Fasilitas yang didapat sama dengan PWM-C, namun kamu akan dapat keuntungan lebih yaitu mendapatkan hasil pangan setiap bulan dari @backyardplastavfall yang ditanam secara organik dengan memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga, atau istilahnya Waste To Table! Ngirit uang bulanan buat beli sayur kaan?



Semua sampah terpilah dari program PWM-C dan PWM-P akan dikelola dan diolah secara bertanggung jawab oleh Plastavall Solution. Saat ini, layanan waste management dari Plastavfall Solution mencakup wilayah Kota Bandung, Kab Bandung, Kab. Bandung Barat dan Kota Cimahi.


Plastavall juga mengadakan program edukasi sampah loh. Kamu bisa pilih edutrip dilingkungan Plastavall Solution atau mendatangkan Plastavall ke sekolah, event atau komunitasmu.


Kalau tempat usaha kamu menghasilkan ampas kopi yang cukup banyak, kamu bisa pakai jasa pick up Plastavall Solution yang akan dijemput sebulan sekali. Ampas kopi kamu akan masuk ke program Waste To Table. Waste to table merupakan sebuah ide tentang pengolahan sampah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga sebagai nutrisi alami untuk sayuran yang ditanam di @backyardplastavall. Waste to table sudah berjalan sejak tahun 2020 dan dalam kurun waktu 1 tahun Plastavall berhasil menjaring 150 rumah tangga dengan jumlah sampah organik yang berhasil diolah sebanyak sebanyak 4735,2 Kilogram.


Kamu yang tertarik menggunakan jasa Plastavall Solution untuk kebutuhan individu maupun perusahaan, bisa simak info lengkapnya disini ya. Waktu penjemputan, jumlah sampah terangkut, serta ketentuan lainnya bisa disesuaikan dan didiskusikan. Yuk bersama-sama gotong royong dalam membawa Perubahan Sistem Persampahan!

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page