top of page

Climate Rangers: Gotong Royong Melawan Perubahan Iklim

Diperbarui: 7 Des 2023




Perubahan iklim atau climate change merupakan suatu isu lingkungan yang sudah diperbincangkan sejak beberapa dekade lalu, namun mengapa Indonesia menjadi negara dengan jumlah orang tertinggi yang tidak percaya akan perubahan iklim yang diakibatkan oleh perilaku manusia?

Menurut data dari survey yang dilakukan oleh YouGov-Cambridge Globalism Project di tahun 2019, 18% responden Indonesia menempati posisi tertinggi untuk tidak percaya pada peran perilaku manusia terhadap perubahan iklim, jumlahnya melampaui Arab Saudi (16%) dan Amerika Serikat (13%). Survey YouGov ini dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 25.000 orang yang tersebar di 23 negara.


Climate Rangers merupakan supporter base dari NGO internasional, 350.org, yang berfokus kepada gerakan anak muda dan transisi energi terbarukan. Komunitas ini terbentuk awal April 2017 dari 5 orang yang mengikuti satu focus group discussion (FGD) tentang perubahan iklim dan energi terbarukan, dan bertambah banyak hingga saat ini kemudian memutuskan menamai dirinya sebagai Climate Rangers.


Berdasarkan informasi dari Novita Indri, perwakilan member dari Climate Rangers,

Jumlah volunteer Climate Rangers yang terdata pada tahun 2019 sebanyak 30 orang, sedangkan yang tidak terdata bisa mencapai 50 orang. Climate Rangers saat ini memiliki lebih dari 4000 pendukung di instagram dan berafiliasi dengan komunitas pendukung yang juga menjadi bagian dari 350.org, yaitu Fossilfree Indonesia. Komunitas pendukung kampanye FFI (Fossilfree Indonesia) tersebar di 12 kota di Indonesia, yakni Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Cirebon, Cilegon, Palembang, Bengkulu, Medan, Jember, Padang, dan Bandung.


Climate Rangers memiliki serangkaian kegiatan seperti diskusi publik dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintahan, kolaborasi dengan komunitas lain di berbagai bidang pertemuan bulanan bersama para aktivis muda, mendiskusikan perubahan iklim dan energi, serta kunjungan ke sekolah-sekolah non formal. Seluruh kegiatan ini biasanya terbuka untuk umum dan informasinya bisa didapat melalui instagram @climaterangers.


Melalui rangkaian kegiatan tersebut, Climate rangers memiliki misi untuk meningkatkan rasa penasaran dan kesadaran masyarakat atas isu iklim Indonesia dan dunia. Lalu bentuk kesadaran seperti apa yang diharapkan? Salah satu bentuk kesadaran mengatasi masalah perubahan iklim juga bisa dimulai dengan join volunteer dari komunitas dan event-event lingkungan!


Kamu juga bisa menjadi volunteer di Climate Rangers bisa langsung cek dan follow Instagramnya @ClimateRangers ya! Kamu juga bisa tahu lebih banyak mengenai kegiatannya dengan cek website 350.org.

Cleanomic bersama Novita, mewakili Climate Rangers juga ngobrol mengenai isu ini di Cleanomic Radio lho! Ditengah obrolan menarik ini, Novia berharap isu lingkungan dan pengetahuan terkait perubahan iklim bisa masuk ke kurikulum pendidikan Indonesia, dan masyarakat bisa saling mendukung siapapun yang menyuarakan isu ini. Untuk tau lebih lengkap obrolan tentang perubahan iklim ini, yuk dengerin sampai selesai podcastnya Cleanomic dengan Climate Rangers!



Lokasi : Jakarta

Founder : Climate Rangers Indonesia



Sumber :


21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page