• Cleanomic

Konservasi Karang dan Laut Bersama Coral Triangle Center

Diperbarui: Agt 5



Tahukah kamu, terumbu karang Asia Tenggara memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi untuk ekosistem laut dunia. Mereka memiliki banyak fungsi, seperti sebagai mata pencaharian bagi nelayan subsisten dan bahkan berfungsi sebagai perhiasan dan bahan bangunan. Namun, sayangnya 95% terumbu karang di Indonesia terancam dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia.


Di episode podcast #CleanomicRadio ke-15 kali ini, Cleanomic akan membahas mengenai konservasi karang dan laut bersama dengan Lyris Lyssens selaku Business Development dari Coral Triangle Center. Coral Triangle Center atau CTC adalah NGO non-profit lokal yang bergerak di dalam bidang koservasi karang dan laut yang melingkupi daerah timur Asia Tenggara di 6 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua New Guinea, Kep. Solomon, Timor Leste.



Ilmuwan memperkirakan ada sekitar 2500 jenis karang yang bersatu membentuk terumbu karang dan menjadi rumah dari 25% penghuni lautan. Karang berbentuk lembaran ini tersusun dari karang meja yang saling tumpang tindih dan menyebar agar lebih banyak cahaya matahari yang menjangkau polip-polipnya.⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

#conservation #coraltriangle #coral #coralreefs #tablecoral #biodiversity #underwaterphotography #marineconservation #marinelife #oceans #diving #scubadiving #saveouroceans #scuba #uw #healthyreefs #marineeducation #karangmeja #acropora


A post shared by @coraltrianglecenter on Jun 25, 2019 at 2:30am PDT


Apakah yang dimaksud dengan “coral bleaching”? dan apa sajakah yang dapat merusak ekosistem koral? Bagaimanakah CTC melakukan konservasi karang dan laut dalam program-programnya?


Yuk, langsung dengerin episode podcast kali ini bersama CTC, kamu bisa dapat banyak banget ilmu mengenai karang dan laut dan masih banyak lagi.


Kamu juga bisa untuk menjadi volunteer dan adopsi koral/karang melalui CTC loh! Bagaimana caranya? Kirimkan email ke info@coraltrianglecenter.org yaaaa. Kamu bisa menyelamatkan planet bumi dengan upaya-upaya kecil namun berarti.


#pollution #perubahaniklim #podcast #climateemergency #plasticpoluttion #laut #climatechange

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua