top of page

Bicara Udara: Gerakan untuk Udara Bersih


Polusi udara merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling mendesak bagi kesehatan manusia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti emisi dari kendaraan bermotor, industri, dan pembakaran sampah.

Menurut data WHO, kematian dini di dunia yang disebabkan oleh polusi udara mencapai 7 juta kasus per tahun. kematian itu salah satunya dari dampak dari pencemaran udara melalui penyakit stroke, jantung, kanker paru-paru dan infeksi saluran pernafasan, polusi udara ini bisa jadi silent killer karena dia diam-diam menggerogoti tubuh manusia secara diam-diam.


Berdasarkan data dari IQ Air, Minomic juga liat kalo Jakarta masih berada pada kategori udara tidak sehat. Menanggapi masalah polusi udara ini, kemunculan platform yang bisa ngasih tau lebih banyak bahaya polusi sekaligus solusi yang bida dilakukan secara tepat sangat dibutuhkan banget sama kita. Bicara Udara salah satunya. 


Bicara Udara merupakan platform edukasi yang berkomitmen untuk mengatasi permasalahan polusi udara, dan mendukung inisiatif-inisiatif yang berfokus pada kualitas udara yang lebih baik.



Didirikan oleh  Bu Ratna Kartadjoemena, Novita Natalia, Amalia Ayuningtyas, karena prihatin melihat kualitas udara di lingkungan tempat beraktivitas terus menurun dan bila dibiarkan maka kesehatan masyarakat terus menurun.


Bicara Udara bertujuan untuk mengajak orang-orang untuk mulai peduli dan membicarakan pentingnya hak mendapatkan udara bersih secara simultan akan mengubah cara pandang bahkan arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah sebagai pemangku kepentingan bahwa udara bersih adalah hak hidup dasar di Indonesia.

Upaya dalam mengurangi polusi bisa dimulai dari langkah kecil seperti menggunakan transportasi umum, dan mengurangi polusi udara biasanya ada di sekitar kita misalnya bakar sampah sembarangan.

Ngomongin tentang bakar sampah juga sebagai aksi mereka untuk mengurangi polusi udara, Bicara Udara di websitenya menyediakan Form untuk laporan bakar sampah sembarangan khususnya untuk warga Jabodetabek.


Mereka juga punya program duta udara bersih yang diberi nama Biru Voices. Program ini bertujuan untuk memberikan knowledge kepada mahasiswa untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan mendukung pengembangan karier di bidang sustainability.




Baru-baru ini juga Bicara Udara menandatangi MoU dengan Pemerintah Kota Bogor, yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan polusi udara yang semakin meningkat di Kota Hujan tersebut.


Bicara Udara telah melakukan berbagai kegiatan yang telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. kalian bisa liat disini ya!


Bicara Udara merupakan salah satu gerakan yang penting untuk disoroti. Gerakan ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki peran penting dalam mendorong penyelesaian masalah lingkungan terutama terhadap permasalahan udara.


Yuk dukung mereka dengan follow instagram @bicaraudara



Sumber 


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page