• Cleanomic

Cara Mudah Panen Air Hujan

Diperbarui: Nov 11


Meskipun 97% planet bumi terdiri dari air, tapi hanya 3% yang merupakan air tawar.


Dari total air tawar dunia, 69 persen dibekukan di es dan gletser dan 30 persen lainnya ada di tanah


Dannnn, sumber air tawar yang masuk kategori bersih dan dapat digunakan manusia hanyalah 0.003% saja! 


Buat kamu yang masih bisa buka keran dan kerannya keluar air dan masih bisa beli air minum, bersyukurlah segera dan sayang-sayangi lah tuh air bener-bener karena masih ada 2,1 miliar orang yang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman di tempat tinggalnya.


Sebagai orang yang tinggal di daerah yang banyak hujannya (ehem, banyak banjirnya), kita harus banget bisa melakukan pengelolaan air dengan cara yang lebih baik yaitu salah satu caranya adalah memanen air hujan.


Sistem panen air hujan ini ga terlalu ribet kok, pada prinsipnya cukup memasang talang sepanjang genteng yang kemudian dialirkan ke satu atau dua water


toren yang ada kerannya.  Di dalem toren ini, kita bisa memasukkan sistem penyaringan sederhana dengan menggunakan ijuk dan batu-batu.  That’s it.  Kamu punya sumber air baru untuk menyiram tanaman, mencuci mobil, bersih-bersih sekitar pekarangan rumah yang setidak-tidaknya tidak perlu menggunakan air tanah ataupun air PAM.


Btw, penggunaan air tanah sebenarnya juga merusak lingkungan karena menyebabkan penurunan permukaan tanah.  Jadi, tunggu apa lagi, yuk mulai panen air hujan dan jangan lupa hemat air yah!


Referensi:

https://www.dw.com/id/air-bersih-untuk-dunia/a-5379327

https://tekno.tempo.co/read/1071944/hari-air-sedunia-2018-ini-12-fakta-mencengangkan-soal-air/full&view=ok

https://tirto.id/pemprov-dki-segera-terbitkan-perda-larangan-penggunaan-air-tanah-cGdD

1 tampilan

©2020 by Cleanomic