• Cleanomic

Finansial Minimalism demi #CuanLestari


Sejak beberapa tahun terakhir, aku sama aldy lumayan sering baca and mantengin konten-konten seputar FIRE, Financial Independent and Retire Early. Jadi FIRE ini tuh ada komunitasnya sendiri yang intinya orang-orang yang kerja keras untuk nabung 70% dari pendapatannya untuk diinvestasiin ke reksadana index sampe jumlah tertentu, yang akhirnya membuat mereka bisa pensiun dini dari kerjaan 9-5 nya mereka, karena hasil passive income dari portfolio invetsasinya sudah cukup mencover biaya hidup mereka sehari-hari.


Nah, salah satu kunci menuju FIRE ini adalah financial minimalism, kita juga pernah bahas seputar financial minimalism di artikel ini dan bahkan di buku yang kami tulis, Hemat Sampah Pangkal Kaya, kami pun membahas strategi menghemat #cuan dari kebiasaan menghemat sampah yang sebenernya ga jauh sih dari prinsip minimalisme ini. Karena pada intinya, kami menerapkan pola kebiasaan untuk membeli barang-barang yang memang diperlukan saja.


Di episode #CleanomicRadio kali ini, aku ngobrol sama Cyntia, founder dari Lyfewithless, sebuah media yang banyak membahas seputar minimalisme dan tips gimana bisa menerapkan prinsip minimalis ini agar memperoleh #cuan alias #CuanLestari.


Oya, Lyfewithless juga sedang ada kampanye #PakaiSampaiHabis yang mengajak masyarakat Indonesia #BijakBerkonsumsi dengan bertanggungjawab menghabiskan produk yang dibeli sebelum memutuskan untuk beli baru. Sejalan banget kan sama prinsip financial minimalism yang memang mengedepankan keperluan dibanding keinginan. Di podcast ini, Cyntia berbagi tips dan trik untuk menahan pengeluaran dan perasaan fomo yang bisa bikin kita boros.


Yuk simak yah!


15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua