• Sekar Arum

Mengenal Impact NFT feat Meta Forest Society


Wahhh, kita sampai juga di episode terakhir podcast kolaborasi Cleanomic bareng Madani berkelanjutan. Sudah hampir 3 bulan nih kami memproduksi podcast dengan tema seputar perubahan iklim, biodiesel, kelapa sawit dan bisnis #cuanlestari. Setelah semua rangkaian podcast yang udah up di #CleanomicRadio, kita bakal tutup episode podcast bareng Yayasan Madani Berkelanjutan dengan yang lagi hitsss banget awal tahun ini. Setelah ramai-ramai sama crypto, bitcoin dan trending, sekarang ini ada nih yang namanya NFT. Apalagi kemarin viral banget kan mas Gozali yang menjual selfienya selama 5 tahun sebagai NFT dan dalam waktu singkat karya seni-nya terjual sampai milyaran!


Penasaran ga?? Lewat podcast ini kita mau ngenalin apa sih NFT dan ternyata di Indonesia udah ada lho komunitas yang menggunakan NFT untuk inisiatif #cuanlestari!

Di episode kali ini, kita ngobrol bareng kak Richard Fang dari @metaforestsociety sebuah proyek NFT yang punya misi membantu memberdayakan petani perempuan. How does it work? Simpel sih sebenernya, mereka buat seri digital arts, elvess, yang hasil penjualannya akan disalurkan ke organisasi PERTAHARA (Perempuan Tani Harapan Rakyat) untuk membiayai bibit jahe buat para petani perempuan.

Kenapa si harus perempuan? Nah ternyata ada filosofinya nih, selain buat ngedukung komoditas pertanian di Indonesia, MFS memilih petani perempuan karena di kehidupan berkeluarga biasanya perempuan tuh yang ngatur finansial keluarga atau urusan cuan. Makanya mereka percaya dengan adanya gerakan ini, bisa memberdayakan perempuan untuk bisa menghasilkan cuan sendiri dan mengatur perekonomian keluarganya jadi lebih baik. keren banget yaa! Kedepannya MFS punya rencana untuk terus berkontribusi lebih banyak menangani isu lingkungan.


Satu pelajaran penting yang kami dapet, NFT, blockchain, kan sebuah teknologi yah, semacem tools yang sebenernya bisa dikembangkan dan digunakan untuk banyak hal. Kalau dalam konteks yang udah lumayan umum, bisa digunakan artis untuk menjual karya seninya ke para kolektor digital arts dan investasi misalnya, meta forest society udah one step ahead karena mereka memasukkan unsur impact #cuanlestari dari penjualan art nya.


Poin yang kami ingin tekankan bukan soal "ayok kita rame2 beli NFT", tapi lebih ke pikir yuk, sebenernya teknologi-teknologi ini bisa banget dikembangin lebih lanjut untuk inisiatif #cuanlestari, perjuangan menjaga iklim dan lingkungan, misalnya kamu bisa juga release NFT mirip inisiatifnya MFS tapi proceedsnya khusus untuk menanam benih pohon atau mangrove, atau kamu bisa bikin komunitas yang memberikan edukasi-edukasi seputar cuanlestari; tapi untuk tiket masuknya beli token NFT ini, atau kamu mau bangun bisnis #cuanlestari; dan fund raising nya menggunakan NFT ini, teknologi blockchain ini juga bisa digunakan untuk mengelola data seperti Hara Token yang fokus pada data Driven Agricultural Ecosystem, so many things to explore!!!


Nah buat kamu yang tertarik sama dunia NFT ini, dan pengen tau gimana sih caranya gabung jadi salah satu elf NFT di Meta Forest Society, langsung dengerin aja podcastnya di #Cleanomicradio yang bisa kamu akses lewat spotify, google podcast, apple podcast dan noice!


61 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua