top of page

New Energy Nexus: Mendukung Inovasi Energi Bersih


Dalam era di mana ketidakpastian perubahan iklim semakin meningkat, mencari solusi untuk mengurangi jejak karbon dan beralih ke sumber energi yang bersih adalah suatu keharusan.


Dilansir dari Green Network Indonesia memiliki banyak potensi untuk beralih ke ekonomi hijau dan inklusif. Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia memiliki potensi energi terbarukan hingga 400.000 Megawatt (MW), dengan pengembangan prioritas pembangkit listrik tenaga surya dan tenaga air.


New Energy Nexus muncul sebagai pemain kunci dalam mendorong inovasi di sektor energi untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. 


New Energy Nexus adalah ekosistem akselerator dan pendanaan global yang mendukung pengusaha energi bersih, mulai dari teknologi baru, hingga penerapan dan komersialisasi. Bisa dikatakan NEX ini merupakan ecosystem builder. Di Indonesia, New Energy Nexus bekerja untuk mendukung pengembangan ekosistem yang dapat mendukung kebutuhan inovator, startup, pengusaha, dan berbagai pemangku kepentingan di sektor energi bersih dan solusi iklim.


Fokus sektor New Energy Nexus diantaranya Agritech, Clean Energy, Climate Fintech, Climate Solution Enablers, Electric Mobility, Energy Access, Energy Effiency & Management dan Energy Storage. Indonesia memiliki target ambisius untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan bauran energi terbarukan. Namun, upaya ini masih tertinggal dari target. Pada tahun 2022, bauran energi terbarukan Indonesia baru mencapai 12%, jauh dari target 23% pada tahun 2025. Investasi dalam inovasi energi ramah lingkungan juga masih kurang.


New Energy Nexus hadir untuk membantu Indonesia mencapai target transisi energinya. Sejak tahun 2020, New Energy Nexus Indonesia telah berperan sebagai jembatan antara berbagai sektor dan pemangku kepentingan, menjalankan program inkubasi, akselerasi, dan pendanaan untuk mengembangkan ekosistem startup energi ramah lingkungan.


Melalui program-program yang mereka lakukan diantaranya : 


[RE]Spark—Clean Energy Festival


[RE]Spark adalah acara yang mempertemukan startup, pengusaha, inovator, investor, pemerintah dan organisasi swasta, serta komunitas untuk menumbuhkan ekosistem energi bersih di Indonesia. Nexus Energi Baru  menjadi tuan rumah [RE]Clean Energy Festival 2022 dengan:

  1. 1100+ peserta

  2. 4 Acara utama

  3. 4 sponsor

  4. 10+ mitra komunitas

  5. 50+ startup energi bersih dan teknologi iklim



Smart Energy—ecosystem building for clean energy startups 


Program Smart Energy ini mendukung inovator, perusahaan rintisan, dan wirausaha energi ramah lingkungan melalui penjangkauan, peningkatan kapasitas, dan pendanaan. Part of the curriculum includes 1-on-1 mentoring sessions, impact and GHG calculation training, as well as networking held annually. 


Funding and investment


Sejak Tahun 2019, New Energy Nexus memberikan pendanaan pada startup-startup energi ramah lingkungan tahap awal di Indonesia melalui Indonesia 1 Fund dan Smart Energy Grants. Tercatat ada 16 Startup yang mendapatkan dukungan dari 2 program tersebut.


Indonesia 1 Fund adalah sarana investasi katalik yang diprakarsai oleh New Energy Nexus dan didukung oleh IKEA Foundation untuk menyediakan pendanaan Pre-Seed ke Seri A kepada startup energi terbarukan di Indonesia yang berkontribusi kuat pada dampak ekonomi, sosial dan lingkungan. Pendanaan Indonesia 1 Fund bertujuan untuk mengurangi risiko, meningkatkan skala untuk investor lanjutan dan mengatasi kesenjangan pendanaan tahap awal untuk startup di Indonesia sekaligus mencapai apresiasi modal jangka panjang. Startup yang mendapatkan dukungan pendanaan Indonesia 1 Fund ini diantaranya Synergy Efficiency Solutions (SES), PT. Bina Lintas Usaha Ekonomi (BLUE), Right People Renewable Energy (RPRE), SolarKita, Sumba Sustainable Solutions (3S), Swap Energi (“SWAP”), PT Xurya Daya Indonesia (Xurya). 


Untuk Smart Energy Grant sendiri merupakan pendanaan non-komersial yang ditujukan kepada startup yang telah mengikuti program New Energy Nexus Indonesia. Smart Energy Grant bertujuan untuk mendukung startup yang sedang mengembangkan prototipe dan mencapai product-market fit, agar dapat menguji ide bisnis-nya. Smart Energy Grant juga didukung oleh IKEA Foundation. Startup yang mendapat dukungan dalam Smart Energy Grant diantaranya Energi Persada, Banana & Partner, Bionersia, Crustea Indonesia, Enermo, For Better Electricity (“Forbetric”), Inovasi Dinamika Pratama, Pendulum, Powerchain Indonesia.


New Energy Nexus Indonesia juga telah mendukung lebih dari 85 startup, dari tahap awal hingga post-revenue, di seluruh Indonesia. kalian bisa simak startup alumni dari New Energy Nexus disini ya.


Policy and stakeholder engagement


Sejak Agustus 2022, New Energy Nexus telah melibatkan lebih dari 100 pemangku kepentingan yang mewakili startup cleantech, modal ventura, inkubator, akselerator, pembangun usaha, kementerian dan lembaga pemerintah, pemerintah daerah, universitas, dan organisasi non-pemerintah untuk mengumpulkan wawasan tentang kondisi kewirausahaan energi ramah lingkungan di Indonesia, hambatannya dan solusinya. New Energy Nexus menggunakan informasi tersebut untuk mendukung kebijakan dan kerangka peraturan yang lebih mendukung yang dapat membantu membuka potensi startup teknologi ramah lingkungan di Indonesia.


Bali Women Climate Entrepreneurs —building gender equity


New Energy Nexus bertujuan untuk memberikan dukungan teknis bagi startup iklim yang dipimpin perempuan sehingga dapat mengembangkan solusi secara lebih efektif. Hingga saat ini, NEX telah melibatkan 94 perempuan di Bali melalui acara penjangkauan.


***


Kunjungi website New Energy Nexus Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut tentang program-program mereka, cara mengajukan pendanaan, atau ikut berpartisipasi dalam acara-acara mereka. Bawa inovasi energi bersih Kamu dan bersama New Energy Nexus Indonesia, ciptakan masa depan energi yang lebih cerah untuk Indonesia!


Sumber



0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page