• Cleanomic

Yuk Coba Jalan-jalan Virtual

Diperbarui: Nov 11


[via BBC]

Berpergian dengan pesawat terbang adalah salah satu kegiatan penyumbang jejak karbon yang sangat besar.  Sangking gedenya, meskipun kamu sudah mengurangi makan daging atau berpergian menggunakan kendaraan umum, emisi karbon kamu akan melonjak tajam kalau kamu berpergian dengan menggunakan pesawat terbang.  Makanya Greta bela-belain travel accross atlantik naik kapal laut supaya ga mesti naik pesawat terbang.


Nah, karena lagi jaman PSBB, traveling tentu menjadi hal yang sulit dilakukan dan kita hindari kalau emang ga perlu-perlu banget.  Di sisi lain, momen ini bisa jadi waktu yang pas untuk berpikir ulang kebiasaan travelling kita yang mungkin bisa sedikit banyak kita ganti dengan jalan-jalan secara virtual.


If you’re feeling stuck at home, let the internet do the job and you’ll be visiting a lot of places in no time, in the comfort of your home.


Berikut Cleanomic merangkum beberapa tur virtual yang dapat diakses dari mana saja domisilimu yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri.


Mendaki gunung secara virtual


Mungkin mendaki gunung menjadi salah satu bucket list kamu namun kamu belum menemukan kesempatan (atau keberanian?) untuk akhirnya benar-benar bisa mendaki gunung. Atau malah, mendaki gunung merupakan kegiatan yang sering kamu lakukan and you just can’t wait to hike again? Waktu #DiRumahAja ini merupakan waktu yang tepat untuk cobain virtual hike yang diorganisir oleh Main Outdoor, komunitas wisata alam.


Hanya dengan 50 ribu rupiah saja, gunung-gunung di Indonesia akan dapat kamu jajaki, mulai dari Gunung Rinjani, Prau, Semeru, serta Papandayan dalam 120 menit. Memang sih, sensasinya akan berbeda dengan naik gunung sungguhan. Namun menariknya, dalam sesi pendakian virtual ini, akan ada guide yang membagikan tips-tips mendaki gunung yang dapat kamu jadikan bekal sebelum naik gunung beneran. Lumayan kan?




2. Jalan-jalan Virtual ke Bali


Hasil tangkapan layar dari Virtual Tour Bali

Dari sekian banyak destinasi wisata favorit, Bali adalah salah satu tempat yang rasanya nggak akan pernah membosankan untuk dikunjungi. Siapa sih yang menolak mendengar suara deburan ombak sambil ditiup angin sepoi-sepoi?


Kalo kamu udah kangen pantai favoritmu di Bali atau kamu belum ada kesempatan mengunjungi keseluruhan Bali, coba jalan-jalan virtual lewat Virtual Tour Bali deh. Mulai dari Kuta, sampai Karangasem hingga Lovina, kita bisa ‘cuci mata’ dan melihat pemandangan dari atas Pulau Dewata tersebut.


Lewat Virtual Tour Bali, kamu tidak perlu menggerakkan kursor sendiri seperti sedang membuka Google Earth.


Pendapat pribadi Cleanomic, hal ini membuat jalan-jalan virtual ini menjadi menyenangkan karena kamu nggak perlu sibuk mencet-mencet mouse atau nentuin mau lihat kiri, kanan, depan, atau belakang. Tinggal rebahan aja, beres! Ditambah lagi, situs ini dilengkapi dengan audio yang bikin kamu serasa ada di spa-spa di Bali. Karena nggak hanya memanfaatkan indera penglihatan saja namun juga pendengaran, pengalamannya pun menjadi lebih imersif. Cobain deh!


3. Mengunjungi Taman Sari dan Sungai Oyo di Jogja dengan Google Cardboard


Hasil tangkapan layar dari Wonderful Indonesia 360

When we talk about immersive experience, rasanya nggak akan ada yang ngalahin teknologi virtual reality. Mau coba merasakan seolah-olah mengapung di Sungai Oyo atau jalan-jalan di Tamansari? Platformnya sudah disediakan oleh Wonderful Indonesia lho.


Di dalam platform tersebut juga sudah diintegrasikan dengan teknologi virtual reality dan bisa dihubungkan ke Google Cardboard. Untuk yang belum familiar dengan Google Cardboard, coba cari tahu lebih lanjut di sini deh, karena ini bukan kardus sembarang kardus.


Selain Taman Sari dan Sungai Oyo, Wonderful Indonesia juga menyediakan tur virtual ke beberapa destinasi alam di beberapa tempat di Indonesia, seperti Kawah Ijen, Stone Garden, Gua Jomblang, dan Ulun Danu Beratan. Dan nggak cuma destinasi alam aja, namun juga beberapa pusat budaya seperti Kauman Batik Village, Penglipuran Village, dan masih banyak lainnya.


4. Jalan-jalan Virtual ke Eropa


Ada juga nih virtual tur ke Eropa buat yang udah mimpi pengen jalan-jalan ke eropa mungkin ini bisa jadi pilihan.  Jadi travel agent ini akan nunjukin semua rute itinerary di masing-masing negara ini dan akan ada pemandu yang berinteraksi secara langsung buat yang ikutan acara ini melalui aplikasi Zoom.  Sebagian dana yang diperoleh dari acara ini akan disumbangkan untuk pelaku usaha pariwisata yang terkena dampak covid 19.


5. Jalan-jalan Virtual ke Istana 


Karena dari kecil sering nonton film putri-putrian dan kerajaan, kami sih seneng banget kalau dapet kesempatan tour atau jalan-jalan ke istana dan berbagai kastil karena seru aja ngebayangin orang-orang yang tinggal disana.  Sekarang udah banyak lho youtube channel yang dikelola oleh orang yang tinggal di rumah kaya begini, terus menceritakan kehidupan mereka tinggal di rumah yang bentukannya istana kaya begini.  Seru banget buat hiburan nontonin mereka dan ini adalah beberapa channel favorit kami.



***

Selain tiga di atas, kamu juga bisa mengikuti akun-akun pariwisata seperti Jakarta Good Guide dan Bandung Good Guide, mereka juga sedang gencar mengadakan tur virtual ke daerah-daerah legendaris dan sarat budaya di kota masing-masing.


Kalau kamu menemukan tur virtual lain yang belum disebutkan di atas, feel free to drop them in the comment section below ya!


0 tampilan

©2020 by Cleanomic