top of page

Sampah Makanan di Indonesia

Diperbarui: 8 Des 2023



Sejumlah riset menyebutkan bahwa selain memegang rekor penghasil sampah nomor dua terbesar, Indonesia ternyata juga penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi. Sampah makanan ini berasal dari rantai distribusi serta yang dihasilkan dalam rumah tangga. Hal ini sebenarnya sangat ironis mengingat bahwa masih ada 18 juta orang di Indonesia yang mengalami malnutrisi. Selain itu, sampah makanan atau sampah organik yang sebagian besar tidak dipilah juga menimbulkan masalah lain.

Penumpukkan sampah sisa makanan bisa menjadi suatu hal yang dapat dihindari dengan cara menyumbangkansisa makanan ke lembaga atau startup yang menerimanya. Sekarang sudah ada temen-temen dari @gifood.id dan @foodbankindonesia yang menerima sumbangan makanan berlebih untuk disalurkan kepada yang membutuhkan Atau ada juga @surplusindonesia yang dapat menjualkan makanan berlebih kamu dengan harga 50%.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu mengurangi sampah sisa makanan, yang pastinya tips ini mudah banget buat kamu praktek kan!



1. Biasakan membawa kotak makan

Coba perhatikan saat kita titip pesan makan siang di kantor atau titip pesan lewat ojol, berapa banyak kemasan yang jadi sampah? Mulai dari plastik bawaan, sachet, kertas makanan, alat makan sekali pakai, tisu, apa lagi? ⁠

Kalau dipikir-pikir sampah yang kita hasilkan setiap hari ini adalah sebuah masalah yang kita ciptakan; dan hanya karena kita buang ke tempat sampah yang dalam beberapa jam saja akan dikosongkan, terus lupa, bukan berarti masalah itu selesai atau hilang tapi sebenarnya hanya berpindah tempat dan menjadi masalah bagi orang lain.

Solusinya mudah kok, tinggal bawa kotak makan sendiri dari rumah terus belanja tanpa kemasan, makan di tempat sama temen-temen (atau sendiri), atau biasain bawa makan siang dari rumah. Yuk coba terapkan setidaknya 1 kali dulu dalam seminggu, lalu ditingkatkan lagi jadi 2 kali dalam seminggu, sampai kita terbiasa. Bisa kan?⁠

Kamu juga bisa membiasakan diri membawa kotak makan kemana-mana seperti kotak makan lipat yang mudah untuk dibawa-bawa dalam tas kamu, supaya kalau lagi makan di luar kemudian bersisa, bisa kamu bawa ke rumah untuk makan berikutnya di rumah.


2. Meal prep untuk menghindari food waste

Biasakan juga untuk berbelanja produk makanan secukupnya, #mealprep dan meal planning agar semua belanjaan terencana dengan baik, mengurangi sampah sisa makanan dan jangan lupa pakai reusable bags saat berbelanja!


Buat kamu yang tertarik untuk belajar tentang hidup yang berkelanjutan, kamu bisa cek secara berkala pada website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa!



12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Σχόλια


bottom of page