top of page

Capture : Tracking Your Carbon Footprint

Diperbarui: 7 Des 2023



Episode kali ini, Minomic ngobrol dengan Josie Stoker salah satu founder dari Capture sebuah startup dari Singapura yang bikin aplikasi untuk nge-track langsung berapa carbon footprint yang kita produksi secara real time. Josie mendirikan startup ini bersama Aziz di tahun 2019 dan aplikasi ini di-launching untuk umum di awal 2020.

Josie dan Aziz bertemu di Antler Singapore dan mereka merasa cocok satu sama lain. Aziz berasal dari latar belakang software engineering dan Josie dengan latar belakang Business Development and Sales, keduanya memiliki passion dalam sustainability. Josie memulai dari titik awal yang sama dengan kebanyakan orang ketika mulai belajar tentang keberlanjutan - 'apa yang bisa saya lakukan?' Pada bulan Oktober 2019, hanya tiga bulan setelah pertemuan mereka, Aziz dan Josie mendirikan Capture, sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengubah pengguna dari 'climate worries' menjadi 'climate warrior' dengan membantu mereka melacak dan mencatat emisi karbon harian mereka dengan mudah melalui ponsel mereka.


Kalau Minomic sudah bahas bagaimana cara menghitung jejak karbon kita, nah sekarang ada aplikasi yang bisa tracking real-time emisi carbon footprint kita sehari-hari lho! namanya Capture. Aplikasi ini bisa di-download melalui google play dan apple store. Cara kerja aplikasi ini sebenernya cukup simpel, seperti aplikasi kesehatan yang bisa menghitung dan nge-track berapa kilometer kamu berlari atau berjalan, berapa kalori kamu yang sudah terbakar hari ini dan sebagainya. Apps seperti ini mengkalkulasikan perhitungan tersebut melalui sinyal GPS dari telepon genggam kita berdasarkan kategori aktivitas yang kamu lakukan. Nah, Capture melakukan hal yang sama, hanya saja yang dihitung adalah carbon footprint. Hal ini juga membedakan Capture dengan kalkulator jejak karbon yang sudah ada, kalau kalkulator karbon dari aplikasi lain menghitung jejak karbon dari data statis, sedangkan aplikasi Capture ini menghitung jejak karbon secara aktual berdasarkan mobilitas dan aktivitas kita. Menarik banget!

Tujuan dibuatnya Capture adalah memberdayakan orang yang punya cita-cita untuk hidup lebih berkelanjutan sehingga mendorong bertambahnya pengguna aplikasi ini yang mau mengadopsi gaya hidup ramah iklim. Melalui penggunaan gamifikasi dan rewards, pengguna diundang untuk mendaftar untuk tantangan dalam aplikasi dan program gaya hidup berkelanjutan untuk mendapatkan rewards berupa diskon untuk carbon offsetting melalui aplikasi Capture. Aktivitas yang bisa diketahui carbon footprint-nya di aplikasi ini antara lain adalah mobilitas sehari-hari dengan moda transportasi yang beragam, aktivitas berbelanja, ataupun pilihan makanan. Pengguna aplikasi ini akan dapat mengetahui secara otomatis berapa jejak karbon yang Ia hasilkan dan memberikan wawasan tentang jejak karbon tersebut.

Walaupun buatan Singapura aplikasi ini bisa juga digunakan di negara manapun, termasuk Indonesia. Project carbon offsetting yang bekerja sama dengan Capture juga ada di beberapa negara, di antaranya project penanaman pohon di Kalimantan, Indonesia dan pelestarian hutan di Amerika Utara. Saat ini sudah ada 80.000 orang yang men-download aplikasi ini dan Capture sudah berhasil nge-track 10 juta lebih emisi CO2 dari penggunanya.

Pastinya, penggunaan aplikasi ini sangat memudahkan kita untuk nge-track jejak karbon yang kita hasilkan setiap harinya, walaupun mungkin aplikasi ini belum bisa 100% akurat karena kalau mau benar-benar akurat butuh banyak pertanyaan spesifik dan kejujuran pengguna untuk menghitung jejak karbon ini, dan itu hampir tidak mungkin dilakukan oleh carbon calculator apapun. Jadi, yuk kita usahakan meminimalisir jejak karbon kamu dan track progress-nya dengan menggunakan aplikasi ini, serta mulai biasakan untuk mengimbangi emisi karbon kamu dengan program-program hijau seperti program penanaman pohon atau blue carbon donation.

Buat kamu yang sudah cobain apps ini, jangan lupa share pengalaman kamu yah! Kalau kamu mau mendengarkan obrolan Minomic dengan Josie dari capture juga bisa langsung cek di sini yaa.


92 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page