top of page

ANGIN : Pembangunan ekosistem kewirausahaan tahap awal di Indonesia.

Early-stage entrepreneurship merupakan fase dinamis dan penting dalam siklus hidup bisnis, di mana ide-ide inovatif mulai terbentuk, dan individu-individu yang ambisius memulai perjalanan untuk mewujudkan visi mereka menjadi kenyataan. Keberhasilan usaha-usaha ini seringkali bergantung pada kekuatan dan dukungan yang diberikan oleh ekosistem sekitar. 


Pembangunan ekosistem untuk kewirausahaan tahap awal bukan hanya soal pendanaan; ini mencakup jaringan komprehensif sumber daya, bimbingan, dan budaya yang mendorong inovasi dan pengambilan risiko.

Hal itu juga sangat berkaitan dengan segala aktivitas yang dilakukan oleh ANGIN. ANGIN  (Angel Investment Network Indonesia) secara singkat merupakan investment platform dan advisory consulting service. Tapi secara detail apa yang dilakukan, segala aktivitas yang ANGIN lakukan itu akan selalu berkaitan dengan ecosystem building of the early stage entrepreneurship di Indonesia. 


ANGIN menjadi jembatan antara pengusaha dan investor dalam ekosistem kewirausahaan Indonesia. ANGIN ini menawarkan berbagai layanan untuk membantu startup mendapatkan pendanaan dan dukungan yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka.


ANGIN sendiri sebenarnya ada dua layanan atau arm disebutnya. Jadi yang satu yakni ANGIN Investment mereka focus di segala hal yang berkaitan dengan transaksi. mereka supporting the investors untuk mendapatkan pipeline yang berkualitas, kemudian bantu mereka untuk eksekusi investment-nya, kemudian mereka juga membantu portfolio management. Secara detail ANGIN Investment bekerja dengan para investor, cara kerjanya mereka pertama punya investment network. Saat ini ada 200 lebih investor yang menjadi bagian dari partnership investor network di ANGIN dan para investor ini bisa mengakses servis-servis ANGIN untuk konteks fundraising atau investment.


Dari segi transaksi, dengan investment ini juga support dalam bentuk knowledge dan network. Jadi, setiap knowledge yang berkaitan sama fundraising, investment misalnya market intelligence berkaitan dengan deals yang dilakukan oleh ANGIN Investment. Dan juga network as in, ANGIN kan punya investment network dan each investor bisa connect to each other.


Di untuk arm yang satu lagi yaitu Advisory arm, dimana aktivitas utamanya berkaitan dengan ecosystem building itself yang tidak langsung berkaitan dengan investment. misalnya research, kemudian project implementation, lalu capacitate building programs. Kalau di Advisory itu sendiri biasanya tipe-tipe project yang audience-nya mungkin sedikit berbeda dengan audience yang ada di ANGIN Investment. 


ANGIN dibentuk sebagai bagian dari GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) ditahun 2012, pada awalnya program pertama ANGIN yakni Woman Fund yang berfokus pada dana awal bagi perusahaan sosial Indonesia yang dipimpin oleh perempuan dan bisnis-bisnis yang berdampak bagi perempuan. Menyadari banyak kesempetan yang belum dimanfaatkan, ANGIN memutuskan untuk membuat jaringan ANGEL Investor yang menerima banyak bisnis, mulai dari startup teknologi dan non teknologi hingga perusahaan sosial.


ANGIN pada dasarnya menggabungkan kelompok yang beragam, berkomitmen terhadap ekosistem startup di Indonesia, tidak hanya dengan sarana keuangan, namun juga memberikan mentoring.



Di tahun 2021 ANGIN meluncurkan program Wirausaha Hijau. Program ini didukung oleh Ford Foundation dan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Program ini untuk enabling capital disbursement untuk wirausaha atau pengusaha sosia, mission-driven enterprise, yang bergerak di sustainable agricultural and food value chain.


Wirausaha yang memberi solusi untuk permasalahan yang terdapat pada sektor agrikultur dan agroforestri. Bentuk bisnis tidak terbatas pada: e-commerce/marketplace agrikultur, p2p lending untuk petani, budidaya komoditas, pengembangan teknologi pertanian, dan lain-lain.


Wirausaha Hijau sendiri merupakan program 12 bulan yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan kewirausahaan di rantai nilai pertanian dan sistem pangan melalui akses pendanaan, pendampingan, serta akses kemitraan potensial. Program ini tidak dipungut biaya. Seluruh wirausaha yang memenuhi kriteria pendaftaran dapat mengikuti program ini. Pendanaan tergantung pada hasil review, due diligence dan negosiasi dengan investor yang terlibat di program ini. Program ini menekankan nilai kelokalan (local entrepreneurs and local capital), fokus kepada kebutuhan wirausaha (tailored), keberlanjutan (financial and impact sustainability), dan inklusivitas (inclusivity). Untuk mendaftar program ini, harus mengisi form pendaftaran serta mempersiapkan pitch deck.



ANGIN berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. ANGIN percaya bahwa kewirausahaan adalah kunci untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mereka merupakan pemain penting dalam ekosistem kewirausahaan Indonesia. ANGIN telah berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat.


Informasi lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi website atau instagram mereka ya!


Sumber 


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page